Beranda Ide Bisnis 7 Ide Bisnis Sampingan Karyawan Yang Menguntungkan

7 Ide Bisnis Sampingan Karyawan Yang Menguntungkan

578
0
bisnis desain grafis ide bisnis sampingan karyawan yang menguntungkan
image credit : pexels.com

Semakin tingginya kebutuhan hidup tidak selalu dibarengi dengan meningkatnya gaji sebagai karyawan. Oleh karena itu akan sangat sulit untuk meningkatkan taraf hidup jika seorang karyawan hanya bergantung kepada gaji yang diberikan perusahaan. Disinilah pentingnya untuk mewujudkan ide bisnis sampingan karyawan yang menguntungkan untuk menambah penghasilan dan meningkatkan taraf hidup.

Selain dapat menghasilkan penghasilan tambahan dan untuk meningkatkan taraf hidup bisnis sampingan juga dapat menjadi “asuransi” dalam hal terjadinya pemutusan hubungan kerja oleh perusahaan karena hal-hal yang tidak bisa diprediksi seperti bencana alam, krisis ekonomi, pergolakan sosial politik dan lain-lain.

Bahkan jika dijalankan dan dikembangkan secara serius, ide bisnis sampingan karyawan yang menguntungkan dapat melebihi penghasilan sebagai seorang karyawan dan anda dapat keluar dari perusahaan dan fokus kepada bisnis anda.

Jika anda mempunyai minat yang besar dan mampu berkomitmen untuk menjalankan bisnis sampingan, berikut 7 ide bisnis sampingan karyawan yang menguntungkan untuk inspirasi anda:

 

1. Bisnis Sampingan Toko Online

Jika anda termasuk orang yang suka mempunyai insting bisnis dan keahlian digital marketing yang bagus, bisnis sampingan toko online dapat menjadi ide bisnis sampingan karyawan yang menguntungkan bagi anda.

Berjualan dengan toko online adalah ide bisnis sampingan karyawan yang menguntungkan karena selain tidak memerlukan biaya yang besar untuk memulai bisnis toko online, anda juga bebas terikat dari tempat kerja dan bisa dijalankan dimanapun. Anda bisa mencari sendiri supplier dengan harga murah dihari-hari libur secara grosir untuk kemudian anda jual di toko online.

Saat ini membuka toko online sudah jauh lebih mudah dibandingkan dulu. Anda bisa memulai berjualan dengan bergabung di marketplace gratis seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan Carousell.

Anda juga bisa memanfaatkan social media anda yang mempunyai cukup banyak pengikut untuk menawarkan barang yang anda jual.

Kemudian setelah bisnis anda berkembang cukup besar dan order yang datang sudah cukup banyak anda bisa mengembangkannya menjadi website sendiri untuk memperkuat kekuatan merek anda. Selain itu, anda juga bisa membuat produk sendiri dan menjualnya melalui toko online anda yang sudah mempunyai banyak pelanggan.

 

2. Bisnis Sampingan Desain Grafis

bisnis desain grafis ide bisnis sampingan karyawan yang menguntungkan
image credit : pexels.com

Ide bisnis sampingan karyawan yang menguntungkan selanjutnya adalah bisnis desain grafis. Hal ini karena modal utama dari bisnis desain grafis hanya tiga kreatifitas, kemampuan pemasaran dan laptop yang cukup menunjang. Dari ketiga modal utama tersebut hanya laptop yang membutuhkan uang sedangkan dua modal lainnya dapat diakumulasikan seiring dengan pengalaman dan jam terbang.

Selain memberikan penghasilan dengan jumlah yang cukup besar, sebagai bisnis desain grafis juga relatif kecil risikonya karena merupakan bisnis jasa sehingga tidak membutuhkan persediaan barang dan aset yang nilainya dapat mengalami penyusutan seperti bisnis makanan.

Salah satu kelebihan bisnis desain grafis juga terbukanya peluang cukup besar untuk menjadikannya sebagai bisnis yang serius jika anda dapat membangun reputasi yang baik dan sudah dipercaya beberapa pelanggan tetap yang rutin memberikan order.

 

3. Bisnis Sampingan Fotografi 

bisnis fotografi ide bisnis sampingan yang menguntungkan untuk karyawan
image credit : pexels.com

Bagi anda yang mempunyai kesenangan dalam mengabadikan dan menangkap momen-momen spesial dan keindahan yang ada dalam suatu objek bisnis fotografi dapat menjadi bisnis sampingan yang tepat bagi anda.

