Beranda Memulai Bisnis 8 Tips Memulai Bisnis Untuk Sukses Yang Harus Kamu Ketahui

8 Tips Memulai Bisnis Untuk Sukses Yang Harus Kamu Ketahui

232
0
tips memulai bisnis untuk sukses
image credit : stocksnap.io

Apakah kamu adalah seorang pengusaha pemula yang ingin memulai bisnis pertama kali dan mencari tips memulai bisnis untuk sukses? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat. Kami akan membantu kamu dalam memulai bisnis dan meraih kesuksesan. Kami percaya bahwa memulai bisnis pertama kali adalah sebuah lompatan besar yang membutuhkan berbagai persiapan untuk bisa meraih kesuksesan.

Oleh karena itu kamu perlu mempersiapkan diri dan mengetahui hal-hal penting terkait dengan bagaimana memulai bisnis untuk bisa sukses. Untuk membantu kamu dalam mempersiapkan diri, kami telah mengumpulkan tips memulai bisnis yang harus kamu ketahui untuk sukses.

 

1. Pilih Bisnis Yang Mempunyai Keterkaitan Erat Dengan Passion Kamu

Memulai, menjalankan dan mengembangkan bisnis membutuhkan usaha dan kerja keras. Selain membutuhkan usaha dan kerja keras, memulai, menjalankan dan mengembangkan bisnis mengharuskan kamu untuk menghadapi dan menyelesaikan berbagai macam hambatan dan persoalan yang menghadang bisnis kamu. Kedua hal tersebut ditambah dengan risiko kegagalan menjadikan memulai dan menjalankan bisnis menjadi hal yang berat dan dapat menimbulkan stress.

Oleh karena itu sangat penting untuk memilih bisnis yang secara alami kamu jalankan dengan senang dan sesuai dengan passion kamu. Jika tidak sesuai dengan passion kamu, maka kemungkinan besar kamu akan cepat menyerah begitu menghadapi hambatan atau cobaan yang berat dalam menjalankan bisnis tersebut.

 

2. Pertahankan dan Bangun Arus Kas Dari Pekerjaan Atau Pendapatan Pasif Lain

Mempertahankan dan membangun arus kas yang cukup untuk membiayai kehidupan sehari-hari adalah yang bijak. Hal ini karena setiap orang pasti membutuhkan penghasilan dalam jumlah tertentu untuk bisa bertahan hidup. Terlebih jika kamu mempunyai tanggungan untuk dibiayai seperti keluarga atau kerabat yang membutuhkan.

Oleh karena itu jika memungkinkan, kamu dapat memulai bisnis selagi masih bekerja sebagai pegawai untuk mempertahankan arus kas yang kamu butuhkan. Selain itu akan lebih baik lagi jika kamu mulai membangun sumber pendapatan pasif disamping bekerja untuk mempersiapkan keuangan kamu sebelum meluncurkan bisnis kamu.

Baca Juga : Bagaimana Memulai Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

3. Tulis Rencana Bisnis Sebelum Memulai Bisnis

Tips memulai rencana bisnis untuk sukses yang ketiga adalah tulis rencana bisnis. Menulis rencana bisnis sebelum memulai bisnis dapat memberikan kamu pengetahuan lebih mendalam mengenai bisnis yang ingin kamu mulai. Dengan menulis rencana bisnis kamu dapat mengetahui lebih dalam iklim persaingan, target pasar yang ingin kamu fokuskan, kebutuhan modal, dan memikirkan apa pembeda bisnis kamu dengan bisnis yang sudah ada untuk bisa bersaing. Disamping itu menulis rencana bisnis adalah suatu keharusan jika kamu berencana untuk mencari investor untuk membiayai bisnis kamu.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menulis Rencana Bisnis 

 

4. Bangun Dukungan Dari Keluarga, Teman dan Mentor 

Tips memulai bisnis untuk sukses yang keempat adalah membangun dukungan dari keluarga, teman dan mentor. Memulai bisnis akan lebih mudah jika kamu mempunyai orang-orang yang mendukung kamu dalam meraih mimpi kamu menjadi seorang pengusaha sukses. Untuk itu sebelum memulai bisnis kamu perlu berkomunikasi dengan orang-orang terdekat kamu seperti keluarga atau teman dekat kamu dan mintalah dukungan serta doa mereka. Namun jika keluarga atau teman memberikan respon yang skeptis atau negatif terhadap mimpi kamu janganlah berkecil hati dan coba yakinkan mereka bahwa apa yang kamu tempuh adalah jalan yang benar.

Mempunyai orang-orang yang bisa mendukung kamu akan sangat penting disaat bisnis kamu mengalami hambatan atau krisis dan untuk melewatinya. Lebih baik lagi jika kamu dapat mencari mentor bisnis yang dapat memberikan tips-tips serta berbagi pengalaman mengenai bagaimana memulai, menjalankan dan mengembangkan bisnis.

 

5. Cari Pelanggan Sedini Mungkin

Tidak ada bisnis yang dapat bertahan tanpa adanya pelanggan yang menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis tersebut. Oleh karena itu mencari pelanggan sedini mungkin adalah suatu hal yang penting. Jangan menunggu sampai peluncuran resmi dari bisnis kamu untuk mencari pelanggan.

Manfaatkan jeda waktu persiapan memulai bisnis dengan waktu peluncuran resmi bisnis kamu dengan mencari calon pelanggan yang tertarik menggunakan produk atau jasa kamu. Caranya? buatlah halaman website bisnis kamu dari sedini mungkin. Jelaskan layanan atau produk yang kamu berikan dan kumpulkan alamat email serta nomor telepon bagi pengunjung website yang tertarik dengan bisnis kamu. Share dan sebarkan halaman website tersebut di Social Media.

Tidak perlu mencari hosting yang mahal untuk membuat halaman website awal kamu. Cukup Rp. 15.000/bulan atau Rp. 180.000/tahun untuk hosting website kamu. Untuk mengumpulkan alamat email dan telepon bagi yang pengunjung yang tertarik gunakan WordPress dan themes yang menawan seperti launch-kit dari Themeforest ini.

launch wordpress, launch page wordpress, coming soon wordpress

[button-green url=”https://themeforest.net/item/launchkit-landing-page-marketing-wordpress-theme/11323554?ref=firmanazra” target=”_blank” position=”center”]Info/Download[/button-green]

 

6. Mencari Validasi Permintaan Pasar Sebelum Memulai Bisnis

Penyebab terbesar dari kegagalan suatu bisnis adalah tidak adanya permintaan pasar terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis tersebut. Untuk mencegah hal tersebut mencari validasi permintaan pasar sebelum memulai bisnis sangatlah penting. Langkah mencari validasi bisnis ini juga merupakan langkah penting dalam metode Lean Startup  untuk mengurangi asumsi yang tidak pasti dan menjawab pertanyaan penting sebelum memulai bisnis yaitu apakah ada pasar untuk produk/jasa ini?

Untuk mencari validasi permintaan pasar secara sederhana dapat dilakukan dengan membentuk profil pelanggan ideal bisnis kamu dan menanyakan pertanyaan penting untuk menjawab asumsi vital dari bisnis kamu.

 

7. Bangun Kemitraan dan Jaringan Profesional

Membangun kemitraan dan jaringan profesional adalah hal yang penting. Meraih kesuksesan dengan membentuk jaringan yang mempunyai tujuan yang sama dan pemikiran yang sejalan jauh lebih mudah karena kamu bisa mendapatkan nasihat yang bernilai dan berharga, kesempatan bisnis, atau bahkan perkembangan industri terbaru untuk memastikan kamu berada di bagian terdepan di industri yang kamu pilih.

 

8. Terapkan Kedisplinan Keuangan Sejak Awal

Tips memulai bisnis untuk sukses adalah terapkan kedisplinan keuangan sejak awal. Mengetahui posisi keuangan serta mempunyai kedisplinan keuangan sangat penting untuk meraih kesuksesan bisnis. Tanpa mengetahui posisi keuangan bisnis kamu dapat melakukan kesalahan fatal yang dapat membangkrutkan bisnis kamu seperti terlalu cepat berekspansi, terlalu cepat mempekerjakan karyawan baru, terlalu banyak membeli persediaan barang dan banyak lagi. Selain itu tanpa kedisiplinan keuangan dapat dipastikan bisnis kamu akan sulit berkembang karena keuntungan yang diperoleh dari bisnis kamu tidak digunakan secara efisien untuk hal-hal yang benar-benar meningkatkan penjualan atau keuntungan bisnis kamu.

Untuk menerapkan kedisiplinan keuangan dan mengetahui posisi keuangan bisnis kamu, sangat penting untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan secara mendetail dan melakukan kajian terhadap pencatatan tersebut secara rutin.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here