Beranda Marketing Ampuh! 7 Cara Memasarkan Produk Baru Yang Baik

Ampuh! 7 Cara Memasarkan Produk Baru Yang Baik

139
0
cara memasarkan produk baru dengan efektif image credit: pexels.com

Anda dapat membuat produk yang bagus dan berkualitas. Tetapi penjualan anda tidak sebesar yang diharapkan. Lalu apa yang harus dilakukan? Anda mungkin mengetahui jika yang harus dilakukan adalah mencari cara memasarkan produk baru agar dikenal oleh lebih banyak orang.

Namun, menemukan cara memasarkan produk baru yang baik tidaklah mudah. Anda mungkin sudah mencoba berbagai macam cara pemasaran dengan hasil yang tidak memuaskan. Bahkan uang yang anda keluarkan untuk pemasaran tidak menghasilkan penjualan yang dapat menutupi biaya pemasaran produk baru tersebut.

Jika anda sedang mengalami kondisi tersebut, baca terus artikel ini untuk menemukan inspirasi dan menentukan cara pemasaran produk baru yang baik untuk bisnis anda.

 

Cara Memasarkan Produk Baru

1. Dapatkan Publikasi Media 

strategi pemasaran, publikasi media, cara memasarkan produk baru yang baik, pemasaran ukm
publikasi media sebagai salah satu cara memasarkan produk baru image credit : pexels.com

Mendapatkan publikasi media baik media cetak, online atau bahkan televisi tidaklah mudah. Tetapi kesulitan tersebut setimpal dari efek yang dihasilkan. Karena publikasi media merupakan cara memasarkan produk baru yang paling baik dan memberikan efek yang sangat besar. Namun, strategi pemasaran UKM ini tidaklah mustahil, sudah banyak UKM yang mendapatkan publikasi dari media.

Cara memasarkan produk baru dengan mendapatkan publikasi media dapat anda lakukan dengan membuat video profil singkat yang memuat, pengenalan singkat mengenai anda sebagai pemilik, latar belakang usaha anda, dan keunikan dari produk anda.

Kemudian upload video anda ke Youtube dan kirimkan link video yang sudah anda upload tersebut kepada redaksi media online, tv atau media cetak yang mempunyai keterkaitan dalam dunia usaha atau UKM.

 

2. Dapatkan Ulasan Blogger dan Influencer

cara memasarkan produk baru yang baik, strategi pemasaran
dapatkan ulasan blogger/influencer image credit : pexels.com

Meraih ulasan dari blogger dan influencer yang mempunyai pengikut setia dapat menjadi cara memasarkan produk baru yang baik.

Berbeda dengan media-media mainstream yang mempunyai jangkauan luas, blogger atau influencer memang memiliki jangkauan yang lebih kecil tetapi pengikut mereka juga jauh lebih tertarget dan spesifik. Mendapatkan ulasan dari blogger dan influencer sangatlah penting dalam strategi pemasaran UKM dan bisnis online.

Jika anda bisa mendapatkan ulasan blogger dan influencer yang mempunyai reputasi cukup baik di target pasar anda maka strategi pemasaran dengan mengejar ulasan blogger dan influencer perlu anda pertimbangkan.

Untuk bisa mendapatkan ulasan dari blogger dan influencer anda perlu menghubungi mereka secara pribadi dan menanyakan kesediaan anda untuk memberikan ulasan terhadap produk anda. Anda mungkin perlu menawarkan sampel secara gratis kepada mereka dan ditambah sedikit imbalan untuk ulasan yang mereka berikan.

Jika anda mempunyai budget terbatas anda juga dapat menawarkan bagi hasil untuk setiap penjualan yang dihasilkan dari ulasan yang mereka lakukan.

 

3. Membuka Program Kemitraan

membuat kemitraan, cara memasarkan produk baru, cara pemasaran ukm, strategi pemasaran
membuat kemitraan adalah cara memasarkan produk baru yang jitu image credit : pexels.com

Mempunyai jaringan pemasaran yang luas adalah kunci sukses cara memasarkan produk baru untuk semua bisnis. Tidak peduli bisnis yang besar ataupun kecil, jaringan pemasaran adalah tulang punggung dari setiap upaya memasarkan produk baru yang baik.

Akan sangat sulit dan memakan waktu lama jika anda memasarkan produk baru tanpa adanya mitra yang juga memasarkan produk tersebut. Oleh karena itu, dalam strategi memasarkan produk baru yang baik selalu terdapat skema kemitraan dalam strateginya.

Cara yang dapat ditempuh semua usaha baik UKM maupun bisnis besar dalam mengembangkan jaringan pemasaran adalah dengan membuka program kemitraan. Program kemitraan tersebut dapat berupa franchisewhite-label, konsinyasi, affiliate marketing, atau reseller.

