Beranda Bisnis Online 5 Alasan Toko Online Penting Untuk Toko Offline

5 Alasan Toko Online Penting Untuk Toko Offline

105
0
toko online, ecommerce, online store
toko online dan ecommerce

Apakah anda seorang pengusaha yang mempunyai toko atau menjual produk/jasa secara offline? Jika ya, mungkin anda pernah berpikir untuk membuat toko online.

Tetapi entah karena penjualan toko offline anda yang selalu bagus, tidak mengerti bagaimana cara membuat toko online, atau tidak mengetahui apa alasan toko online penting untuk toko offline sampai saat ini anda belum membuat toko online tersebut.

Jika alasan anda belum membuat toko online karena belum mengetahui alasan toko online penting untuk bisnis offline teruslah membaca. Kami telah mengumpulkan 5 alasan toko online penting untuk toko offlne yang paling utama sebagai berikut.

 

1. Memperluas Jangkauan Penjualan

toko online, alasan toko online penting untuk toko offline
toko online memperluas jangkauan bisnis anda

Berbeda dengan toko offline yang hanya jangkauannya terbatas pada orang-orang yang berada atau mengunjungi daerah tersebut, toko online mempunyai jangkauan yang sangat luas.

Dengan membuat satu toko online anda dapat menjual produk atau jasa ke seluruh penjuru negeri atau bahkan ke luar negeri. Apakah hal tersebut dapat anda lakukan dengan toko offline? tentu tidak, anda harus membuka cabang untuk memperluas jangkauan penjualan anda dan mencapai pembeli didaerah lain.

 

2. Meningkatkan Reputasi Bisnis Anda

toko online meningkatkan reputasi bisnis
image credit : pexels.com

Reputasi yang baik adalah salah satu modal penting dalam setiap bisnis. Bayangkan bagaimana sulitnya menjual produk atau jasa jika anda dikenal tidak dapat dipercaya.

Jika dibuat dan dikelola dengan baik, toko online dapat meningkatkan reputasi bisnis anda. Manfaat tersebut dapat diperoleh bisnis anda dengan membuat halaman review dan testimonial. Anda juga dapat membagikan berbagai informasi mengenai bisnis anda seperti lingkup layanan dan promosi.

Oleh karena itu meningkatkan reputasi merupakan salah satu alasan toko online penting untuk toko offline.

 

3. Ketersediaan 24 Jam 

toko online selalu buka
toko online selalu buka beda dengan toko offline image credit : stocksnap.io

Inilah salah satu alasan terbaik mengapa toko online penting untuk toko offline anda. Dengan toko online anda tidak pernah menutup toko atau hadir secara fisik untuk melakukan penjualan.

Toko online selalu hidup setiap saat dan pembeli memiliki kemudahan untuk melakukan pembelian kapan saja mereka mau. Bahkan jika anda mempunyai tipe bisnis yang memberikan layanan secara offline, anda tetap dapat menghasilkan calon pembeli dengan memiliki toko online.

Fleksibilitas waktu untuk pembeli dan penjual dengan menggunakan toko online menghilangkan berbagai proses dalam suatu jual beli menjadi hilang dan memberi anda lebih banyak waktu untuk mengembangkan bisnis anda dan berkonsentrasi pada aspek lain dalam hidup anda.

 

4. Layanan Pelanggan Yang Lebih Baik

Salah satu alasan toko online penting untuk toko offline adalah toko online memberikan media untuk memberi pelayanan kepada pelanggan dengan lebih baik.

Dengan toko online anda dapat menjawab pertanyaan, memberikan tips dan trik produk, penjelasan produk yang terperinci dan menyelesaikan masalah pelanggan tanpa menghabiskan waktu anda.

Anda dapat membuat video, deskripsi produk, detail spesifikasi, halaman Pertanyaan dan Jawaban Umum atau FAQs (Frequently Asked Question) sekali dan anda dapat mengarahkan pelanggan anda ke halaman tersebut untuk bertahun-tahun.

Hal tersebut tidak hanya menghemat waktu anda dan pelanggan anda. Anda juga memberikan layanan yang lebih baik karena pelanggan mendapatkan jawaban dengan lebih cepat.

Dengan kehadiran online Anda bisa memberi mereka informasi yang mereka cari, dan tepat saat mereka mencarinya. Ini berarti lebih sedikit panggilan telepon dengan pertanyaan teknis dan lebih banyak penjualan.

 

5. Investasi Yang Kecil

Saat membuat toko online, anda tidak perlu membangun atau menyewa bangunan untuk toko fisik. Anda juga tidak harus  menyewa kasir dan staf penjualan dalam jumlah besar.

Anda dapat membuka toko online secara gratis di online marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee dan lainnya. Kemudian setelah menghasilkan keuntungan dari operasional toko online di marketplace gratisan tersebut anda bisa menyisihkan beberapa ratus ribu rupiah untuk membuat toko online sendiri.

Membuat toko online sendiri penting untuk mengantisipasi berubahnya syarat dan ketentuan website tempat anda “menumpang” berjualan atau diblokirnya akun bisnis anda.
Terlebih saat ini anda dapat membuat toko online sendiri dengan mudah menggunakan Worpress dan Woocommerce.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here