Beranda Marketing Cara Marketing Produk dan Bisnis Yang Tepat

Cara Marketing Produk dan Bisnis Yang Tepat

183
0
BERBAGI
online marketing, marketing bisnis, pemasaran produk

Setelah melalui proses memulai bisnis yang panjang dan telah produk Anda telah melalui proses pengembangan evaluasi maka tahap selanjutnya adalah melakukan marketing bisnis dan produk anda untuk mendapatkan pelanggan.

Bagi Anda yang baru saja memulai bisnis, cara marketing produk menjadi salah satu pertanyaan besar dan seringkali dilakukan secara sporadis dan tidak terarah. Keadaan tersebut tidaklah ideal untuk pengembangan bisnis anda karena cara marketing bisnis yang dilakukan tanpa arah hanya akan menyia-nyiakan waktu dan sumber daya Anda yang berharga. Lalu apa kiat-kita yang perlu dilakukan dalam pemasaran yang sukses?

 

Rencana Marketing

rencana marketing, rencana pemasaran bisnis, pemasaran produk
menuliskan rencana pemasaran penting untuk menentukan strategi

Pertama, definisikan pasar Anda seakurat mungkin sehingga Anda memiliki pemahaman yang mendalam mengenai siapa pelanggan Anda. Mengetahui siapa pelanggan Anda memberikan Anda kemampuan untuk dapat memahami perilaku dan preferensi target pasar Anda yang hal tersebut penting dalam pembentukan merek.

Misalnya, alih-alih semua wanita, mungkin produk Anda lebih cocok untuk perempuan yang bekerja dengan pendapatan di atas rata-rata dan anak-anak di bawah usia 5. Alih-alih semua orang, mungkin bercerai laki-laki di usia 40-an dengan gaji diatas Rp. 10.000.000. Semakin spesifik Anda dapatkan, semakin akurat Anda akan dapat menargetkan penjualan Anda dan upaya pemasaran, memilih saluran penjualan yang paling mudah menerima produk Anda.

Selanjutnya, Anda harus mengembangkan rencana penjualan. Sebelum Anda mengeluh, “Rencana lain,” memahami ini bisa menjadi dokumen sederhana untuk mata Anda hanya yang akan membantu Anda mengatur dan memikirkan strategi penjualan Anda. Menulis dengan cara yang masuk akal bagi Anda. Biasanya, itu harus mencakup sebagai berikut:

tujuan penjualan: Tujuan ini harus spesifik dan terukur. Tujuan disini bukan pernyataan yang umum seperti target menjual satu juta unit. Misalnya, menjual 50 unit kepada pengguna akhir dalam 30 hari dan menjual 100 unit untuk pengecer independen lokal dalam enam bulan.
kegiatan penjualan: ini adalah Anda taktik – bagaimana Anda berencana untuk melakukan penjualan. Anda mungkin mengatakan Anda akan menjual langsung ke konsumen melalui website atau melalui sosial media lalu apa strategi Anda agar target pasar Anda dapat menemukan Anda.

Jadwal: Masukan tanggal untuk semua elemen di atas sehingga Anda dapat menentukan langkah-langkah Anda dalam waktu yang realistis. Jangan lupa bahwa jadwal Anda harus fleksibel jika kemudian Anda tidak dapat melakukan kegiatan Pemasaran sesuai jadwal rencana penjualan Anda dapat mengapa dan menentukan langkah-langkah korektif yang perlu Anda ambil.

 

Membangun Pasar

Untuk mempelajari cara marketing bisnis yang efektif ke pasar, mulai dengan menjual langsung ke pengguna akhir. Ini akan memberi Anda keyakinan bahwa ada permintaan untuk produk Anda dan juga akan membuat pelanggan memberikan referensi atau testiomoni terhadap produk anda.

Untuk menjual secara langsung ke pengguna akhir menjual melalui website atau situs E-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Elevania dan lain-lain adalah salah satu saluran yang sangat efektif. Anda juga dapat memanfaatkan jaringan pribadi Anda ketika Anda mulai dan mintalah pendapat atau testimoni mereka yang kemudian dapat anda cantumkan dalam review produk Anda.

Setelah Anda mendapatkan umpan balik langsung dari pelanggan Anda, memperbaiki kemasan dan titik harga sebelum mendekati pasar Anda berikutnya – grosir. Anda mungkin akan mulai dengan yang kecil, dimiliki secara independen, toko-toko lokal. Ini adalah ide yang baik untuk memulai dengan mereka sebelum memukul toko rantai besar karena lebih mudah untuk berhubungan dengan pembuat keputusan langsung. Untuk menjual ke pengecer ini, bersiaplah dan membawa flyer promosi produk, foto, dan sampel produk (jika mungkin) dan surat pengantar singkat untuk menjelaskan apa yang di dalamnya bagi mereka, menyoroti margin keuntungan produk Anda, fitur dan manfaat, dan terbukti rekor penjualan .

Setelah melalui proses tersebut maka Anda sudah memiliki beberapa jalur pemasaran yang akan dapat Anda kembangkan lebih jauh lagi untuk meraih omzet penjualan yang lebih besar. Ingatlah bahwa salah satu prinsip pemasaran paling penting adalah tonjolkan manfaat yang diberikan oleh produk anda dan berikan pernyataan yang berani untuk mendukung hal tersebut.

>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here