Beranda Memulai Bisnis Bagaimana Memulai Usaha Sampingan Bagi Karyawan

Bagaimana Memulai Usaha Sampingan Bagi Karyawan

279
0
usaha sampingan, usaha sampingan karyawan
bagaimana memulai usaha sampingan bagi karyawan
usaha sampingan, usaha sampingan karyawan, memulai usaha sampingan
bagaimana memulai usaha sampingan bagi karyawan

Memulai usaha sampingan adalah salah satu solusi bagi mereka yang menemukan bahwa peluang untuk berkembang lebih jauh dari sisi karir ataupun pendapatan dari pekerjaan yang sudah dimiliki sudah terbatas. Menjadi seorang entrepreneur memang memberikan kesempatan untuk mengembangkan bisnis yang memberikan potensi pendapatan yang jauh lebih besar daripada menjadi seorang karyawan.

Namun tentu pada saat anda memutuskan untuk merintis jalan menjadi seorang entrepreneur anda mungkin mempunyai berbagai keperluan dan tanggungan yang membuat anda tidak bisa serta merta meninggalkan pekerjaan anda sebagai seorang karyawan. Dan masalah itulah yang kemudian menjadi alasan paling umum bagi mereka yang ingin menjadi entrepreneur tapi tidak pernah memulai usaha mereka sendiri.

Padahal sebenarnya terdapat jalan lain yaitu memulai usaha sampingan dan membangun bisnis anda selagi masih bekerja sebagai karyawan. Anda tetap bekerja sebagai karyawan di jam kerja dan kemudian diluar waktu kerja, akhir pekan dan waktu cuti anda mendedikasikan waktu anda untuk membangun usaha sampingan anda.

Walaupun hal tersebut berarti anda hanya membangun bisnis anda di luar jam kerja kantor tetapi hal tersebut tidak mengurangi kemungkinan berhasil anda. Justru dari riset yang dirilis oleh The Academy of Management Journal menunjukkan bahwa pilihan untuk memulai usaha sampingan selagi masih bekerja sebagai karyawan mengurangi risiko kegagalan 1/3 lebih kecil dibanding mereka yang keluar dari pekerjaan untuk memulai usaha mereka.

Riset tersebut juga menyebutkan beberapa contoh entrepreneur terkenal yang sukses yang mengambil jalan tersebut. Contohnya Steve Wozniak yang memulai Apple bersama dengan Steve Jobs saat dirinya masih menjadi karyawan di Hewlett Packard sampai Henry Ford yang memulai bisnisnya saat dia masih menjadi karyawan di perusahaan Edison Illuminating Company.

Namun, memulai usaha sampingan selagi masih menjadi seorang karyawan tidaklah mudah. Berikut ini cara yang harus anda lalui untuk memulai usaha sampingan bagi karyawan:

 

1. Temukan Alasan Kuat Untuk Memulai Usaha Sampingan

Memulai usaha sampingan selagi masih menjadi karyawan berarti mengorbankan waktu luang bisa anda manfaatkan untuk bersosialisasi dengan teman anda, hobi atau untuk bersama dengan keluarga. Tanpa alasan yang kuat untuk mengingatkan anda betapa pentingnya mendedikasikan waktu anda untuk membangun usaha sampingan tersebut cepat atau lambat anda akan berhenti dan menyerah untuk membangun usaha sampingan anda.

Alasan untuk memulai usaha sampingan bisa sederhana seperti ingin mempunyai penghasilan yang lebih besar, meraih kebebasan finansial, mempunyai waktu yang lebih fleksibel dan lain-lain. Carilah alasan kuat yang memberikan anda perasaan emosional yang kuat dan membantu anda dalam membayangkan apa yang akan terjadi jika anda tidak mendedikasikan waktu anda untuk membangun usaha sampingan.

 

2. Tetapkan Target dan Jadwal

Tanpa memiliki target yang jelas dan jadwal, akan sangat mudah bagi anda untuk terbawa arus kesibukan sehari-hari dan mengesampingkan tindakan yang dibutuhkan untuk membangun usaha sampingan anda. Untuk itu tahapan ini sangatlah penting untuk dilakukan, untuk membantu anda download aplikasi mobile seperti GoalPlus dan Loop.

