Beranda Memulai Bisnis 9 Cara Memulai Usaha Sampingan Yang Menguntungkan

9 Cara Memulai Usaha Sampingan Yang Menguntungkan

420
0
cara memulai usaha sampingan, cara memulai bisnis sampingan
image credit : pexels.com

Apakah anda sedang mencari cara memulai usaha sampingan yang menguntungkan? Atau anda sedang mencari ide usaha sampingan yang bisa anda jalankan selagi bekerja sebagai karyawan? Jika anda mencari jawaban untuk pertanyaan kedua anda bisa temukan jawabannya di artikel 10 Ide Bisnis Sampingan Untuk Karyawan. Namun jika anda mencari jawaban untuk pertanyaan yang pertama, teruslah membaca.

Saat ini kita berada di era yang luar biasa, dengan potensi yang tidak terbatas. Tidak pernah sebelumnya anda dapat membangun usaha sampingan saat mempunyai pekerjaan full time dan membesarkan usaha sampingan tersebut hingga menghasilkan pendapatan yang menyamai atau bahkan melebihi pekerjaan full time tersebut.

Bahkan Forbes pernah membahas mengenai fenomena ‘Solopreneur’ yang berhasil mengubah bisnisnya menjadi bisnis jutaan dolar dalam salah satu artikelnya.

Walaupun saat ini merupakan saat terbaik untuk memulai usaha sampingan tetapi hal tersebut bukan berarti memulai usaha sampingan adalah perkara yang mudah. Anda tetap dituntut untuk mengorbankan waktu, komitmen, melewati kegagalan dan hambatan serta hal-hal lain yang pasti muncul disaat anda menjalankan usaha sampingan.

 

Dengan mengingat hal tersebut, mengetahui cara memulai usaha sampingan yang tepat dapat mempercepat transisi anda dan mendorong anda untuk bertindak.
Berikut 9 cara memulai usaha sampingan yang menguntungkan:

 

Cara Memulai Usaha Sampingan

1. Mencari Ide Bisnis Yang Sesuai

Sebagai langkah pertama cara memulai usaha sampingan, mencari ide bisnis yang sesuai seringkali menjadi hambatan pertama bagi anda yang baru ingin memulai usaha sampingan.

Anda bisa bingung karena tidak memiliki ide bisnis sama sekali, atau bisa saja bingung karena terlalu banyak ide bisnis yang ada dikepala anda. Untuk anda yang tidak memiliki ide bisnis sama sekali, mulailah dengan membuat daftar kelebihan dan skill yang anda punya.

Jika anda mempunyai suatu keahlian yang dapat dijadikan jasa, maka hal tersebut dapat menjadi ide usaha sampingan yang tepat untuk memulai. Atau anda jika anda tidak memiliki suatu keahlian yang khusus anda bisa memulai usaha sampingan yang sederhana seperti bisnis laundry,

Sedangkan jika anda memiliki terlalu banyak ide bisnis maka yang perlu anda lakukan adalah urutkan ide usaha sampingan berdasarkan seberapa besar passion anda untuk usaha tersebut dan bagaimana potensi dari pasar usaha sampingan tersebut. Kemudian pilihlah ide usaha sampingan yang meraih skor tertinggi untuk gabungan nilai 2 hal tersebut.

 

2. Membuat Rencana Bisnis

Langkah kedua dalam cara memulai usaha sampingan yang perlu anda lakukan adalah membuat rencana bisnis. Anda mungkin bertanya-tanya apa fungsi rencana bisnis untuk usaha sampingan yang tidak membutuhkan modal besar atau anda lakukan hanya untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Fungsi rencana bisnis untuk usaha sampingan adalah untuk memberikan gambaran kebutuhan modal, Break Event Point, biaya operasional, target pendapatan, strategi pemasaran, dan target dari usaha sampingan anda dalam 12 bulan kedepan.

Mempunyai gambaran akan hal-hal tersebut mempunyai manfaat yang luar biasa dan akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan atau kegagalan usaha sampingan yang anda rintis.

Anda bisa mempelajari lebih jauh tentang bagaimana cara membuat rencana bisnis dalam artikel Bagaimana Cara Membuat Rencana Bisnis Lengkap. Atau anda juga bisa menggunakan Liveplan, sofware pembuat rencana bisnis instan yang memudahkan anda dalam membuat rencana bisnis usaha sampingan anda.

 

3. Validasi Asumsi Anda

Saat Fortune memutuskan untuk bertanya kepada para pendiri bisnis startup yang gagal mengenai apa yang salah dari bisnis mereka, alasan #1  yang muncul adalah tidak/kurang adanya permintaan pasar untuk produk mereka  (hampir setengah dari mereka mengutip alasan ini). Karena itulah langkah ketiga dalam cara memulai usaha sampingan diperlukan untuk mencegah terjadinya hal tersebut menjadi penyebab kegagalan anda.

Hal yang sama juga berlaku untuk usaha sampingan, tidak/kurang adanya permintaan pasar berarti usaha anda tidak akan bisa bertahan lama. Oleh karena, itu dalam tahap perencananaan anda perlu memvalidasi ide bisnis anda. Hal ini berarti meminta jawaban jujur dari pelanggan yang anda, karena seperti yang dikatakan oleh Jason Fried, pendiri Basecamp:

“Jawaban yang Berarti hanyalah dari pelanggan anda yang membayar untuk sesuatu.”

Ini adalah sifat manusia untuk berpikir bahwa kita benar dan bahwa gagasan kita selalu menakjubkan. Sayangnya, konsep bisnis dan ide produk kita seringkali tidak sepenuhnya dipikirkan, bermanfaat, atau bahkan diteliti dengan benar.

