Beranda Memulai Bisnis Bagaimana Memulai Bisnis Pakaian Online

Bagaimana Memulai Bisnis Pakaian Online

1138
0

Bisnis pakaian online adalah salah satu bisnis yang dapat dimulai dengan modal kecil namun mempunyai potensi keuntungan yang besar. Berbekal pemasaran secara online, kebutuhan modal untuk memulai bisnis fashion online dapat dihemat dengan menghilangkan kebutuhan sewa toko, karyawan, etalase, dan bahkan anda juga tidak membutuhkan stok barang apabila anda memulai usaha pakaian online dengan menjadi seorang dropshipper.

Bagi anda yang bingung untuk memulai bisnis pakaian online baik karena masalah supplier, memilih konsep, bagaimana membuat toko online, bagaimana melakukan pemasaran bisnis pakaian online sampai bagaimana mengembangkan bisnis anda, untuk membantu anda kami akan menjelaskan langkah-langkah memulai bisnis pakaian online.

 

1. Menentukan Target Pasar dan Konsep

bisnis pakaian online, memulai bisnis pakaian online, membuka toko pakaian online, membuka toko baju online, membuat toko baju online

Ini adalah langkah pertama untuk memulai bisnis pakaian online anda, sangat penting bagi anda untuk mengetahui target pasar dan konsep yang sesuai dengan anda.

Contohnya, jika anda adalah seorang penggemar berat drama korea dan mengetahui selera para penggemar korea maka anda bisa membuka toko online yang mengkhususkan diri kepada fashion korea.

Sebagai contoh lain, jika anda mempunyai pengetahuan yang mendalam mengenai momen-momen film yang inspiratif anda bisa membuat konsep clothing line yang terisnpirasi dari scenes atau quotes film-film legendaris atau terkenal.

Tuliskan ide-ide yang anda punya dalam buku catatan anda, urutkan sesuai dengan pemikiran singkat anda mengenai seberapa besar pasar yang ada untuk konsep anda dan seberapa besar pengetahuan anda terkait dengan konsep tersebut.

Catatan-catatan ide konsep tersebut dapat digunakan nantinya jika dalam proses berikutnya anda harus mengganti konsep.

 

2. Tulis Rencana Bisnis

Memulai bisnis pakaian online, dengan modal kecil ataupun modal besar jika anda serius untuk membesarkan bisnis tersebut meluangkan waktu untuk menulis rencana  bisnis sebelum memulai bisnis anda dapat menentukan keberhasilan anda.

Dengan menulis rencana bisnis anda dapat mendokumentasikan konsep yang anda inginkan dan menuangkannya secara lebih nyata dengan mengetahui dengan lebih rinci berapa uang yang anda butuhkan.

Selain itu menulis rencana bisnis juga mengharuskan anda untuk melakukan riset-riset pasar yang dapat memberikan anda pengetahuan lebih mendalam mengenai bagaimana kondisi persaingan yang ada untuk bisnis yang anda bangun.

Apabila kemudian setelah melakukan riset anda merasa bahwa peluang anda untuk bisa bertahan di konsep tersebut kecil, anda bisa mengganti konsep yang anda pilih ke konsep lain dan menghindari kerugian.

Setelah melakukan riset pasar anda harus membuat rencana pemasaran anda dalam rencana bisnis anda. Hal ini mencakup apa nama merek anda, konsep apa yang anda berikan, apa tagline yang menjadi motto anda, kegiatan pemasaran apa yang akan anda lakukan dan seberapa besar uang yang akan anda keluarkan untuk kegiatan pemasaran tersebut.

Mulailah untuk membangun merek anda dari hari pertama memulai bisnis, walaupun anda menjadi seorang dropshipper ataupun reseller pastikan bahwa barang yang anda jual sejalan dengan konsep yang ingin anda bawa untuk membangun pengikut merek anda sedini mungkin.

Baca Juga : Panduan Lengkap Membuat Rencana Bisnis

 

3. Mencari Supplier

Setelah menulis rencana bisnis, selanjutnya waktu untuk mempersiapkan rantai suplai produk anda. Pada tahap awal anda lebih baik memulai bisnis pakaian online anda dengan menjadi dropshipper atau reseller dulu.

Hal ini karena untuk memproduksi sendiri dengan metode outsource ke perusahaan konveksi akan membutuhkan modal yang cukup besar.

Menjadi dropshipper atau reseller juga mengurangi risiko yang anda tanggung nantinya karena dengan melalui tahap ini anda bisa melakukan tes pasar dengan biaya relatif rendah.

Cara paling mudah untuk mencari produk yang anda jual secara reseller atau dropship adalah dengan mencari menggunakan Search Engine seperti google dengan kata kunci yang sesuai dengan produk yang sesuai dengan konsep toko anda.

Misalnya jika anda mempunyai konsep toko online yang menjual pakaian fashion model korea gunakan kata kunci seperti “baju korea grosir”, “pakaian korea grosir”, “distributor baju korea” dan seterusnya.

Catatlah supplier yang anda temukan dalam catatan anda, tuliskan kontak dan range harga produk yang ditawarkan. Ketahui juga bagaimana kebijakan supplier anda dalam melakukan pembelian seperti minimum pembelian, dan exchange policy.

Pilihan lain untuk mendapatkan supplier adalah dengan mendatangi pusat-pusat grosir yang ada dikota anda dan mengunjungi toko-toko yang ada disentra grosir tersebut. Namun siapkan uang lebih karena supplier di pusat grosir biasanya mengharuskan anda untuk membeli paling tidak 1 seri atau 1 lusin untuk 1 model.

 

4. Membuat Website dan Social Media

memulai bisnis pakaian, memulai bisnis pakaian online, membuka toko pakaian online, membuka toko baju online, membuat toko baju online
Membuat toko online untuk bisnis pakaian online

Konsep adalah bagian vital dari identitas merek bisnis pakaian online anda, dan kesan pertama yang dilihat oleh pelanggan terhadap konsep tersebut sangatlah penting untuk membangkitkan koneksi antara merek anda dengan profil pembeli anda.

Oleh karena itu membuat website yang memiliki tampilan bagus sangatlah penting.

Anda tidak memerlukan website dengan tampilan yang heboh, yang terpenting pastikan tampilan website anda sesuai dengan merek anda. Untuk membuat website dengan tampilan yang menarik anda akan membutuhkan uang.

Walaupun begitu pada saat uang yang dibutuhkan untuk membuat website tidaklah semahal dulu.

Sekarang anda dapat membeli domain dan shared hosting dengan harga mulai dari Rp. 15.000 per bulan untuk membangun website anda dengan WordPress dan Woocommerce. Kami juga mempunyai panduan membuat toko online dengan WordPress.

Jika anda ingin lebih simpel lagi anda bisa membuat toko online dengan platform khusus Ecommerce seperti Jarvis Store dan Shopify.

Berikut ulasan singkat mengenai Jarvis Store dan Shopify.

 

JARVIS STORE

Platform E-commerce asli Indonesia yang bekerja disemua perangkat (PC, Laptop, Smartphone dan Tablet). Jarvis Store sudah punya 20.000 pengguna terdaftar.

Fitur sangat lengkap dan mudah digunakan selain itu anda dapat mencoba secara gratis dengan 20 produk dan 35 MB storage.

Tersedia juga paket premium bagi yang butuh penyimpanan serta jumlah produk lebih banyak sampai tidak terbatas dan banyak bonus seperti gratis desain logo, template premium, Support 30 Hari dan domain.

Biaya : Gratis – Rp.99 rb – Rp. 199 rb- Rp. 499 rb/bulan

Pelajari Lebih Jauh : Jarvis Store

 

SHOPIFY

Platform E-commerce multinasional yang sudah sangat berpengalaman sejak 2006.

Shopify melayani 300.000 toko online yang aktif diseluruh dunia. Keberhasilan platform Shopify dibuktikan bukan hanya dengan jumlah pelanggannya tetapi juga dengan jumlah transaksi yang fantastis yaitu US$ 20 miliar.

Kelengkapan fiturnya tidak perlu ditanyakan lagi, bahkan Shopify punya semacam virtual assitent pribadi untuk membantu anda dalam melakukan marketing. Tampilan toko onlinenya juga sangat cantik. Contohnya bisa dilihat disini.

Biaya : mulai dari US$ 29 /bulan

Pelajari Lebih Jauh : Shopify

 

Untuk social media, anda setidak-tidaknya harus mempunyai Facebook Page dan Instagram untuk berinteraksi dengan pelanggan anda. Sebagai tambahan anda juga bisa mempertimbangkan Pinterest untuk menambah saluran social media anda. Kami tidak akan membahas strategi social media marketing disini karena menurut kami strategi yang diambil berbeda-beda bergantung kepada konsep merek anda.

5. Pemasaran dan Mengumpulkan Pengikut

Pada tahap ini website dan social media anda sudah siap, dan waktunya untuk memulai penjualan dan memasarkan merek anda. Mulailah memberitahu kenalan-kenalan pribadi anda tentang jualan anda dan mintalah endorse dari mereka dalam social media mereka jika kemudian mereka puas dengan produk yang anda jual.

Selain itu pelajari bagaimana caranya melakukan Seach Engine Optimization pada website anda, anda bisa mempelajarinya secara gratis di Internet dan banyak sekali tips and trik yang bisa anda terapkan.

Gunakan strategi membangun search engine ranking yang tinggi semaksimal mungkin, anda juga bisa menggunakan beberapa forum-forum yang komunitasnya sesuai dengan profil pembeli anda untuk beriklan.

 

Penutup

Selamat, setelah melewati semua langkah-langkah diatas anda seharusnya sudah membukukan penjualan dan mulai mendapatkan arus kas. Namun jangan terlalu cepat mengambil keuntungan yang dihasilkan oleh bisnis anda, sebaiknya anda menggunakan keuntungan tersebut untuk mengembangkan bisnis anda baik dengan membeli tambahan stok barang atau untuk pemasaran anda.

Selain itu anda juga perlu berkomunikasi secara rutin dengan pembeli mengenai bagaimana pandangan mereka terhadap merek anda, mintalah pendapat mereka untuk masukan agar merek anda bisa berkembang menjadi lebih baik.

Akhir kata terima kasih telah membaca artikel mengenai bagaimana memulai bisnis pakaian online dari kami. Jika anda ingin berdiskusi anda bisa menghubungi kami melalui bagian komentar di artikel ini atau melalui akun-akun social media IDNtrepreneur. Salam dan semoga sukses untuk bisnis pakaian online anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here