Beranda Marketing 7 Strategi Cara Pemasaran UKM Dengan Modal Kecil

7 Strategi Cara Pemasaran UKM Dengan Modal Kecil

322
0
cara pemasaran ukm. cara pemasaran usaha kecil
bagaimana cara pemasaran usaha kecil yang efektif? -image credit : pexels.com

Bagaimana strategi cara pemasaran UKM dengan modal kecil? Jika anda sedang mengalami kesulitan untuk menaikan penjualan anda dan mencari bagaimana cara pemasaran UKM dengan modal kecil teruslah membaca artikel ini, namun untuk strategi pemasaran produk anda bisa merujuk ke artikel strategi pemasaran produk baru.

Banyak sekali pengusaha UKM yang mengalami kesulitan dalam melakukan pemasaran UKM dengan modal kecil. Kesulitan tersebut seringkali menyebabkan pengusaha UKM yang bersangkutan tidak melakukan pemasaran UKM dengan efektif. Akibatnya, penjualan tidak bertumbuh atau bahkan turun seiring dengan berjalannya waktu.

Penyebabnya sendiri bermacam-macam, yang paling sering menjadi alasan adalah kekurangannya dana untuk melakukan pemasaran. Perlu diakui bahwa berbeda dengan bisnis besar yang mempunyai anggaran besar untuk pemasaran, setiap rupiah yang dikeluarkan di UKM sangat berarti dan pemasaran harus memberikan hasil yang cukup untuk meningkatkan laba usaha anda. Oleh karena itu, mengetahui kiat dan cara pemasaran UKM dengan modal kecil yang efektif menjadi sangat penting.

Untuk referensi anda berikut, 7 strategi cara pemasaran UKM dengan modal kecil yang dapat anda lakukan.

1. Menyusun Strategi Pemasaran UKM

strategi pemasaran UKM, cara pemasaran UKM dengan modal kecil
image credti : pexels.com

Apakah anda sudah mengetahui siapa pembeli ideal usaha anda? Bagaimana karakteristik pembeli ideal usaha anda? dan apa alasan utama mereka membeli dari anda?

Jika anda belum dapat menjawab 3 pertanyaan diatas, maka dapat dikatakan bahwa anda tidak mengetahui informasi paling penting yang dapat menjadi senjata utama dalam melakukan strategi pemasaran UKM yang efektif.

Menjawab 3 pertanyaan diatas sangatlah penting, karena semua hal tersebut merupakan informasi mendasar untuk dapat menentukan apa pendekatan pemasaran yang efektif, dimana anda dapat menemukan pelanggan ideal anda, dan apa penawaran yang paling ideal untuk pelanggan anda.

Setelah mengetahui karakteristik pelanggan anda, selanjutnya anda perlu mengidentifikasi dimana pelanggan anda banyak berada, dan bagaimana cara terbaik menjangkau mereka. Setelah itu susun strategi pemasaran anda sesuai dengan informasi yang anda peroleh.

Untuk hasil yang lebih efektif anda juga tidak hanya membenahi strategi marketing anda sendiri. Anda juga mempelajari bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh saingan anda untuk melihat kelemahan mereka dan mencari kesempatan untuk mengalahkan saingan anda.

Jika anda bersaing secara langsung dengan saingan anda di tempat mereka mempunyai keunggulan atau posisi yang kokoh biasanya akan berujung kepada kekalahan anda.
Disisi lain, jika anda memberikan waktu untuk menganalisa kompetitor anda untuk mencari kelemahan mereka atau kekosongan di pasar, anda dapat menemukan peluang dimana usaha anda mempunyai peluang terbaik untuk tumbuh.

Terkait : 10 Strategi Pemasaran Online Untuk UKM Yang Efektif

 

2. Buat Website Usaha 

image credit : pexels.com

Salah satu cara pemasaran UKM yang tidak boleh anda lewatkan di era internet saat ini adalah membuat website usaha anda.

Berbeda dengan social media yang mengharuskan anda untuk selalu memposting konten baru dengan frekuensi tinggi (minimal 1 hari 1 konten), website untuk UKM hanya memerlukan 1 konten baru perminggu atau bahkan per 2 minggu.

Website juga mempunyai fungsi untuk mempresentasikan usaha anda dengan informasi yang lebih lengkap dan dapat membuka saluran penjualan yang baru.

Anda tidak harus mengeluarkan uang banyak untuk membuat website. Banyak sekali hosting murah dengan biaya mulai dari Rp. 30.000 perbulan sudah dengan domain. Atau, jika anda ingin menguji manfaat dari website untuk usaha anda, anda bisa membuat website gratis di Wix.