Rencanakan waktu yang akan anda gunakan pada setiap minggu untuk melakukan sesuatu yang akan membangun bisnis anda. Mulailah dari hal yang kecil dan dapat dilakukan, seperti mencari ide bisnis yang tepat, mencari nama bisnis yang tepat, membuat logo dan membuat website bisnis anda.

 

3. Temukan Ide Bisnis Anda

Jika anda belum mempunyai ide bisnis yang spesifik untuk memulai usaha sampingan anda, mulailah dengan mencari ide bisnis yang sesuai dengan anda. Titik paling awal untuk menemukan ide bisnis yang tepat adalah dengan mencari bidang yang anda sukai dan anda punya pengetahuan yang cukup banyak di bidang tersebut.

Terkait : Bagaimana Menemukan Ide Bisnis Yang Tepat

Memulai usaha di bidang yang anda sukai memberikan anda alasan lebih besar untuk mencintai usaha sampingan yang sedang anda rintis dan secara konsisten meluangkan waktu membangun bisnis anda. Tetapi pengetahuan yang cukup dibidang tersebut juga sangat penting untuk mencegah anda terjatuh dalam kegagalan yang sebenarnya dapat anda hindari jika anda memiliki pengetahuan yang memadai di bidang tersebut.

Banyak sekali ide bisnis yang bisa anda mulai dan jalankan sebagai usaha sampingan. Anda tidak harus menemukan ide bisnis yang benar-benar unik, anda hanya perlu menemukan ide bisnis yang bisa anda kembangkan menjadi lebih baik dibanding kebanyakan perusahaan lain di bidang tersebut.

 

4. Tulis Rencana Bisnis Anda

Menulis rencana bisnis untuk memulai usaha sampingan anda memberikan anda fondasi yang lebih kokoh dalam membangun bisnis anda. Selain memberikan anda suatu dokumentasi yang jelas mengenai konsep bisnis yang ada dibenak anda dan bagaimana pemasaran akan dilakukan. Menulis rencana bisnis juga dapat memberikan pengetahuan yang baru dalam bidang usaha bisnis yang mau anda rintis tersebut.

Terkait : Panduan Lengkap Membuat Rencana Bisnis

Untuk memulai menulis rencana bisnis, anda mungkin tidak perlu membuat rencana bisnis yang benar-benar lengkap. Bagian seperti proyeksi keuangan dan rencana sumber daya manusia dapat anda kesampingkan sampai usaha sampingan anda telah berkembang menjadi suatu bisnis yang harus dikerjakan purnawaktu.

 

5. Mulai Membangun Dasar Bisnis Anda

Setelah langkah-langkah persiapan diatas telah selesai saatnya untuk mulai bergerak dan mengambil tindakan lebih lanjut untuk membangun bisnis anda. Untuk membangun dasar bisnis anda setidak-tidaknya anda harus menentukan hal-hal sebagai berikut:

Rantai suplai

Jika anda berjualan produk fisik maka anda harus menemukan darimana anda mendapatkan produk yang anda jual. Untuk ini anda bisa mendapatkan produk yang dijual dengan 3 cara yaitu membuat produk tersebut sendiri/menggunakan vendor, mendapatkan produk dari supplier, atau mendapatkan produk sebagai dropshipper.

Sekarang bagaimana menemukan vendor, supplier atau dropshipper yang anda butuhkan? cara paling mudah adalah dengan memanfaatkan pencarian secara online terlebih dahulu. Anda juga bisa mencari secara offline dengan mengikuti pameran-pameran atau expo bisnis di bidang yang anda minati, selain itu anda juga bisa membangun kontak dengan mencoba mendapatkan data pelaku usaha terkait dari dinas perdagangan setempat atau asosiasi bidang usaha terkait.

