Beranda Marketing Cara Meningkatkan Omset Bisnis Rumahan Dengan Efektif

Cara Meningkatkan Omset Bisnis Rumahan Dengan Efektif

245
0
cara meningkatkan omset bisnis, cara meningkatkan penjualan bisnis
image credit : pixabay.com

Bagaimana cara meningkatkan omset bisnis rumahan? pertanyaan tersebut banyak sekali ditanyakan oleh pengusaha bisnis rumahan. Hal itu dapat dipahami karena meningkatkan omset adalah salah satu pekerjaan yang harus dilakukan untuk meningkatkan keuntungan yang dapat diperoleh dari setiap bisnis.

Untuk membantu meningkatkan omset bisnis rumahan kamu, kami telah mengumpulkan cara mudah meningkatkan omset bisnis rumahan yang dapat kamu coba sebagai berikut.

 

1) Sesuaikan Pemasaran dan Penawaran Dengan Target Pasar

Pemasaran dan penawaran yang umum dan tidak menyesuaikan dengan target pasar adalah cara yang tidak efektif. Pemasaran dan penawaran yang disesuaikan dengan target pasar jauh lebih efektif dan mempunyai peluang lebih besar dalam meningkatkan penjualan. Sebagai contoh, jauh lebih efektif untuk memberikan penawaran perlengkapan bayi baru lahir untuk target pasar ibu muda umur 20-26 tahun dibandingkan penawaran perlengkapan sekolah anak untuk demografi yang sama.

Untuk itu jika bisnis rumahan kamu belum mempunyai target pasar yang spesifik mulailah dengan menentukan target pasar yang spesifik. Setelah itu bangunlah konsep bisnis, branding dan pemasaran yang sesuai dengan target pasar yang kamu tentukan tersebut. Dengan cara ini selain meningkatkan omset, kamu juga dapat mengurangi biaya dan waktu yang sia-sia akibat pemasaran dan penawaran yang tidak efektif.

 

2) Tonjolkan Kelebihan Penawaran Kamu Dengan Efektif dan Sederhana

Dengan semakin banyaknya pilihan produk atau jasa yang tersedia saat ini kamu harus dapat menonjolkan kelebihan penawaran kamu dibandingkan dengan bisnis lain untuk membuat orang tertarik. Tanpa mengetahui apa kelebihan penawaran yang kamu berikan, dapat dipastikan akan sangat sulit untuk meyakinkan calon pelanggan untuk mencoba produk atau layanan yang kamu berikan.

Selain itu cobalah untuk menonjolkan kelebihan penawaran kamu secara efektif dan sederhana. Misalnya kamu mempunyai penawaran ayam penyet yang ditargetkan untuk penggemar  makanan pedas maka kamu dapat menonjolkan penawaran kamu dengan kata-kata seperti “9 dari 10 orang yang mencoba ayam penyet ini kepedasan”.

 

3) Berikan Insentif Untuk Membeli

Memberikan insentif atau alasan untuk melakukan pembelian kepada pelanggan adalah salah satu cara meningkatkan omset yang paling cepat terlihat hasilnya. Adanya insentif untuk membeli adalah alasan mengapa penjualan suatu bisnis meningkat pesat disaat adanya diskon atau penawaran khusus terbatas. Bentuk insentif yang dapat kamu berikan bisa bermacam-macam, mulai dari jaminan uang kembali, beli 2 gratis 1, gratis ongkos kirim, cicilan ringan dan masih banyak lagi.

 

4) Ciptakan Program Member

Membangun basis pelanggan tetap merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga dan meningkatkan omset setiap bisnis. Pelanggan yang sudah membeli atau mencoba layanan kamu biasanya cenderung membeli lagi jika mereka puas dengan layanan bisnis kamu. Sebuah program member untuk pelanggan dapat memberikan suatu hubungan dengan pelanggan bahwa kamu menghargai mereka dan mendorong mereka untuk terus berbisnis dengan kamu.

 

5) Dorong Pelanggan Untuk Memberikan Referensi

Mendorong pelanggan untuk memberikan referensi untuk bisnis kamu adalah salah satu cara meningkatkan omset bisnis rumahan yang efektif dan teruji. Orang-orang yang datang kepada kamu dari promosi mulut ke mulut cenderung lebih menyukai dan mempercayai bisnis kamu, sehingga lebih mudah untuk melakukan penjualan. Meskipun kamu memberikan pelayanan terbaik dan banyak pelanggan yang sudah berbicara tentang bisnis kamu dengan sendirinya, tidak ada salahnya untuk mengembangkan program referral untuk mendorong klien dan pelanggan untuk lebih rajin dalam mempromosikan produk atau layanan bisnis kamu.

 

6) Perluas Jaringan Pemasaran Dengan Program Reseller/Affiliate/Kemitraan

Memperluas jaringan pemasaran adalah cara meningkatkan omset bisnis rumahan yang paling dasar. Logikanya dengan memperluas jaringan pemasaran kamu dapat memperluas jangkauan layanan bisnis kamu dan menjaring lebih banyak pelanggan. Hal ini berlaku terhadap bisnis offline maupun online, pada bisnis offline hal ini jauh lebih penting karena terdapatnya batasan jarak layanan bisnis anda.

Cara memperluas jaringan pemasaran dapat dilakukan dengan membuka program reseller atau dropshipper dimana kamu membuka kesempatan kepada orang lain untuk menjual produk atau jasa kamu dengan merek mereka sendiri. Selain itu kamu juga bisa membuka program affiliate atau agen untuk meningkatkan pengenalan merek kamu sekaligus meningkatkan omset.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here