usaha yang tahan resesi
image credit: pexels.com

Menurunnya kondisi ekonomi saat ini meningkatkan kekhawatiran banyak orang akan terjadinya resesi atau krisis ekonomi. Hal ini dapat dipahami karena resesi dapat mengakibatkan pengangguran meningkat dan bisnis mengalami kebangkrutan. Namun tidak semua bisnis mengalami dampak yang sama akibat resesi, ada beberapa usaha yang tahan resesi dan bahkan dapat terus tumbuh.

Membangun usaha yang tahan resesi dapat menjadi strategi yang baik sebagai “asuransi” yang memungkinkan anda melewati resesi dengan lebih baik dan kuat. Jika anda tertarik untuk memulai bisnis yang tahan akan penurunan kondisi ekonomi tersebut berikut ini beberapa peluang usaha yang tahan resesi dan menjanjikan.

1. Usaha Barbershop

usaha barbershop, usaha yang tahan resesi
image credit : stocksnap.io

Orang-orang tidak akan berhenti memotong rambut karena kondisi ekonomi yang lesu. Kenyataan tersebut menjadi alasan mengapa usaha barbershop dapat termasuk sebagai salah satu usaha yang tahan resesi.
Disisi lain potensi keuntungan dari usaha barbershop tergolong cukup menjanjikan. Keuntungan dari usaha barbershop bisa mencapai lebih dari 50%. Selain itu usaha barbershop ini juga menjadi salah satu kebutuhan dasar setiap pria sehingga akan selalu dibutuhkan.

2. Usaha Sembako

usaha sembako, usaha yang tahan resesi
usaha sembako

Sembako merupakan kebutuhan dasar setiap orang yang menjadi pilihan terakhir dalam pemotongan biaya hidup. Tingginya kebutuhan akan sembako untuk kehidupan sehari-hari menjadikan usaha sembako sebagai salah satu usaha yang tahan resesi.

Usaha sembako memang terkenal stabil dari segi permintaan. Tetapi anda tetap memperhatikan kesehatan keuangan usaha anda. Hindari memberikan kredit atau utang kepada pelanggan. Jika tidak anda bisa kekurangan modal usaha.

3. Usaha Apotek

Kesehatan adalah kebutuhan yang paling penting bagi setiap orang. Jika tidak sehat makan saja akan terasa tidak enak. Oleh karena itu resesi tidak akan membuat usaha yang berkaitan dengan kesehatan mengalami penurunan.

Usaha apotek menjadi salah satu usaha kesehatan yang menjanjikan karena modalnya yang relatif terjangkau. Selain itu usaha apotek berkaitan dengan kebutuhan banyak orang dan keseharian kesehatan orang.

4. Usaha Rumah Makan Padang

Usaha makanan-makanan sehari-hari seperti rumah makan padang sangat tahan dengan resesi. Berbeda halnya dengan usaha makanan minuman yang berkaitan dengan gaya hidup seperti kuliner tempat wisata, tempat makan nongkrong.

Ketahanan resesi usaha rumah makan padang tidak perlu diragukan lagi karena berkaitan langsung dengan kebutuhan keseharian banyak orang. Akan lebih baik lagi jika usaha rumah makan padang tersebut mempunyai pasar yang tahan resesi seperti kantin di instansi pemerintah, berlokasi dekat dengan apartemen dan sebagainya.

5. Usaha Servis AC

Semakin terjangkaunya harga AC membuat alat elektronik yang satu ini semakin jamak ditemukan penggunaan di kota-kota besar. AC menjadi salah satu kebutuhan dengan cuaca panas dan lembab di Indonesia. Penggunaan AC menjadi penting dalam kualitas kehidupan sehari-hari khususnya untuk tidur.

Oleh karena itu meskipun terjadi resesi kecil kemungkinan penggunaan AC akan berkurang secara signifikan. Dengan demikian usaha servis AC tetap memiliki permintaan yang tinggi dan relatif tahan terhadap resesi ekonomi.

