faktor kesuksesan bisnis dan bisnis
image credit : pexels.com

Apa faktor kesukses bisnis? Pertanyaan tersebut pasti muncul disetiap kepala calon pengusaha yang bermimpi memiliki bisnis yang sukses. Menjadi pengusaha sukses dan memiliki bisnis atau usaha yang menghasilkan keuntungan merupakan salah satu cita-cita yang dimiliki oleh banyak orang.

Wirausahawan sukses menarik bagi banyak orang karena berbagai alasan, mulai dari peluang menjadi bos bagi diri sendiri, potensi memberikan pendapatan yang besar, sampai aktualisasi diri.

Namun, disisi lain memulai bisnis dan mengembangkan usaha menjadi sukses tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Sebagian besar bisnis akan mengalami kegagalan dalam waktu kurang dari 3 tahun.

Bisnis yang sukses mempunyai beberapa faktor yang mendukung kesuksesan mereka, mengembangkan faktor-faktor tersebut dapat membantu peluang bisnis anda untuk menjadi salah satu bisnis yang sukses. Untuk membantu anda dalam mewujudkan mimpi anda berikut 5 faktor kesuksesan bisnis dan usaha yang paling penting untuk anda perhatikan.

Faktor Kesuksesan Bisnis dan Usaha Yang Utama

1. Mempunyai Keunggulan Kompetitif

Keunggulan kompetitif merupakan suatu hal unik yang hanya dapat dilakukan oleh bisnis anda yang tidak dapat ditawarkan oleh bisnis saingan anda. Keunggulan kompetitif oleh karena itu sangat penting bagi kesuksesan suatu bisnis karena keunggulan kompetitif memastikan anda dapat menawarkan suatu hal yang mempunyai nilai lebih kepada pelanggan anda.

Secara singkat terdapat 3 jenis keunggulan kompetitif. Pertama, keunggulan kepemimpinan biaya dimana bisnis anda dapat menawarkan produk kepada pelanggan dengan harga serendah mungkin. Hal ini dapat anda lakukan dengan memastikan biaya bisnis anda serendah dan seefisien mungkin. Kedua, keunggulan diferensiasi dimana anda menawarkan nilai yang lebih tinggi secara unik kepada pelanggan. Hal ini dapat anda berikan dari segi kualitas, pelayanan, merek, lokasi, desain dan lainnya. Dan terakhir, keunggulan fokus dimana anda dapat memfokuskan penawaran yang terbaik pada ceruk pasar tertentu.

Setiap bisnis yang sukses pasti mempunyai salah satu bentuk keunggulan kompetitif. Bahkan bisnis kecil yang sukses pasti mempunyai keunggulan kompetitif. Contohnya untuk rumah makan atau restoran yang sudah bertahan lama umumnya mempunyai keunggulan kompetitif diferensiasi berupa kualitas rasa dan reputasi merek mereka yang kuat di tingkat lokal. Oleh karena itu mempunyai keunggulan kompetitif merupakan salah satu faktor kesuksesan bisnis yang paling penting.

2. Kerja keras

faktor kesuksesan bisnis dan usaha
image credit : pixabay

Memulai dan membuat bisnis yang sukses adalah pekerjaan berat yang sulit. Tidak ada jalan pintas untuk sukses dalam berbisnis, bahkan dengan modal yang besar pun tidak ada jaminan bahwa bisnis anda akan sukses. Buktinya banyak sekali produk-produk yang diluncurkan oleh raksasa seperti Google dan Microsoft yang kemudian mengalami kegagalan.

Kemauan dan kerja keras pendiri serta manajemen menjadi salah satu ciri bisnis yang mendapatkan kesuksesan. Tidak ada bisnis yang mendapatkan kesuksesannya tanpa kerja keras pendiri dan manajemennya.

Elon musk menyampaikan dalam sebuah wawancara bahwa pengusaha yang ingin sukses harus siap untuk bekerja seperti neraka.

“Anda perlu menghabiskan 80 hingga 100 jam setiap minggu. Hal ini meningkatkan peluang sukses. Jika orang lain memberikan 40 jam kerja setiap minggu dan anda memberikan 100 jam kerja perminggu maka bahkan jika Anda melalukan hal yang sama dengan saingan Anda, Anda akan mencapai dalam 4 bulan apa yang membutuhkan setahun untuk dapat mereka capai” – Elon Musk

 

3. Manusia Yang Tepat

Manusia disini maksudnya adalah setiap orang yang terlibat dalam bisnis anda haruslah mempunyai kemampuan dan keahlian yang tepat. Tim yang dibangun dari orang-orang yang berbakat dengan keahlian dan kemampuan yang dibutuhkan merupakan tulang punggung perusahaan. Bisnis merupakan suatu organisasi, dan setiap organisasi kemampuan serta kesuksesannya sangat dipengaruhi oleh orang-orang didalamnya.

Membangun dan mensukseskan bisnis membutuhkan banyak sekali pekerjaan dan tantangan. Pekerjaan berat dan tantangan tersebut akan jauh lebih mudah dilewati dan dihadapi dengan baik ketika seluruh tim mempunyai kemampuan dan keahlian yang diperlukan dan mau bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Dengan demikian mempunyai tim yang tepat termasuk salah satu faktor kesuksesan bisnis yang paling penting.

 

4. Jaringan Anda

Jaringan atau network merupakan aset yang sangat berharga dan tidak tergantikan untuk setiap bisnis yang sukses. Setiap bisnis yang sukses dibangun dengan landasan adanya berbagai jaringan yang mendukung kegiatan mereka.

Jaringan tersebut bisa berupa jaringan pemasaran anda seperti agen, mitra dan lain-lain. Bisa juga berupa jaringan pemasok yang membantu anda dalam memenuhi kebutuhan bahan baku. Atau jaringan pemodal yang memungkinkan anda menjalankan dan mengembangkan bisnis anda.

Jaringan mempunyai banyak sekali pengaruh positif bagi setiap bisnis, bahkan untuk UMKM efeknya juga sangat luar biasa. Bahkan menurut Chairul Tanjung jaringan merupakan salah satu modal yang jauh lebih penting dari uang dalam berbisnis.

 

5. Sesuai Kebutuhan Pasar

Salah satu penyebab utama kegagalan bisnis yang paling banyak disebutkan adalah tidak adanya kebutuhan atau pasar untuk produk yang ditawarkan oleh bisnis tersebut. Tanpa adanya pasar yang menyerap produk yang ditawarkan maka perusahaan tidak bisa melakukan penjualan untuk menghasilkan pendapatan yang menjadi bahan bakar setiap bisnis.

Hal ini mungkin terdengar sudah jelas. Tetapi kenyataannya banyak sekali pendiri bisnis yang melupakan masalah adanya pasar atau tidak tersebut karena terlalu bersemangat akan visi yang mereka miliki untuk bisnis mereka. Tidak peduli seberapa inovatif produk anda jika anda tidak bisa menemukan pasar untuk produk anda maka cepat atau lambat bisnis anda akan mengalami kegagalan. Dengan demikian, mempunyai produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar merupakan salah satu faktor kesuksesan yang paling penting pada setiap bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here