Beranda Startup dan UKM Transformasi Digital Adalah? Pengertian dan Contohnya

Transformasi Digital Adalah? Pengertian dan Contohnya

223
0
transformasi digital adalah, pengertian transformasi digital
image credit: pexels.com

Apa arti dari transformasi digital? secara singkat transformasi digital adalah perubahan suatu organisasi dengan menggunakan teknologi digital untuk memberikan nilai yang lebih baik.

Perubahan suatu organisasi tersebut dapat mencakup keseluruhan atau sebagian elemen pembentuk organisasi. Untuk organisasi bisnis transformasi digital dapat berupa perubahan di aspek pemasaran, pelayanan pelanggan, produksi, manajemen rantai pasokan, sumber daya manusia dan lain-lain.

Perubahan teknologi yang semakin pesat saat ini memang mendorong berbagai perubahan di masyarakat. Meningkatnya ekpektasi konsumen, tuntutan persaingan dan perubahan gaya hidup meningkatkan urgensi implementasi transformasi digital untuk bisnis.

Transformasi digital adalah cara yang efektif untuk menjawab perubahan-perubahan tersebut. Transformasi digital dapat membantu perusahaan memenuhi ekpektasi konsumen serta mengatasi persaingan dengan membangun keunggulan kompetitif.

Transformasi Digital Adalah? Arti & Definisi

Menurut Prof. Ines Mergel dkk (University of Konstanz, Germany) dalam penelitiannya yang wawancaranya merangkum pendapat para ahli mengartikan transformasi digital sebagai upaya holistik untuk merevisi proses inti dan layanan pemerintah di luar upaya digitalisasi tradisional.

Lebih lanjut Prof. Ines menguraikan bahwa proses tersebut berkembang di sepanjang kontinum transisi dari analog ke digital ke tinjauan tumpukan penuh kebijakan, proses saat ini, dan kebutuhan pengguna dan menghasilkan revisi lengkap dari yang ada dan pembuatan layanan digital baru.

Hasil dari upaya transformasi digital antara lain berfokus pada kepuasan kebutuhan pengguna, bentuk-bentuk baru penyampaian layanan, dan perluasan basis pengguna.

Sedangkan menurut Prof. Van Alstyne, Questrom Professor of Management in Information Systems memberikan definisi transormasi digital sebagai berikut:

“Transformasi digital memikirkan kembali sumber penciptaan nilai, dan struktur model bisnis organisasi. Dalam ekonomi baru ini, lebih sering penciptaan nilai datang dari luar perusahaan dari mitra eksternal daripada karyawan internal.”

Contoh Transformasi Digital

Mempelajari contoh kasus diperlukan untuk memahami bagaimana melakukan transformasi digital dan dampak dari transformasi digital.

Gojek – Contoh Kasus Transformasi Digital

Gojek dapat menjadi contoh kasus transformasi digital yang pertama. Gojek dikenal luas sebagai perusahaan teknologi yang menggunakan berbagai teknologi digital dalam operasionalnya.

Dalam perkembangan sejarahnya Gojek tidaklah dimulai sebagai perusahaan teknologi digital. Dasar teknologi Gojek versi awal adalah teknologi elektronik sederhana yaitu menggunakan telepon dan email untuk memproses order yang mereka terima.

Gojek kemudian melakukan transformasi digital besar-besaran. Dengan memanfaatkan aplikasi dan algoritma Gojek mempertemukan order pelanggan dengan mitra secara otomatis.

Penggunaan teknologi tersebut meningkatkan nilai yang didapat oleh pelanggan dan juga mitra. Pelanggan mendapat kepastian harga dan kemudahan. Sedangkan mitra mendapatkan akses pelanggan yang lebih besar dan mempersingkat waktu tunggu.

Apa Tujuan Transformasi Digital?

Perubahan teknologi dan perubahan perilaku masyarakat akibat teknologi tidak dapat dihindari oleh perusahaan manapun.

Sponsored

Di era digital ini transformasi digital sangat penting untuk tetap dapat bersaing. Hal ini berkaitan dengan tujuan dari transformasi digital untuk meningkatkan nilai yang diberikan kepada para pemangku kepentingan seperti pelanggan, karyawan, supplier dan pihak lainnya.