Terkait : 7 Alasan Bisnis Harus Mempunyai Website Sendiri

 

3. Buat Program Member

strategi pemasaran UKM, cara pemasaran UKM dengan modal kecil
image credit

Mempertahankan pelanggan lama dan mendorong mereka untuk terus berbisnis dengan anda merupakan kunci yang penting dalam kesuksesan strategi pemasaran UKM. Oleh karena itu, aspek mempertahankan pelanggan perlu menjadi bagian integral dalam strategi pemasaran UKM anda.

Dengan mempunyai pelanggan setia anda dapat menghemat uang pemasaran yang anda keluarkan karena menarik pelanggan baru relatif lebih mahal dibandingkan menarik pelanggan lama.

Salah satu cara pemasaran UKM dengan modal kecil namun efektif untuk meningkatkan jumlah pelanggan setia anda adalah dengan membuat program member.

Buatlah program member yang memberikan keuntungan bagi member anda. Misalnya dengan memberikan potongan harga khusus member, voucher belanja, atau cashback.

Akan lebih baik jika program member anda memberikan manfaat yang bisa langsung dirasakan pada pembelian kedua mereka, karena setelah pembelian kedua akan lebih mudah untuk mendorong mereka ke pembelian ketiga, keempat atau bahkan kelima.

 

4. Buat Program Referral

strategi pemasaran UKM, cara pemasaran UKM dengan modal kecil
image credit : pexels.com

Promosi mulut ke mulut merupakan cara pemasaran UKM dengan modal kecil yang sangat efektif sejak dulu. Fakta tersebut tidaklah berubah sampai sekarang. Karena pesan yang disampaikan oleh orang yang dikenal tentu mempunyai tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dibanding pesan dari iklan usaha tersebut.

Tidak sedikit usaha yang menjadi besar hanya dengan mengandalkan promosi dari mulut ke mulut. Namun, untuk mendapatkan promosi dalam bentuk ini tidaklah mudah.

Disinilah fungsi dari program refferral. Adanya program referral dapat meningkatkan kemungkinan memperoleh promosi dari mulut ke mulut tersebut. Karena program referral memberikan insentif kepada pelanggan lama anda untuk mempromosikan usaha anda kepada kenalan mereka.

Baca Juga : 7 Strategi Bisnis Yang Baik dan Efektif

 

5. Gunakan Social Media

strategi pemasaran UKM, cara pemasaran UKM dengan modal kecil

Jika digunakan dengan benar social media dapat menjadi cara pemasaran UKM dengan modal kecil yang sangat efektif dan murah.

Banyak UKM yang berkembang menjadi besar karena kampanye pemasaran social media yang berhasil seperti Holycow! by Chef Afit dan keripik pedas Maicih. Oleh karena itu sangatlah bijak untuk mengimplementasikan social media dalam strategi pemasaran UKM anda.

Penggunakan social media sebagai media pemasaran saat ini membutuhkan kreatifitas dan juga sedikit uang. Karena pada saat ini jangkauan organik dari post tidak berbayar semakin terbatas. Anda mungkin perlu memberikan suatu insentif bagi pelanggan anda untuk membagikan kesan dan pesan mengenai bisnis anda untuk dapat memberikan dampak yang diharapkan.

Terkait : 5 Strategi Social Media Marketing Dari Master Internet Marketing

 

6. Aktif di Forum Online

Alternatif cara pemasaran UKM dengan modal kecil yang efektif adalah dengan aktif di forum online. Aktif di forum online dapat menjadi bagian strategi pemasaran anda dengan mendekatkan diri secara intensif kepada calon pelanggan anda yang berkumpul di forum online.

Dengan aktif di forum online, anda dapat mengenalkan diri anda dan usaha anda kepada pengguna lain di forum online tersebut. Jika anda sudah mempunyai reputasi yang baik di forum online tersebut, anda juga dapat memperoleh kepercayaan dari para pengguna forum online tersebut. Bahkan anda dapat dipandang sebagai sebuah expert atau ahli dari suatu topik jika anda secara konsisten sering memberikan kontribusi terhadap suatu topik tertentun.

 

7. Kombinasikan Sedekah Dengan Promosi

Sedekah tidak hanya memberikan manfaat kepada orang yang membutuhkan. Dengan sedikit kreativitas, sedekah yang dilakukan juga dapat menjadi salah satu sarana promosi yang efektif.

Sedekah sendiri sudah terbukti dapat melancarkan rezeki anda dan usaha anda. Tidak ada orang yang miskin karena bersedekah, bahkan banyak sekali orang yang justru semakin sejahtera karena rajin bersedekah.

Salah satu contoh sedekah yang mengkombinasikan dengan promosi adalah program gratis minuman dan makanan pembuka untuk yang berpuasa, gratis makanan untuk ibu hamil, potongan 30% untuk anak yatim, dan sebagainya.

Soto Kudus Kauman adalah salah satu bisnis yang sukses dengan kekuatan sedekah ini. Warung soto yang di mulai oleh Edi Prastowo tersebut terkenal karena program gratis soto selamanya untuk ibu hamil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here