Beranda Memulai Bisnis 8 Peluang Usaha Anak Muda di Desa

8 Peluang Usaha Anak Muda di Desa

115
0
peluang usaha anak muda di desa
image credit: pexels.com

Apakah anda tinggal di desa? Apakah anda termasuk anak muda yang ingin sukses berwirausaha? Jika jawaban untuk kedua pertanyaan itu adalah ya teruslah membaca artikel ini. Disini kami akan membagikan beberapa peluang usaha anak muda di desa untuk inspirasi anda.

Hidup di desa berbeda dengan kota. Desa mempunyai tingkat kepadatan penduduk yang lebih rendah dari kota. Desa juga biasanya tidak mempunyai sarana dan prasarana yang sebaik di kota. Namun desa juga mempunyai kelebihan seperti biaya hidup yang rendah, suasana yang asri, harga tanah yang murah dan dapat dekat dengan bahan baku dari alam.

Dalam memulai suatu usaha faktor-faktor lingkungan haruslah diperhitungkan untuk memastikan usaha anda bisa sukses. Adanya perbedaan lingkungan di desa dengan kota berarti peluang usaha anak muda di desa juga berbeda dengan di kota. Banyak anak muda yang bingung mau memulai usaha apa di desa. Jangan khawatir karena kami akan memberikan inspirasi peluang usaha anak muda di desa sebagai berikut.

Usaha Anak Muda Di Desa

contoh usaha anak muda di desa
contoh usaha anak muda di desa

1. Usaha Kerajinan Tangan

Jika anda berlokasi di desa yang mempunyai sentra pengrajin kerajinan tangan hasil desa maka salah satu usaha anak muda di di desa yang dapat anda lakukan adalah usaha reseller kerajinan tangan.

Anda dapat menjual hasil kerajinan tangan melalui online marketplace, Facebook, TikTok dan berbagai saluran penjualan online lainnya. Mulailah dengan membuat konsep brand yang sesuai dengan kerajinan tangan yang anda jual. Kemudian rangkai cerita yang menarik untuk meningatkan nilai jual merek anda.

Setelah brand anda mempunyai cerita yang menarik dan konsep yang bagus bukannya tidak mungkin usaha kerajinan anda bahkan bisa mengekspor hasil produk desa anda ke luar negeri.

2. Usaha Budidaya Jamur

Desa biasanya mempunyai cuaca dan iklim yang segar dan lebih minim polusi dibandingkan dengan perkotaan. Dengan kondisi alam seperti itu salah satu peluang usaha anak muda di desa yang dapat dilakukan adalah usaha budidaya jamur.

Jamur dapat menjadi pilihan budidaya yang tepat bagi anak muda karena sifatnya yang relatif lebih mudah untuk dirawat dibandingkan dengan hewan atau tanaman budidaya lain.

Selain itu jamur juga dapat diolah menjadi berbagai makanan lain dan tidak hanya dapat dijual dalam bentuk segar. Sebagai contoh untuk jamur kuping dapat dijual dalam bentuk kering dan kemasan.

3. Usaha Keripik

bisnis keripik usaha anak muda di desa
bisnis keripik usaha anak muda di desa

Keripik singkong, pisang, ubi dan berbagai olahan keripik lain merupakan salah satu cemilan yang paling banyak dikonsumsi masyarakat. Sebagai salah satu cemilan yang paling banyak dikonsumsi usaha keripik juga menjadi salah satu usaha yang menghasilkan banyak pengusaha sukses.

Ambil contoh keripik Maicih dan keripik balado Christine Hakim yang keduanya mempunyai pasar tersendiri dan cukup dikenal oleh banyak orang.

Usaha keripik saat ini dapat anda lakukan dari desa sekalipun dengan memanfaatkan bahan baku keripik yang berkualitas yang menjadi hasil bumi desa anda. Kemudian anda bisa memasarkan keripik anda dengan membangun jaringan kemitraan di kota atau kabupaten terdekat. Anda juga bisa menjual keripik anda melalui media sosial dan online marketplace.

