Beranda Marketing 7 Strategi Ampuh Cara Membuat Usaha Ramai Pembeli

7 Strategi Ampuh Cara Membuat Usaha Ramai Pembeli

28
0
UKM, cara membuat usaha ramai
image credit : pexel.com

Membuat usaha ramai pembeli bukanlah hal yang mudah, terutama untuk usaha yang baru dimulai, tidak memiliki banyak koneksi, dan mempunyai modal yang terbatas. Kamu mungkin salah satu pengusaha pemula yang bingung bagaimana cara membuat usaha ramai pembeli dengan modal yang terbatas.

Untuk menjawab kebingunan kamu itulah, kami telah menyusun 7 strategi ampuh untuk cara membuat usaha ramai pembeli. Jika kamu ingin bisnis kamu laris manis dan banyak dikunjungi pembeli, simak 7 strategi bagaimana cara membuat usaha ramai pembeli berikut.

 

1. Pilih Lokasi Yang Strategis 

peluang usaha untuk kota kecil dan desa, peluang usaha kota kecil, ide bisnis kota kecil, ide bisnis kota kecil, ide bisnis didesa, ide bisnis desa
image via : pexels.com

Salah satu kunci utama agar usaha anda ramai pembeli adalah dengan berada di lokasi yang tepat. Hal ini sangat berpengaruh terhadap ramai tidaknya usaha kuliner seperti restoran, rumah makan, kafe, dan juga ritel seperti toko baju, sepatu dan lain-lain.

Akan sangat sulit untuk membuat usaha kamu ramai jika kamu berada di lokasi yang tidak strategis dan memang sepi. Sebaliknya, akan jauh lebih mudah membuat usaha kamu ramai jika lokasi kamu strategis.

Menentukan lokasi usaha yang strategis membutuhkan analisis yang baik terhadap target pelanggan usaha kamu, dan apakah di lokasi tersebut terdapat cukup banyak target pelanggan kamu.

Jika kamu saat ini sudah membuka usaha dan sepi pelanggan, lakukan sedikit analisis terlebih dahulu apakah lokasi kamu tergolong strategis dan terdapat banyak target pelanggan yang melewati lokasi kamu? Jika tidak maka salah satu cara membuat usaha ramai pembeli yang dapat kamu lakukan adalah pindah ke lokasi yang lebih baik.

2. Buat Spanduk/Reklame Toko Yang Menarik

Spanduk atau reklame toko merupakan sarana promosi yang penting agar orang yang melewati lokasi usaha kamu menyadari keberadaan toko dan penawaran usaha kamu.

Jika kamu belum mempunyai spanduk/reklame toko yang menarik maka buatlah segera, pastikan spanduk/reklame toko anda didesain secara menarik dan memberikan kejelasan apa yang anda jual/tawarkan.

Jika kamu sudah mempunyai spanduk/reklame toko namun toko anda masih sepi mungkin kamu dapat memperbaiki desainnya agar lebih menarik.

Kamu juga perlu mempunyai spanduk terpisah yang menggambarkan tawaran terbaik atau produk terlaris kamu berikut harganya. Spanduk yang memberikan penawaran terbaik dan produk terlaris dengan harganya akan lebih menarik pelanggan yang tepat karena mereka sudah mengetahui yang kamu jual dan berapa harganya.

 

3. Bangun dan Manfaatkan Jaringan

Salah satu cara membuat usaha ramai pembeli yang ampuh namun sering ditinggalkan oleh pelaku usaha adalah membangun dan memanfaatkan jaringan.

Terlepas dari semakin banyaknya penjualan secara online, beragamnya media promosi, namun promosi dari mulut ke mulut atau referral tetap merupakan salah satu sarana promosi terbaik dan paling ampuh.

Salah satu cara untuk mendorong timbulnya promosi dari mulut ke mulut atau referral adalah dengan membangun jaringan dan memanfaatkan jaringan tersebut.

Kunci utama untuk membangun jaringan dan menghasilkan pelanggan dari jaringan anda adalah dahulukan semangat untuk membantu kenalan kamu.

Kamu dapat merekomendasikan layanan kamu kepada kenalan kamu jika kamu memang dapat menyediakan produk atau layanan yang terbaik. Setelah mendapatkan layanan yang baik dari kamu, ingatkan kenalan kamu tersebut untuk membantu mempromosikan usaha kamu.