Salah satu bisnis fotografi yang paling menguntungkan adalah bisnis foto pre-wedding dan foto wedding. Dimana untuk satu paket pemotretan pre-wedding bisa dikenakan biaya mulai dari Rp. 1.000.000 sampai Rp. 5.000.000 bergantung kepada reputasi dan pasar klien anda. Sedangkan untuk wedding biayanya bisa mencapai Rp. 3.000.000 sampai belasan juta rupiah.

Selain bisnis fotografi pre-wedding dan wedding, anda juga bisa mencoba bisnis fotografi untuk event-event lain seperti buku tahunan, ulang tahun dan pameran.

 

4. Bisnis Sampingan Makanan Ringan

Jika anda ingin bisnis sampingan dalam bidang kuliner, salah satu ide bisnis sampingan karyawan yang menguntungkan untuk anda adalah bisnis makanan ringan.

Bisnis makanan ringan cocok untuk bisnis sampingan karyawan karena banyak sekali makanan ringan yang dapat disimpan dalam waktu lama. Selain itu anda juga bisa mencoba berbagai skema pemasaran yang tidak memakan waktu terlalu banyak seperti konsinyasi, made to order (dengan pesanan), melalui toko online, dan reseller.

Bisnis makanan ringan juga termasuk sangat menguntungkan karena rata-rata keuntungan bersih yang bisa anda peroleh berkisar antara 30%-40% dari total penjualan.

 

5. Bisnis Sampingan Jasa Box Berlangganan

Konsep bisnis box berlanggan mungkin belum terlalu dikenal di Indonesia, tetapi di luar negeri konsep bisnis ini sudah sangat populer dengan berbagai produk. Salah satu contoh yang sangat sukses adalah DollarShaveClub (pisau cukur) dan BirchBox (personal care).

image credit : birchbox

Belum begitu populernya konsep ini di Indonesia memang mempunyai risiko dimana business model dari bisnis box berlangganan belum terbukti dan belum dapat dipastikan juga apakah dapat menguntungkan seperti di luar negeri.

Tetapi karena bisnis ini belum banyak dilakukan di Indonesia peluang untuk mendapatkan keuntungan juga masih terbuka lebar.

 

6.  Bisnis Sampingan Jasa Konsultasi

jasa konsultasi bisnis sampingan karyawan yang menguntungkan
image credit: pixabay.com

Jika anda mempunyai keahlian yang cukup mendalam dalam suatu bidang, kemungkinan besar anda bisa mencoba memulai jasa konsultasi sebagai bisnis sampingan.

Walaupun bisnis konsultasi identik dengan jasa profesional seperti audit, marketing, hukum dan komunikasi tetapi sebenarnya bisnis konsultasi tidak hanya berkisar pada jasa profesional seperti yang sudah disebutkan.

Anda juga bisa memberikan jasa konsultasi bidang kesehatan seperti diet dan latihan olahraga, atau juga di bidang yang lebih spesifik seperti hubungan dengan lawan jenis.

Bisnis jasa konsultasi juga bisa menjadi bisnis sampingan yang menguntungkan karena mudah dan terjangkau untuk dimulai, karena modal utamanya adalah pengetahuan. Dimana anda sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman yang dibutuhkan tersebut. Selain itu anda lebih fleksibel dalam menentukan jadwal anda sehingga Anda dapat menawarkan layanan konsultasi Anda setiap kali Anda memiliki waktu luang.

 

7. Bisnis Sampingan Jasa Pembukuan Untuk UKM

jasa pembukuan bisnis sampingan untuk karyawan yang menguntungkan, bisnis sampingan
image credit : pexels.com

Dapat dipastikan jika di Indonesia sangat banyak UKM yang mempunyai potensi untuk berkembang ketingkat yang lebih tinggi tetapi terkendala karena masalah modal. Permasalahan tersebut tidak terlepas dari rendahnya kedisiplinan dan pengelolaan keuangan dari UKM tersebut. Dimana tanpa adanya pembukuan yang rapi dan terorganizir akan sangat sulit untuk mendapatkan pembiayaan dari bank atau investor luar lainnya.

Bahkan tidak tertutup kemungkinan jika UKM yang memiliki pembukuan tidak rapi tersebut sebenarnya dapat mengembangkan usaha dari kantong sendiri tetapi karena pembukuan yang tidak rapi tersebut terjadi pemborosan atau kehilangan pendapatan yang tidak terdeteksi.

Sebagai bisnis sampingan anda dapat memberikan jasa pembukuan untuk UKM secara fleksibel dengan jam kerja terbatas pada akhir minggu untuk melakukan pembukuan mingguan dan mengatur dokumentasi pengeluaran dan pendapatan klien anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here