Beranda Memulai Bisnis 5 Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal

5 Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal

520
0
cara memulai bisnis tanpa modal, memulai bisnis tanpa modal, cara memulai usaha tanpa modal
image credit : stocksnap.io

Salah satu pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh entrepreneur pemula adalah, bagaimana cara memulai bisnis tanpa modal? Masih banyak entrepreneur yang terjebak oleh pemikiran bahwa untuk memulai bisnis memerlukan modal yang besar. Pemikiran tersebut bahkan menjadi pembenaran untuk selalu menunda untuk memulai bisnis. Pada akhirnya pemikiran tersebut hanya akan mengakibatkan mimpi kamu menjadi pengusaha hanya menjadi sebuah angan-angan saja.

Untuk meluruskan persepsi bahwa memulai bisnis memerlukan modal yang besar kamu dapat membaca artikel 5 Kisah Inspiratif Pengusaha Indonesia Sukses Membangun Bisnis Dari Nol. Dalam artikel tersebut dapat dilihat bahwa sebenarnya banyak pengusaha sukses yang memulai usaha dengan modal kecil dan berawal dari bisnis yang kecil.

Perlu dipahami bahwa cara memulai bisnis tanpa modal memerlukan pendekatan kreatif dan mengandalkan kerja keras, namun bukan berarti memulai bisnis tanpa modal adalah suatu hal yang mustahil. Untuk membantu kamu yang ingin memulai bisnis tanpa modal berikut ini kami uraikan 5 cara memulai bisnis tanpa modal yang  bisa kamu coba.

 

1. Mulai Bisnis Dari Yang Kecil Dan Investasikan Keuntungannya

Memulai bisnis skala kecil tidak membutuhkan modal yang besar. Menjual donat, gorengan, menjadi dropshipper, dan menjadi reseller baju hanyalah sedikit dari bisnis skala kecil yang dapat dimulai dengan modal minim. Dengan memulai dari bisnis yang kecil dan menerapkan kedisiplinan untuk menginvestasikan keuntungannya dengan cara menyimpan keuntungan yang kamu peroleh kedalam deposito atau reksadana maka kamu dapat mengembangkan bisnis yang kecil tersebut menjadi bisnis yang besar tanpa harus meminjam.

Jika kamu bingung mencari ide bisnis yang dapat dijalankan dengan modal kecil baca artikel ini untuk mendapatkan inspirasi:

2. Memulai Bisnis Tanpa Modal Dengan Menjual Jasa 

Banyak dari bisnis yang menjual jasa dapat dimulai dengan tanpa modal. Contohnya bisnis konsultan, bisnis marketing social media, bisnis endorsement, bisnis pijat panggilan, bisnis pengetikan, bisnis penulisan artikel dan bisnis penerjemah dapat dimulai dengan tanpa modal atau dengan modal kecil. Bagaimana jika kamu tidak mempunyai keahlian yang dapat dijadikan jasa? Investasikan waktu luang kamu dengan belajar ilmu tertentu yang dapat dijual sebagai sebuah jasa.

Sebagai cara  untuk mempromosikan jasa yang kamu jual, iklankan jasa yang kamu jual di situs-situs seperti OLX, Sribulancer.com, dan FJB Kaskus.

 

3.    Memulai Bisnis Tanpa Modal Dengan Menjual Produk Handmade

Membuat sendiri produk yang dijual membutuhkan modal yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan menjual produk yang sudah jadi. Selain itu produk handmade yang dibuat dengan baik biasanya mempunyai nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk buatan pabrik. Dengan menggunakan sarana online marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Qlapa.com dan Etsy.com untuk memasarkan produk kamu maka modal yang dibutuhkan hanyalah bahan dasar dan peralatan untuk membuat produk.

 

4. Memulai Bisnis Tanpa Modal Dengan Membuat Minimum Viable Product

Salah satu cara memulai bisnis tanpa modal adalah dengan membuat Minimum Viable Product (“MVP“) dan mencari pelanggan yang mau memesan produk secara preorder ataupun mencari investor yang tertarik mendanai pengembangan MVP. Biasanya bisnis yang dibangun dengan membuat MVP dan mencari investor adalah bisnis start-up/rintisan.

Contohnya Go-Jek yang membuat MVP berupa call center pemesanan ojek dan kemudian mengembangkan aplikasi mobile sederhana untuk melakukan pemesanan. Selain Go-Jek, Tokopedia adalah contoh bisnis yang dibangun dengan membuat MVP. William Tanuwijaya saat itu memulai Tokopedia dengan mencari investor bermodalkan MVP berupa mock up website online marketplace yang menjadi ide awal Tokopedia.

 

5. Memulai Bisnis Tanpa Modal Dengan Menggunakan Sistem Pre-Order dan Uang Muka

Menggunakan uang dari pelanggan adalah salah satu cara dalam memulai bisnis tanpa modal. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan sistem pre-order atau mengenakan uang muka kepada pelanggan yang ingin membeli produk atau menggunakan jasa bisnis kamu.

Dengan mengenakan sistem pre-order atau mengenakan uang muka kepada pelanggan kamu dapat memanfaatkan arus kas dari pre-order dan uang muka tersebut untuk membuat produk yang dipesan atau digunakan sebagai biaya operasional untuk memberikan jasa yang dipesan oleh pelanggan. Sistem pre-order ini dapat kamu gunakan di beberapa online marketplace seperti Tokopedia atau dengan membuat halaman prelaunch/preorder di website kamu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here