Beranda Entrepreneur Bagaimana Cara Menjadi Kaya Raya? Menurut Tim Ferriss Ini Caranya

Bagaimana Cara Menjadi Kaya Raya? Menurut Tim Ferriss Ini Caranya

193
0
BERBAGI
(CC) Brian Solis, www.briansolis.com

Bagaimana cara menjadi kaya raya? Pertanyaan tersebut adalah salah satu yang banyak diterima oleh Tim Ferriss dari berbagai acara dan wawancara yang diberikan olehnya.

Tidak heran jika Tim Ferriss sering mendengar pertanyaan tersebut. Bagaimanapun juga Tim adalah penulis buku fenomenal The 4-Hour Work Week yang menduduki #1 New York Times Bestseller List selama 4 tahun. Selain itu, Tim juga merupakan investor dan advisor di berbagai startup terkenal seperti StumbleUpon, Posterous, Evernote, Dailyburn, Shopify, Facebook dan Twitter.

Tim Ferriss menjelaskan cara bagaimana cara menjadi kaya raya, membebaskan diri dari pekerjaan kantoran, menjadi pengusaha sukses, dan membangun bisnis yang hanya membutuhkan waktu minimum untuk dijalankan dalam buku The 4-Hour Work Week. 

Dalam buku tersebut juga, Tim menceritakan kisahnya mendirikan bisnis supplemen BrainQUICKEN. Setelah lulus dari Princeton University pada tahun 2000, Tim Ferriss pindah ke California dan mendapatkan kerja di perusahaan penyimpananan data. Namun, frustasi dengan gajinya yang kecil dan inefisiensi di perusahaan tersebut Tim mulai menghabiskan waktu di Internet dan membangun bisnis onlinenya sendiri. Setahun kemudian, Tim dipecat dari perusahaan tempatnya bekerja.

Untungnya pada saat itu, BrainQUICKEN yang dirintisnya sejak masih bekerja diperusahaan tersebut sudah mulai menghasilkan uang. Tim Ferriss bisa melakukannya dengan menghabiskan setiap waktu luangnya, setiap malam sepulang kerja dan pada hari libur untuk membangun bisnis sampingan hingga dapat menghasilkan $ 40,000 per bulan.

Bercermin dari pengalaman tersebut, saat diwawancara oleh Inc.com mengenai “Bagaimana Caranya Saya Resign Dari Pekerjaan dan Membangun Bisnis Sebelum Kehabisan Uang“, Tim menjawab “Jangan lakukan hal itu!”. Tim mengatakan untuk tetap bekerja di pekerjaan anda dan “bekerja di bisnis anda setiap malam dan akhir minggu. Dan jika anda tidak ingin melakukan hal tersebut maka anda tidak seharusnya menjadi entrepreneur.”

Hal ini dilakukan karena seorang entrepreneur yang pintar tidak hanya semata-mata berani mengambil risiko. Mereka juga pintar untuk mengurangi atau bahkan mengatasi risiko tersebut.

Oleh karena itu, lebih baik merintis usaha sampingan dan mengembangkannya sampai setidaknya penghasilan yang dihasilkan dari bisnis sampingan tersebut cukup untuk membayar tagihan-tagihan anda. Hal ini penting untuk membangun landasan anda dalam memiliki bisnis sendiri.

Memiliki bisnis sendiri adalah cara menjadi kaya raya yang paling realistis untuk anda tempuh jika anda tidak memiliki warisan yang melimpah atau memiliki kemampuan yang brilian untuk bisa mendapatkan jabatan Direktur Utama disebuah perusahaan skala internasional.

Setelah membangun fondasi yang lebih kuat di bisnis sampingan tersebut saatnya bagi anda untuk mendedikasikan diri sepenuhnya untuk mengembangkan bisnis tersebut menjadi bisnis yang lebih besar. Inilah langkah kedua dalam cara menjadi kaya raya yang anda lakukan, yaitu mengembangkan bisnis anda sampai pada titik pendapatan bisnis anda setidak-tidaknya lebih dari 2 kali pendapatan yang anda dapatkan sebelumnya dari pekerjaan yang anda tinggalkan.

Kemudian disaat bisnis anda sudah berkembang dan mendapatkan pendapatan yang lebih besar, anda perlu mengimplementasikan sistem yang memungkinkan agar bisnis anda bisa berjalan dengan sendirinya dengan seminimum mungkin kehadiran anda di bisnis tersebut.

Jika anda berhasil meraih titik tersebut, maka yang selanjutnya perlu anda lakukan adalah diversifikasi aset dengan berbagai investasi properti, pasar modal, atau membangun bisnis baru serta memastikan pengeluaran anda selalu jauh lebih kecil dari pendapatan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here