Baca Juga:Rincian Modal Usaha Jamur Kuping Yang Menjanjikan

4. Agen BriLink

Akses terhadap layanan perbankan dan keuangan sangatlah penting untuk melakukan berbagai hal saat ini. Namun dengan keterbatasan kantor cabang dan ATM yang ada di daerah pemberian layanan perbankan dan keuangan masih kurang dipenuhi.

Sponsored

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut anda dapat menjadi agen BriLink yang memberikan akses layanan perbankan dan keuangan kepada masyarakat di wilayah anda. Oleh karena itu menjadi agen BriLink dapat menjadi usaha anak muda di desa yang cocok untuk anda.

Dengan menjadi agen BriLink anda bisa memberikan berbagai layanan seperti transfer rekening, setor dan tarik tunai, bayar tagihan, referal pinjaman mikro dan lain-lain.

Anda kemudian mendapatkan penghasilan dari biaya transaksi yang dikenakan kepada pelanggan untuk layanan-layanan tersebut.

5. Usaha Mebel Knockdown

usaha furniture knockdown
credit : pexels.com

Jika anda hobi bertukang dan berkreasi maka salah satu usaha anak muda di desa yang dapat anda lakukan adalah usaha mebel knockdown.

Mebel knockdown adalah mebel yang dikemas dalam bentuk ringkas untuk kemudian baru dirakit untuk digunakan di rumah pembeli.

Dengan bentuk pengiriman yang lebih ringkas usaha mebel knockdown mempunyai keunggulan biaya pengiriman yang lebih murah dan kemudahan dalam penyimpanan persediaan.

Usaha ini cocok untuk dilakukan di desa karena anda dapat membuat bengkel mebel dengan biaya yang terjangkau dan memanfaatkan kedekatan dengan bahan baku jika di desa anda terdapat pusat produksi hasil kayu.

6. Usaha Servis Motor

Sepeda motor merupakan salah satu moda transportasi utama untuk masyarakat pedesaan. Oleh karena itu pasar yang melayani motor di desa tersebut dapat menjadi peluang usaha anak muda di desa yang menjanjikan.

Salah satu layanan berkaitan dengan motor yang pasti dibutuhkan adalah jasa servis atau bengkel motor. Untuk bisa memberikan jasa servis motor ini anda harus mempunyai pengalaman sebagai mekanik terlebih dahulu.

Anda dapat belajar di bengkel lain selama beberapa tahun untuk mengumpulkan pengetahuan yang diperlukan terlebih dahulu. Setelah anda mempunyai pengalaman yang cukup anda bisa membuka bengkel motor sendiri di desa anda.

7. Usaha Agen Tur dan Travel

Banyak sekali desa yang dikaruniai dengan pemandangan alam yang bagus dan budaya yang unik sehingga cocok untuk wisata. Usaha agen tur dan travel di desa anda dapat menjadi salah satu peluang usaha yang tepat jika desa anda cukup mudah dijangkau dari kota besar dan mempunyai objek wisata yang menarik.

Untuk memulai usaha yang satu ini anda tidak memerlukan modal besar. Modal utama anda adalah keahlian pemasaran, handphone untuk membuat konten dan menggunakan keduanya untuk menarik wisatawan yang melihat foto-foto atau konten wisata yang anda tawarkan.

8. Usaha Ternak Kambing

Wilayah pedesaan umumnya mempunyai banyak tumbuhan dan tanaman yang cocok untuk ternak kambing. Selain itu di desa harga tanah yang cenderung murah juga membuat usaha ternak kambing relatif lebih murah untuk dilakukan karena biaya tanah yang rendah.

Usaha ternak kambing ini cocok untuk anak muda karena perawatannya yang tidak sesulit sapi, dapat dimulai dengan modal kecil dan perputaran modal yang lebih cepat.

Sponsored

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini