Beranda Memulai Bisnis 9 Kriteria Dalam Memilih Partner Bisnis Yang Tepat

9 Kriteria Dalam Memilih Partner Bisnis Yang Tepat

340
0
BERBAGI
memilih partner bisnis yang tepat, diskusi bisnis
image credit : pexels.com
memilih partner bisnis yang tepat, diskusi bisnis
image credit : pexels.com

Dalam memulai bisnis, salah satu hal yang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara memilih partner bisnis yang baik. Wajar jika pertanyaan tersebut seringkali muncul, memulai bisnis dengan partner dapat menjadi solusi dalam menyelesaikan masalah dalam memulai bisnis seperti kurangnya modal, tempat usaha, jaringan atau pengalaman.

Memilih partner bisnis yang tepat menjadi sangat penting karena tidak semua orang dapat menjadi partner bisnis yang baik. Dibutuhkan lebih dari sekedar ikatan pertemanan yang baik untuk menjadikan seseorang menjadi seorang partner bisnis yang baik. Berikut ini 9 kriteria yang harus kamu lihat untuk memilih partner bisnis yang tepat.

Baca Juga : Bagaimana Mencari Co-Founder Yang Tepat

 

1. Passion

Memulai dan menjalankan bisnis tidaklah mudah, kemungkinan besar kamu akan menemui hambatan dan masa-masa yang sulit. Bertahan dari masa-masa yang sulit tersebut membutuhkan motivasi yang besar. Oleh karena itu kriteria pertama yang harus diperhitungkan dalam memilih partner bisnis yang tepat adalah apakah dia mempunyai passion yang sejalan dengan kamu atau tidak.

Dengan mempunyai passion yang sejalan dengan kamu, partner bisnis mempunyai kemungkinan yang lebih besar untuk bertahan dimasa-masa yang sulit. Selain itu, partner bisnis yang mempunyai passion yang sejalan akan menambah motivasi kamu sendiri untuk berusaha lebih giat.

Selain itu bekerja dengan partner bisnis yang mempunyai passion yang sejalan akan mempercepat dan mempermudah pencapaian target perusahaan. Hal ini karena  jauh lebih mudah bekerja dengan orang yang secara sendirinya termotivasi untuk bekerja dibandingkan dengan orang yang harus didorong untuk menyelesaikan tugasnya.

 

2. Jujur dan Dapat Dipercaya

Kejujuran dan kepercayaan adalah fondasi utama dalam setiap hubungan bisnis. Hal tersebut berlaku juga dalam hubungan kamu dengan partner bisnis kamu dalam mendirikan usaha dan menjalankan bisnis. Sebuah bencana bagi kamu apabila partner bisnis kamu rupanya adalah orang yang tidak jujur dan tidak dapat dipercaya, mulai dari pencurian ide bisnis, klien bahkan penggelapan dapat terjadi jika partner bisnis kamu tidak jujur.

Oleh karena alasan tersebut, jujur dan dapat dipercaya adalah kriteria terpenting dalam memilih partner bisnis yang tepat. Tetapi walaupun partner bisnis kamu jujur dan dapat dipercaya janganlah mengesampingkan untuk membuat perjanjian tertulis secara jelas untuk menghindari kesalahpahaman ataupun risiko perubahan diri partner bisnis kamu dimasa depan.

 

3. Kesamaan Visi dan Misi

Mempunyai partner bisnis dengan visi dan misi yang sama dengan kamu dapat menghindari perbedaan pendapat dalam bagaimana mengembangkan bisnis kedepannya. Perpecahan antara partner bisnis karena perbedaan visi dan misi dapat berakibat fatal dan merugikan. Selain itu akan lebih mudah bagi kamu untuk mencapai target bisnis yang telah ditentukan jika kamu bekerja dengan orang yang mempunyai visi dan misi yang sama dengan kamu.

 

4. Toleran Terhadap Risiko

Tidak ada jaminan dalam bisnis jika suatu bisnis dapat menghasilkan keuntungan atau mencapai kesuksesan. Dalam memulai dan menjalankan bisnis selalu terdapat risiko, apalagi terkadang terdapat situasi dimana untuk mencapai target bisnis tertentu kamu butuh mengambil risiko tertentu.

Oleh karena itu akan sangat bijak jika memilih partner bisnis yang toleran terhadap risiko. Jika kamu memilih partner bisnis yang tidak sanggup menanggung risiko, kamu mungkin akan kesulitan untuk mencapai target kamu.

 

5. Kemudahan Komunikasi

Setiap keputusan bisnis dan bekerja sama sebagai sebuah tim secara efisien dan efektif membutuhkan komunikasi yang baik. Tanpa adanya komunikasi yang baik akan terjadi kesalahan-kesalahan yang dapat berakibat fatal dan menimbulkan kerugian bagi bisnis kamu. Selain itu komunikasi yang baik akan sangat berpengaruh kepada motivasi perusahaan kamu dan efisiensi kerja bisnis kamu. Oleh karena itu memilih partner bisnis yang dapat mudah berkomunikasi dengan kamu sangatlah penting.

 

6. Mempunyai Kelebihan Yang Melengkapi

Tidak ada orang yang sempurna dan setiap orang pasti mempunyai kelemahan. Kamu bukan pengecualian dari hal tersebut, kamu pasti memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri. Misalnya mungkin kamu mempunyai kelebihan dalam aspek bisnis dan keuangan tetapi mempunyai masalah dalam aspek teknis dari produk perusahaan, sehingga kamu membutuhkan partner bisnis yang mempunyai kelebihan dan kemampuan dalam aspek teknis tersebut.

 

7. Kekuatan Modal

Dalam hal kamu tidak mempunyai modal yang dibutuhkan dalam memulai bisnis maka memilih partner bisnis yang mempunyai kekuatan modal untuk mendukung kamu adalah hal yang patut dipertimbangkan. Hal tersebut menjadi sangat penting apabila bisnis yang ingin kamu mulai membutuhkan modal yang tidak dapat kamu penuhi sendiri dan kamu juga tidak dapat memperoleh modal yang dibutuhkan melalui pinjaman atau pembiayaan dari bank atau investor eksternal.

 

8. Pengalaman

Pengalaman mempunyai pengaruh besar dalam mengambil keputusan yang tepat dan menyelesaikan suatu tugas secara cepat. Jika kamu tidak pernah terjun kedalam bisnis yang kamu ingin mulai, akan sangat baik untuk melibatkan partner bisnis yang mempunyai pengalaman dalam bidang tersebut.

Partner bisnis yang mempunyai pengalaman dibidang bisnis tersebut akan sangat membantu kamu dalam menghadapi kesulitan. Seorang partner bisnis yang baik akan mampu memberikan solusi yang sangat kuat dan menghindari kesalahan pengambilan keputusan yang dapat merugikan perusahaan kamu.

 

9. Kreativitas

Seorang partner bisnis yang mempunyai kreatifitas selalu menjadi aset besar untuk setiap perusahaan. Mereka memiliki kapasitas untuk membuat ide dan solusi yang baru dan inovatif. Hal tersebut sangat penting bagi bisnis yang baru untuk bisa bersaing dengan bisnis yang sudah ada sebelumnya. Dengan adanya solusi atau ide baru yang ditawarkan oleh perusahaan kamu maka akan lebih besar kemungkinan bisnis kamu menonjol dan bertahan dari tekanan persaingan.

 

memilih partner bisnis yang tepat, diskusi bisnis
image credit : pexels.com
>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here