 

4. Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

pelayanan usaha, cara membuat usaha ramai pembeli
salah satu cara membuat usaha ramai pembeli adalah dengan memberikan pelayanan terbaik

Memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan adalah kunci sukses semua bisnis dan merupakan salah satu keunggulan kompetitif yang penting untuk kesuksesan bisnis.

Tidak jarang pelanggan rela membayar lebih mahal untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik dan terjamin. Sebaliknya, harga yang murah pun akan terasa mahal jika pelayanan yang diberikan buruk.

Bicaralah dengan pelanggan kamu dengan sopan, tidak cepat dan tidak lambat. Sapa pelanggan kamu saat mereka masuk toko, tanyakan apa yang bisa dibantu tanpa memaksa atau menawarkan suatu produk tertentu, kemudian jangan mengikuti pelanggan agar mereka nyaman. Ucapkan terima kasih, dan doakan keselamatan mereka begitu mereka meninggalkan toko anda.

 

5. Lakukan Promosi Yang Efektif

Melakukan promosi saja tidak cukup untuk membuat usaha menjadi ramai pembeli. Agar usaha kamu ramai pembeli, promosi yang kamu lakukan harus efektif.

Apa karakteristik dari promosi yang efektif? Promosi yang efektif adalah promosi yang mempunyai suatu sasaran yang jelas, dan sesuai dengan target pasar usaha kamu.

Misalnya, kamu mempunyai rumah makan yang baru berdiri dan ingin agar banyak orang yang mengenal rumah makan anda, maka salah satu contoh promosi yang efektif adalah “Diskon 25% untuk makan berdua, diskon 30% untuk makan bertiga.”

Promosi tersebut tentu lebih efektif dibandingkan diskon tanpa kondisi yang tidak mendorong orang untuk mengajak orang lain mencoba rumah makan anda.

Baca Juga : Ampuh! 7 Cara Memasarkan Produk Baru Yang Baik

 

6. Gencarkan Pemasaran Social Media

social media, cara membuat usaha ramai pembeli
social media harus digunakan untuk membuat usaha ramai pembeli

Pemasaran social media yang baik tidak hanya dapat digunakan sebagai cara membuat usaha ramai pembeli. Pemasaran social media yang baik juga merupakan salah satu strategi pemasaran UKM dengan modal kecil.

Banyak sekali usaha yang sukses dan ramai karena pemasaran social media yang berhasil seperti Holycow! by Chef Afit, keripik pedas Maicih, Brodo, toko kopi Tuku dan masih banyak lagi.

Agar pemasaran social media dapat dilakukan secara efektif kamu harus mempelajari ilmu-ilmu tentang pemasaran social media. Pertama-tama kamu perlu memahami seperti apa target pelanggan kamu, dan apa konten yang sesuai dengan mereka.

Kemudian kamu juga perlu mempelajari berbagai tips dan trik social media seperti penggunaan hashtag, mention, location, dan juga insentif kepada pelanggan untuk posting (misalnya gratis kopi susu atau gratis desert untuk posting Instagram)

Baca Juga : 5 Strategi Social Media Marketing Dari Master Internet Marketing

 

7. Buat Kontes Online

Kontes online merupakan salah satu cara membuat usaha ramai pembeli yang memiliki kaitan erat dengan penggunaan social media.

Kontes online dapat menimbulkan momentum publikasi luas dengan harga yang terjangkau, terutama jika peserta yang mengikuti kontes tersebut cukup banyak dan konten yang dihasilkannya juga unik.

Dalam pemasaran melalui kontes online biasanya pesertanya harus membuat suatu cerita, video, blog atau foto yang kreatif dan menarik. Kemudian, peserta dengan jumlah likes, views, atau votes paling banyak yang menang dan mendapat hadiah.

Kamu tentu perlu mempersiapkan hadiah yang cukup menarik agar orang tertarik mengikuti kontes online kamu, tetapi jika dieksekusi dengan baik publikasi yang dihasilkan dari kontes online tersebut dapat menghasilkan pelanggan yang membayar dengan jumlah yang cukup untuk memberikan keuntungan dari kontes online tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here