Namun perlu dicatat bahwa tidak semua bisnis cocok dengan suatu skema kemitraan diatas. Misalnya untuk bisnis makanan ringan seperti keripik, reseller dan konsinyasi dapat menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan untuk bisnis servis AC, kemitraan berupa franchise dan referral program jauh lebih baik.

 

4. Manfaatkan Social Media Sebaik Mungkin

pemasaran social media, strategi pemasaran ukm, cara memasarkan produk baru yang baik
strategi pemasaran melalui social media image credit : pexels.co

Sudah bukan rahasia lagi jika social media telah mengambil perhatian dan waktu yang signifikan dalam keharian orang-orang. Tidak terkecuali pelanggan prospektif anda. Oleh karena itu, salah satu cara memasarkan produk baru yang baik adalah dengan memperkenalkan produk tersebut melalui social media.

Namun bagi orang yang belum berpengalaman dengan social media, implementasi dari strategi pemasaran UKM ini dapat membingungkan. Apakah lebih baik fokus kepada Facebook? Twitter? Instagram? atau haruskan aktif di semua social media tersebut?

Untuk bisnis UKM akan lebih baik jika fokus kepada satu atau dua social media dan kuasai seluk beluk social media tersebut. Fokus kepada satu atau dua social media juga memungkinkan bagi anda untuk membagi waktu dengan efektif dan efisien sehingga anda dapat berbagi konten secara konsisten kepada pengikut anda.

 

5. Membuat Kontes Online

cara memasarkan produk baru, strategi pemasaran ukm, strategi pemasaran
kontes online sebagai cara memasarkan produk baru image credit : pexels.com

Kontes online melalui social media, website, dan video merupakan salah satu cara memasarkan produk baru yang baik. Strategi pemasaran UKM ini seringkali diintegrasikan dengan strategi pemasaran menggunakan social media.

Membuat kontes online dapat menghasilkan awareness yang besar terhadap produk baru yang akan anda tawarkan jika peserta yang mengikuti kontes online anda cukup banyak. Untuk itu cara memasarkan produk baru yang satu ini membutuhkan biaya untuk memberikan hadiah yang dapat menarik para peserta kontes.

Suatu kontes online yang baik biasanya mengharuskan pesertanya untuk membuat suatu cerita, video, blog atau konten social media yang kreatif dan menarik. Kemudian, peserta dengan jumlah likes, views, atau votes paling banyak yang menang.

Dengan sistem tersebut jika jumlah peserta yang mengikuti kontes cukup banyak maka dengan biaya yang sedikit anda bisa mendapatkan publikasi untuk produk dan bisnis anda secara luas.

 

6. Email Marketing

Apakah anda mengetahui jika 82% pelanggan membuka email dari bisnis dan 44% dari penerima email tersebut melakukan pembelian setidaknya 1 kali dalam setahun?

Dengan statistik tersebut, Email marketing via newsletters merupakan salah satu media pemasaran yang baik dan memberikan tingkat imbal hasil yang paling tinggi. Terlebih jika mengingat anda dapat membangun suatu komunikasi yang konsisten dan lebih dinamis melalui email marketing.

Untuk memulai email marketing anda harus mengumpulkan daftar email pelanggan lama anda yang membeli dan berbisnis dengan anda. Hal ini dapat anda lakukan dengan membuat website yang mempunyai konten yang menarik atau dengan meminta pelanggan anda untuk mengisi formulir survey kepuasan pelanggan.

Setelah mempunyai email dalam jumlah yang cukup anda perlu mengirimkan promosi-promosi melalui email kepada pelanggan anda. Namun sesekali anda juga perlu memberikan informasi selain promosi dari bisnis anda untuk membangun komunikasi yang lebih dekat dengan pelanggan anda.

 

7. Facebook / Instagram Ads

Dengan jumlah pengguna bulanan lebih dari 1.44 miliar perbulan, Facebook memberikan akses kepada pasar yang luar biasa besar. Selain itu Facebook juga mengumpulkan berbagai data mengenai penggunanya yang memungkinkan bagi seorang marketer untuk mengatur kampanye pemasarannya secara detail dan spesifik.

Pengaturan tersebut memungkinkan bagi anda untuk merancang suatu pemasaran yang tertarget dan spesifik. Jika anda dapat menyesuaikan kampanye pemasaran Facebook Ads dengan baik maka setiap uang yang anda keluarkan akan memberikan imbal hasil yang positif untuk bisnis anda.

Facebook Ads juga merupakan media untuk bisa beriklan di Instagram yang merupakan platform media social yang sangat hebat dalam pemasaran suatu produk dengan elemen visual yang tinggi seperti fashion, elektronik, otomotif, dan makanan.

Baca Juga : 7 Strategi Pemasaran UKM Dengan Modal Kecil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here