Usaha yang satu ini juga tergolong menjanjikan karena potensi omzet hariannya yang cukup besar. Dimana setiap harinya usaha servis AC yang sudah mempunyai basis pelanggan cukup besar dapat meraup jutaan rupiah per hari.

6. Usaha Bengkel Motor

Motor saat ini telah menjadi salah satu moda transportasi utama bagi banyak orang di Indonesia. Transportasi yang layak tidak dapat dipisahkan dari kegiatan sehari-hari banyak orang.

Sepanjang resesi ekonomi tidak diakibatkan oleh pembatasan mobilitas sehari-hari seperti COVID-19 maka motor akan tetap banyak digunakan oleh orang untuk berbagai kegiatan mereka. Biaya jasa servis motor juga cukup menguntungkan dimana bengkel yang ramai dapat menghasilkan keuntungan bersih hingga puluhan juta rupiah. Oleh karena itu usaha bengkel motor termasuk salah satu usaha tahan resesi yang menjanjikan.

7. Usaha Toko Susu dan Popok Bayi

Susu dan popok adalah kebutuhan dasar bayi yang akan selalu diperlukan meskipun terjadi krisis ekonomi. Selain itu Indonesia termasuk salah satu negara yang mempunyai tingkat kelahiran bayi yang cukup sehat sehingga prospek jangka panjang bisnis yang satu ini cukup baik.

Sponsored

Usaha toko susu dan popok bayi juga relatif terjangkau untuk dimulai khususnya jika anda berkonsentrasi pada merek-merek tertentu yang sesuai dengan target pasar yang sesuai dengan lokasi usaha anda.

8. Usaha Warkop

Warkop tradisional yang menjual Indomie, kopi sasetan, gorengan dan roti bakar dengan harga terjangkau untuk pasar kelas menengah kebawah pada umumnya lebih tahan terhadap penurunan kondisi ekonomi dibandingkan dengan kafe kelas menengah.

Selain itu usaha warkop juga mempunyai potensi keuntungan yang cukup menggiurkan dimana setidaknya anda bisa meraup keuntungan sekitar 40-50% dari omset. Usaha warkop sendiri berbeda dengan kebanyakan usaha makanan lain yang resiko persediaan tidak terjualnya tinggi, persediaan barang usaha warkop sebagian besar tahan lama sehingga resiko ruginya kecil.

9. Usaha Warteg

Warteg atau warung tegal dikenal luas di masyarakat Indonesia sebagai salah satu warung makan yang menawarkan berbagai macam masakan rumahan dengan harga terjangkau.

Warteg menjadi salah satu pilihan utama untuk membeli makanan siap santap bagi banyak kalangan mulai dari karyawan swasta, pegawai pemerintah, hingga mahasiswa. Karena harganya yang terjangkau dengan nilai tambah yang besar seperti kepraktisan, rasa yang enak usaha warteg ini tergolong tahan terhadap krisis.

10. Usaha Bakso dan Mie Ayam

Usaha bakso dan mie ayam salah satu usaha yang sudah banyak menjamur dimana-mana. Usaha ini memang mempunyai tingkat kompetisi yang cukup tinggi. Namun jika usaha bakso dan mie ayam anda sudah meraih cukup banyak pelanggan tetap maka resesi ekonomi pun tidak akan banyak berpengaruh terhadap usaha bakso anda.

Hal tersebut karena usaha bakso menerapkan harga yang relatif terjangkau untuk makanannya, sehingga meskipun terjadi resesi ekonomi orang banyak tetap dapat membeli bakso langganan mereka.

Baca Juga: Rincian Modal Warung Bakso dan Mie Ayam Sederhana

Sponsored
Artikulli paraprakBagaimana Cara Memulai Usaha Boba – Bubble Tea
Artikulli tjetërRincian Modal Usaha Jamur Kuping Yang Menjanjikan
Firman adalah dosen manajemen di Fakultas Ekonomi & Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, internet entrepreneur,dan investor keuangan. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini