modal usaha minuman jus buah
image : pexels.com

Bagaimana contoh rincian modal usaha minuman jus buah? Secara singkat usaha minuman jus buah dapat anda mulai dengan modal mulai dari 1 jutaan untuk membeli perlengkapan. Kemudian untuk modal persediaan anda membutuhkan sekitar 500 ribu rupiah untuk membeli bahan-bahan jus. Untuk detil dan perhitungan keuntungan mari baca artikel lebih lengkapnya dibawah.

Usaha jus buah termasuk salah satu usaha modal minim yang menjanjikan. Hal ini karena bisnis makanan dan minuman dikenal sebagai bisnis yang tidak ada matinya. Usaha jus buah termasuk salah satu usaha yang dapat dikategorikan seperti itu.

Usaha jus buah juga hanya membutuhkan peralatan dan modal yang relatif sedikit. Selain itu usaha yang satu ini juga relatif sederhana untuk dilakukan dan dapat mudah dipelajari.

Jika anda serius untuk memulai usaha juh buah berikut ini rincian modal usaha minuman jus buah dengan modal 2 jutaan.

Rencana Modal Usaha Minuman Jus Buah

Modal Perlengkapan Awal Usaha Jus

BarangHarga
Juicer/MixerRp400.000
Cup SealerRp650.000
Pisau dan TalenanRp50.000
Cooler Box 18LRp300.000
Meja LipatRp300.000
Spanduk/BannerRp100.000
TotalRp1.800.000

Modal perlengkapan tersebut anda butuhkan pada saat awal memulai. Jika anda mempunyai modal yang lebih besar anda bisa mempertimbangkan untuk membeli kulkas 2 pintu yang dapat anda gunakan untuk membuat batu es dan untuk menyimpan buah-buah persediaan anda.

Modal Operasional Usaha Jus

Selain modal awal berupa perlengkapan anda juga membutuhkan persediaan barang untuk produksi yang cukup untuk setidaknya satu minggu pertama. Adapun kebutuhan tersebut mencakup:

ItemHarga
Gelas dan SedotanRp100.000
Bahan Buah-BuahanRp700.000
Bahan lainnya (es batu, kental manis, gula)Rp100.000
TotalRp900.000

Dengan kebutuhan modal perlengkapan awal dan modal operasional awal tersebut maka total modal yang dibutuhkan adalah sebesar: Rp2.700.000

Analisis Keuntungan Usaha Jus Buah

tips usaha minuman jus buah
tips usaha minuman jus buah

Dengan asumsi anda bisa menjual setidaknya 30 cup jus buah perhari dengan harga rata-rata jus buah yang dijual sebesar Rp8.000 maka pendapatan bulanan anda dapat mencapai:

Pendapatan Usaha= 30 x 8.000 x 30 = Rp7.200.000

Selanjutnya untuk pengeluaran dengan asumsi anda tidak mempekerjakan karyawan untuk menjaga usaha jus anda dan juga memanfaatkan kios usaha sederhana tanpa tempat untuk duduk dengan sewa bulanan Rp 600.000 maka pengeluaran anda adalah sebesar:

Pengeluaran Usaha

  • HPP Bahan Produksi= 3.500 x 900 = Rp3.150.000
  • Sewa tempat= Rp500.000
  • Listrik= Rp203.000
  • Total: Rp3.830.000

Laba Operasional : Rp7.200.000 – Rp3.830.000 = Rp3.347.000

Dengan keuntungan tersebut maka secara analisis usaha dapat diperoleh beberapa rasio keuangan sebagai berikut:

Profit Margin = 46%

Return on Equity = 123%

Sponsored

Payback Period = 1 bulan

Berdasarkan perhitungan dan rasio keuangan dapat disimpulkan bahwa usaha jus buah sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Namun tingginya potensi keuntungan usaha minuman jus buah tersebut tidak juga terlepas dari tingginya risiko bisnis yang satu ini. Khususnya risiko terkait dengan persaingan pasar yang kuat di usaha minuman. Oleh karena itu diperlukan persiapan serta strategi yang matang untuk mengurangi risiko gagal dan meningkatkan kemungkinan sukses.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memulai Usaha Boba: Bubble Tea

Berikut ini beberapa strategi yang dapat anda terapkan agar usaha minuman jus buah anda bisa sukses:

1. Temukan Supplier Berkualitas

Kualitas rasa merupakan aspek penting dalam usaha makanan dan minuman yang sangat menentukan sukses tidaknya usaha. Hal ini juga berlaku untuk usaha jus.

Kesegaran dan konsistensi kualitas perlu anda perhatikan, tidak bisa hanya mempertimbangkan harga dalam memilih bahan baku. Oleh karena itu sangatlah penting bagi anda untuk bisa menemukan supplier berkualitas yang dapat menyediakan bahan baku buah berkualitas dengan harga terjangkau.

2. Mempunyai Strategi Pemasaran Yang Jelas

Banyaknya saingan usaha saat ini menjadikan upaya pemasaran yang efektif dan baik untuk memastikan anda dapat meraih dan mempertahankan pelanggan.

Upaya pemasaran yang efektif dan baik dalam hal ini mengharuskan anda mempunyai strategi pemasaran yang jelas. Anda tidak bisa hanya duduk diam dan berharap pelanggan datang.

Gunakan sosial media dan mintalah kolega anda untuk membantu mempromosikan usaha baru anda. Selain itu jangan lupa membuka akun Go-food, Grabfood, dan juga akun ecommerce lain untuk sarana promosi.

3.  Perhitungkan Kebutuhan Bahan Baku Dengan Cermat

Usaha jus buah membutuhkan buah segar sebagai bahan baku. Kebanyakan buah hanya mempunyai waktu simpan yang terbatas sebelum kualitasnya menurun dan bahkan tidak dapat dipakai lagi.

Jika anda mempunyai persediaan bahan baku yang terlalu banyak akibatnya anda akan mengalami kerugian. Untuk meminimalisir hal tersebut sangatlah penting bagi anda untuk memperhitungkan kebutuhan bahan baku dengan cermat sesuai dengan kemungkinan banyaknya penjualan di hari tersebut.

Lihatlah ramalan cuaca harian dan hindari membeli bahan baku yang banyak jika cuaca di hari tersebut hujan.

Sponsored
Artikulli paraprak5 Kesalahan Startup E-Commerce dan Solusinya
Firman adalah dosen manajemen di Fakultas Ekonomi & Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, internet entrepreneur,dan investor keuangan. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini