Beranda Marketing 5 Social Media Marketing Tools Terbaik dan Gratis Untuk UMKM

5 Social Media Marketing Tools Terbaik dan Gratis Untuk UMKM

21
0
hootsuite
Hootsuite manajemen social media marketing tools

Tidak dapat dipungkiri lagi jika saat ini penggunaan social media marketing dalam mengembangkan suatu bisnis menjadi sangat penting. Untuk pengusaha dan pemilik UKM, social media marketing sendiri merupakan salah satu strategi pemasaran dengan modal kecil yang efektif.

Sebagai seorang pengusaha UKM yang sibuk, kemungkinan besar kamu memiliki waktu yang terbatas untuk melakukan pemasaran social media. Nah, untuk memastikan kamu melakukannya dengan efektif diperlukan social media marketing tools yang tepat.

Pertanyaannya, dengan banyaknya pilihan social media marketing tools yang tersedia manakah yang merupakan social media marketing tools terbaik untuk UMKM? Tidak perlu bingung lagi, kami telah merangkum 5 social media marketing tools terbaik dan gratis untuk UMKM yang dapat kamu gunakan sebagai berikut.

Baca Juga : Panduan Belajar Social Media Marketing Untuk Pemula

1. Buffer

buffer, social media marketing tools
Buffer Social Media Marketing Tools Terbaik Gratis

Buffer merupakan social media marketing tools gratisan terbaik yang dapat anda peroleh untuk mengatur berbagai akun social media kamu dalam satu tempat. Buffer memungkinkan kamu untuk memposting satu konten dalam berbagai social media sekaligus, mengatur jadwal posting, dan juga melihat engagement postingan anda.

Untuk pilihan gratis Buffer dapat digunakan untuk mengatur 3 akun social media sekaligus dengan posting serta penjadwalan maksimal 10 postingan. Jika kamu memiliki lebih dari 3 akun social media maka kamu dapat mengupgrade ke fitur premium dengan harga terjangkau.

Kamu dapat menggunakan Buffer melalui komputer dengan Chrome Extension, Website mereka, dan juga melalui smartphone dengan aplikasi Buffer yang tersedia di Apps Store untuk iPhone dan Playstore untuk Android.

 

2. Hootsuite

Hootsuite manajemen social media marketing tools

Hootsuite adalah alternatif social media marketing tools terbaik gratisan untuk manajemen social media. Hootsuite mempunyai fitur utama yang kurang lebih sama dengan Buffer.

Kamu dapat memposting konten ke beberapa akun social media sekaligus hanya dengan satu klik, untuk penggunaan gratisan kamu dapat mengintegrasikan 3 akun social media dengan Hootsuite. Kamu juga dapat menjadwalkan maksimum 30 postingan dengan Hootsuite gratis.

Selain fitur-fitur dasar tersebut kamu juga dapat melihat tingkat engagement, views, dan sharing dengan analytic mereka. Kamu juga dapat mempelajari berbagai aspek tentang social media marketing melalui online course Social Media Marketing yang mereka sediakan (Gratis untuk tingkat dasar).

 

3. Preview

Preview Instagram Social Media Marketing Tools Gratis

Instagram saat ini telah menjadi salah satu social media yang paling penting untuk digunakan dalam social media marketing. Hal tersebut karena Instagram semakin banyak digunakan orang diperkiraan saat ini sudah terdapat 800 juta pengguna Instagram.

Selain jumlah pengguna yang besar, Instagram mempunyai tingkat engagement pengguna yang jauh lebih tinggi dari social media lain. Berdasarkan salah satu studi terbaru, tingkat engagement di Instagram mencapai 3 kali lipat dari Facebook dan 30 kali lipat dari Twitter.

Preview adalah salah satu social media marketing tools terbaik gratis untuk Instagram saat ini. Preview memungkinkan kamu menjadwalkan posting, mengedit foto, mencari stock photo untuk background, mencari hashtag yang tepat, dan analytics untuk melihat perkembangan akun Instgram kamu.

 

4. Canva

Canva
Canva – tools untuk kreasi konten

Konten social media tidak akan menarik dan lengkap tanpa elemen visual yang kreatif. Elemen visual yang bagus dan menarik seperti foto, cover, dan infographic dalam posting social media merupakan salah satu pondasi penting jika kamu ingin social media marketing kamu berhasil.

Masalahnya tidak semua orang mempunyai kreativitas untuk menciptakan gambar yang menarik. Untungnya sekarang ada Canva yang memberikan solusi kreasi elemen visual secara mudah dan cepat.

Canva sangat mudah digunakan karena interfacenya yang user-friendly dan intuitif. Kamu juga dapat memulai dengan menggunakan salah satu template yang Canva sediakan untuk kemudian diubah-ubah sesuai selera dan kebutuhan kamu.

 

 

5. Regrann – Repost for Instagram 

Regrann – Instagram Tools Repost Gratis

Membangun jumlah followers  di Instagram memerlukan konsistensi untuk selalu menciptakan konten setiap hari. Namun, menciptakan konten baru secara terus menerus mungkin tidak dapat dilakukan oleh setiap orang. Disisi lain membagikan konten orang lain di Instagram tidaklah dapat dilakukan tanpa suatu aplikasi terpisah.

Regrann, adalah tools yang kamu butuhkan untuk memposting ulang konten dari akun Instagram lain tanpa harus keluar dari Instagram itu sendiri. Namun sebelum membagikan kembali postingan milik orang lain tersebut pastikan kamu sudah meminta izin kepada yang membuatnya, dan berikan credit kepada orang tersebut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here