Dengan bertanya kepada pelanggan anda dan membangun dasar usaha sampingan anda dengan memperoleh jawaban dari mereka, cepat atau lambat anda akan mendapat konsep serta solusi yang tepat untuk target pasar usaha sampingan anda. Kemudian anda dapat berkembang dari landasan yang lebih kuat tersebut.

4.Membuat Komitmen

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya diatas, menjalnkan usaha sampingan tidaklah mudah. Memulai usaha sampingan relatif mudah, tetapi untuk berkembang anda membutuhkan komitmen yang besar.
Anda harus meluangkan waktu untuk mengurus usaha sampingan anda. Hal ini berarti anda harus mengurangi waktu bersenang-senang seperti menonton TV, bermain video game atau berselancar di social media.

Tuliskan daftar semua aktivitas dan komitmen yang Anda miliki setiap minggu Anda dengan jumlah waktu yang anda habiskan untuk masing-masing kegiatan tersebut.

Catat kegiatan yang bisa anda kurangi waktunya dan alihkan waktu yang bebas tersebut untuk memulai dan membangun usaha sampingan anda. Lebih banyak waktu yang bisa anda luangkan untuk usaha sampingan anda akan lebih cepat anda melihat hasilnya.

 

5. Tentukan Target Yang Terukur, Jelas dan Realistis

Anda tentu tidak ingin memulai suatu perjalanan tanpa mengetahui lebih dahulu kemana tujuan dan akan menggunakan kendaraan apa untuk mencapai tujuan tersebut. Hal yang sama juga berlaku untuk menjalankan usaha sampingan.

Tanpa menetapkan tujuan yang dapat dicapai dan tenggat waktu yang realistis untuk diri Anda sendiri, anda akan menghabiskan banyak waktu yang sia-sia. Menetapkan target memberikan hasil terbaik dengan menetapkan sasaran harian, mingguan, dan bulanan untuk anda sendiri.

Akuntabilitas yang konstan ini membantu anda fokus kepada tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Pada awalnya, tujuan harian anda kemungkinan besar adalah memperoleh modal, membeli perlengkapan usaha, dan mendapatkan supplier bahan baku. Setelahnya anda secara bertahap mulai membangun dasar-dasar pondasi untuk peluncuran usaha sampingan anda.

 

6. Melakukan Peluncuran

Peluncuran atau launching adalah titik awal dari setiap bisnis. Hal ini juga berlaku untuk usaha sampingan, setelah melakukan semua persiapan yang diperlukan untuk memulai usaha sampingan anda maka saatnya untuk memulai operasional usah sampingan anda.

Pada kebanyakan usaha sampingan peluncuran anda lakukan dengan mulai mencari pelanggan secara aktif. Melakukan peluncuran dengan baik sangat penting untuk membangun momentum usaha sampingan anda.

Keberhasilan dalam melakukan peluncuran yang baik dapat menjadi bahan bakar untuk semangat anda dalam membangun usaha sampingan anda.

 

7. Promosi

Setelah peluncuran, promosi adalah langkah selanjutnya dalam cara memulai usaha sampingan yang menguntungkan. Melakukan promosi sangat penting dalam memperkenalkan usaha sampingan anda kepada target pasar anda, dan untuk mendapatkan pendapatan dari usaha sampingan anda.

Jika anda sekedar menunggu adanya order datang tanpa melakukan upaya apapun untuk promosi maka anda menyerahkan kesuksesan dan kegagalan anda pada keberuntungan anda. Dan pada sebagian besar kasus, keberuntungan hanya datang jika anda berusaha dengan keras.

Melakukan promosi secara konsisten dan bijak dengan demikian merupakan esensi yang penting dalam meningkatkan kemungkinan sukses dari usaha sampingan anda.

 

8. Analisa dan Perbaiki

Dalam memulai usaha sampingan anda pasti akan mengalami kesalahan atau kegagalan. Hal tersebut sangatlah wajar, dan salah satu karakteristik utama yang membedakan pengusaha yang sukses dengan yang gagal terletak pada bagaimana mereka menangani kesalahan atau kegagalan tersebut.

Seorang pengusaha yang sukses dapat menganalisa kesalahan dan kegagalan mereka untuk kemudian memperbaiki usaha mereka sehingga hal tersebut tidak terulang.

Selain itu seorang pengusaha sukses juga selalu mencari cara-cara baru untuk melakukan kegiatan usaha mereka dengan lebih baik, meningkatkan pelayanan atau efisiensi usaha mereka.

 

9. Investasikan Keuntungan 

Langkah terakhir dalam cara memulai usaha sampingan yang menguntungkan adalah investasikan keuntungan yang anda peroleh. Walaupun mungkin anda mempunyai tujuan untuk menambah pendapatan dengan usaha sampingan anda tetapi menginvestasikan keuntungan adalah langkah yang lebih tepat jika anda melihat ada peluang untuk mengembangkan usaha sampingan anda menjadi suatu usaha yang lebih serius.

Meningkatkan usaha sampingan menjadi suatu bisnis yang serius seringkali membutuhkan suatu investasi yang tidak sedikit, seperti karyawan baru atau bahkan kantor untuk anda. Semua hal tersebut dapat anda biayai dengan jauh lebih murah jika anda menggunakan hasil keuntungan yang anda simpan sebagai modal alih-alih meminjam kepada bank atau mencari pendanaan dari luar.

Memulai bisnis sampingan sambil bekerja penuh waktu pasti akan sulit, tapi itu bisa dilakukan. Ada banyak jalan menuju pengusaha sukses, dan salah satunya adalah memulai usaha sampingan yang sukses. Pertimbangkan langkah-langkah ini dan anda akan berada di jalan untuk menjadi bos anda sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here