 

Infrastruktur

Untuk memulai usaha sampingan anda, anda harus mempunyai fasilitas yang dibutuhkan. Fasilitas disini mencakup infrastruktur fisik seperti tempat usaha, perlengkapan usaha dan peralatan usaha. Selain itu anda juga harus membangun infrastuktur yang dibutuhkan untuk pemasaran anda seperti banner, spanduk, logo dan lain-lain.

 

Jaringan Distribusi

Mulailah membangun jaringan distribusi yang akan anda gunakan untuk memasarkan produk anda. Jika anda bermaksud untuk memasarkan melalui media online maka anda harus membuat website, membuka toko di online marketplace dan profil social media agar pelanggan dapat menghubungi anda.

Terkait : Bagaimana Membuat Toko Online Dengan Woocommerce

 

6. Menarik Pelanggan Bisnis Anda

Setelah selesai membangun dasar operasi bisnis anda maka sudah saatnya untuk mulai menarik pelanggan dan membukukan pemasukan. Menarik pelanggan bisnis anda akan sangat bergantung kepada seberapa keras upaya pemasaran yang anda lakukan. Sebagai bisnis yang baru dimulai, tanpa adanya upaya pemasaran yang serius akan sulit untuk menarik pelanggan yang anda butuhkan.

Berikut cara-cara yang bisa anda lakukan untuk menarik pelanggan usaha sampingan anda:

Jaringan Pribadi

Ini adalah hal pertama yang harus anda lakukan, sebarkan informasi bahwa anda telah membuka usaha sampingan anda dan mintalah kenalan anda untuk mencoba produk atau jasa yang anda tawarkan. Jika perlu anda bisa memberikan masa percobaan atau tester. Sebagai catatan, banyak perusahaan yang melarang karyawannya untuk memiliki usaha sampingan oleh karena itu mungkin anda harus membatasi usaha pemasaran ini kepada orang-orang diluar perusahaan anda.

 

Promosi

Dalam memulai usaha sampingan yang paling penting adalah membangun kepercayaan dan basis pelanggan. Membangun kepercayaan dan basis pelanggan memberikan anda kesempatan untuk berkembang dalam jangka panjang. Terlebih karena anda masih mempunyai pekerjaan utama maka seharusnya anda tidak terdesak untuk membukukan keuntungan dengan segera.

Buatlah suatu promosi pembukaan usaha yang menarik dan membuat orang tidak ragu untuk mencoba. Sebagai contoh, jika anda memulai usaha sampingan cake dan cookies anda bisa promosi dengan membagikan sampel gratis, memberikan diskon besar untuk pembelian yang kedua dan memberikan diskon bagi pelanggan yang membagikan bisnis/produk anda di jaringan social media mereka.

 

<Pemasaran Online

Bisnis offline maupun online dapat memperoleh jumlah pelanggan yang signifikan melalui pemasaran online yang dilakukan dengan serius. Pemasaran secara online bisa anda lakukan dengan membuat website dan profile social media. Untuk membangun jumlah pengunjung website dan profile social media, anda harus mempelajari dan menerapkan Search Engine Optimization pada website anda.

Anda juga bisa menggunakan iklan online seperti facebook ads, google adsword dan iklan banner di website-website populer untuk membantu terbangunnya kesadaran merek akan bisnis anda.

 

Penutup

Dari tahapan-tahapan tersebut jelas bahwa memulai usaha sampingan bukanlah suatu hal yang mudah. Dibutuhkan kerja keras, dedikasi, dan pengorbanan yang tidak sedikit untuk membuat usaha sampingan anda menjadi bisnis yang sukses.

Tetapi tanpa memulai usaha sampingan anda dengan serius maka selamanya apa yang ingin anda raih akan tetap menjadi angan-angan belaka. Dengan memulai anda telah melangkah lebih jauh daripada kebanyakan orang yang hanya bisa membayangkan saja.

Jadi ikutilah langkah-langkah disini dan jika menemui kegagalan jangan patah semangat untuk terus mencoba lagi. Pada akhirnya anda akan mencapai hal yang anda inginkan tersebut. Semoga berhasil, dan jika ada ingin berdiskusi dengan saya, saya akan senang untuk menjawabnya dibagian komentar atau melalui akun social media kami.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here