Jenis-Jenis Tranformasi Digital

jenis-jenis transformasi digital, transformasi digital adalah, pengertian transformasi digital
image: pexels.com

1. Transformasi Proses Bisnis

Jenis transformasi digital yang pertama ini fokus kepada perubahan proses bisnis. Dimana perusahaan mengaplikasikan teknologi untuk memperbarui seluruh atau sebagian proses bisnisnya.

Jenis transformasi ini dapat memberikan dampak inkremental atau signifikan terhadap efektiftas dan efisiensi perusahaan. Besarnya dampak bergantung seberapa besar perubahan yang dilakukan, kualitas implementasi dan kesesuaian teknologi terhadap perusahaan.

Tranformasi jenis ini memungkinkan perusahaan meminimalkan biaya, mempercepat rantai pasokan, meningkatkan produktivitas dan meningkatkan kualitas layanan atau produk yang disediakan.

Contoh dari transformasi ini adalah penggunaan Robotic Process Automation (RPA) di perusahaan untuk mengotomatisasi tugas rutin yang sebelumnya diselesaikan secara manual oleh karyawan.

Dengan implementasi teknologi tersebut perusahaan dapat menurunkan biaya tenaga kerja karena karyawan tidak perlu lagi terlibat dalam tugas itu. Selain itu, produktivitas karyawan yang sebelumnya menyelesaikan pekerjaan akan meningkat karena mereka sekarang dapat mengerjakan tugas yang lebih berdampak.

Transformasi Model Bisnis

Transformasi model bisnis berkaitan dengan implementasi teknologi dalam sebuah perusahaan untuk mengubah cara tradisional yang digunakan oleh perusahaan lain di industri tersebut untuk mendapatkan pendapatan dan meraih keuntungan.

Baca Juga:Definisi Business Model Canvas, Peranan dan Contohnya

Ketika sebuah perusahaan melanjutkan untuk melalui transformasi model bisnis, ia menggunakan teknologi yang akan memungkinkannya untuk menawarkan layanan atau produk secara berbeda dari kebanyakan perusahaan pesaing lainnya di bidang yang sama.

Gojek adalah contoh yang baik dari transformasi digital model ini. Gojek mengubah cara tradisional penyedia jasa ojek yang mengenakan biaya tidak transparan dan tidak dapat diandalkan.

Perubahan dari model bisnis Gojek mengubah bisnis ojek menjadi lebih dapat diandalkan, mempunyai biaya transparan dan mudah digunakan.

Transformasi Domain

Transformasi domain mengacu pada perusahaan yang menggunakan teknologi baru untuk memperluas penawarannya produk atau layanannya.

Banyak perusahaan sering memilih untuk tumbuh dengan memasuki bidang baru dan menawarkan jaringan layanan atau produk yang lebih luas yang belum tentu semuanya milik pasar yang sama.

Misalnya, Facebook dimulai sebagai platform media sosial yang ketat. Namun, karena popularitas layanan streaming video-on-demand, Facebook Watch diluncurkan pada 2017.

Sejak debutnya, Facebook Watch telah mengembangkan banyak konten asli seperti serial TV bernaskah, acara bincang-bincang, acara olahraga, dokumenter, dan banyak lagi. Pesaingnya termasuk layanan streaming populer lainnya seperti Netflix, Amazon Prime Video, Disney+, dll.

Transformasi Budaya/Organisasi

Jenis perjalanan transformasi digital ini berkaitan dengan transformasi budaya bisnis. Transformasi digital total bagi perusahaan tidak dapat berlangsung tanpa dukungan tenaga kerja organisasi.

Perusahaan yang memasuki proses seperti itu perlu mengubah praktik, tujuan, dan cara berpikirnya secara keseluruhan untuk mendukung inovasi digital dan merangkul lebih banyak sikap berpikiran maju dan teknologi yang muncul.

Untuk mengubah budaya perusahaan, biasanya perlu dimulai dari atas dengan anggota staf mengikuti contoh pemimpin mereka.

Dalam beberapa kasus, konfigurasi ulang dalam kepegawaian mungkin juga perlu dilakukan karena bakat baru mungkin perlu direkrut untuk membantu perusahaan berhasil dalam arah barunya.

Contoh dari transformasi budaya ini dapat kita lihat di AirAsia yang mencoba beradaptasi terhadap Covid-19 dengan mengeluarkan berbagai inovasi seperti airasia Food. Inovasi-inovasi tersebut didukung oleh budaya perusahaan AirAsia yang menekankan inovasi dan berorientasi masa depan.

Sponsored

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini