Beranda Bisnis Online 15 Tips Sukses Jualan Online Yang Harus Kamu Ketahui

15 Tips Sukses Jualan Online Yang Harus Kamu Ketahui

3
0
tips sukses jualan online, tips toko online
image credit : pexels.com

Mempunyai usaha online yang sukses saat ini telah menjadi impian banyak orang. Sukses dalam usaha online tidak hanya menghasilkan uang yang serius, contohnya Yasa Singgih yang sukses meraup omzet miliaran dari usaha fashion onlinenya.

Nah jika kamu ingin memulai jualan online yang, saat ini adalah saat yang paling tepat. Indonesia masih berada dalam tahap perkembangan pesat eCommerce, terbukti dengan pertumbuhan double digit setiap tahun yang diprediksi akan mencapai USD 3.8 miliar, atau tumbuh 31%!

Walaupun mempunyai potensi pertumbuhan yang pesat, perlu diakui jika saat ini persaingan dalam usaha jualan online sudah mulai ketat. Pertanyaan, dalam kompetisi yang semakin ketat tersebut apa yang harus dilakukan untuk bisa mencapai sukses?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut kami telah menyusun 15 tips sukses jualan online sebagai berikut:

#1 Pilih Produk Untuk Dijual Yang Tepat

Dalam bisnis jualan online di Indonesia salah satu tantangan yang masih menjadi kendala adalah tingginya biaya logistik dan pengiriman barang, terutama di luar pulau Jawa.

Masalah biaya pengiriman yang tinggi tersebut juga menjadi salah satu mengapa promosi gratis ongkos kirim sangat populer diberbagai toko online dan marketplace.

Untuk menekan biaya pengiriman yang tinggi tersebut diperlukan pemilihan jenis produk yang tepat untuk dijual. Karakteristik produk yang tepat untuk dijual online adalah produk-produk yang berukuran relatif kecil dan cukup ringan.

Benda-benda berdimensi besar dan berat masih sulit untuk dipasarkan secara online karena masalah pengiriman tersebut. Lain halnya jika anda mempunyai kendaraan sendiri untuk menangani pengiriman tersebut.

Beberapa contoh produk yang cocok untuk dijual secara online adalah produk fashion seperti baju, sepatu, tas, jaket dan lainnya. Produk-produk elektronik personal seperti handphone, aksesoris handphone dan komputer juga populer dijual secara online.

Anda juga dapat memilih salah satu dari produk-produk yang termasuk 12 barang paling laku dijual di toko online di artikel tersebut.

 

#2 Lakukan Tes Sebelum Membeli Persediaan

Tips sukses jualan online yang kedua adalah lakukan tindak lanjut dari memilih produk yang tepat. Sebelum membeli persediaan barang untuk dijual, sangat penting untuk mengetes apakah terdapat permintaan yang cukup besar untuk produk tersebut.

Tes pasar dapat anda lakukan dengan menggunakan sistem preorder yang memberikan diskon kepada jumlah minimum pembeli untuk pembelian grosir atau produksi pertama.

Dengan sistem preorder, anda bisa memastikan persediaan yang anda beli akan terjual habis bahkan sebelum anda mengeluarkan uang untuk membeli barang tersebut.

 

#3 Ketahui Karakter Pembeli Secara Detail

Mengetahui karakter pembeli seperti apa merupakan landasan awal untuk membuat strategi pemasaran yang tepat. Misalnya, kata-kata promosi apa yang tepat, jika anda mengetahui karakter pembeli anda dapat membuat kata-kata promosi yang unik dan lebih kena kepada target pasar anda.

Selain untuk membuat strategi pemasaran yang tepat, mengetahui karakter pembeli juga sangat membantu anda dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan anda. Pelayanan terbaik hanya dapat diberikan jika anda mengetahui siapa pelanggan anda dan bagaimana anda harus melayani mereka.

 

#4 Kembangkan Karakter Penjual Yang Sesuai

Mengetahui karakter pelanggan seperti apa akan menjadi lebih efektif jika anda mempunyai karakter penjual yang cocok dengan pelanggan anda.

Mengembangkan karakter penjual yang cocok dengan pelanggan anda memungkinkan anda untuk berkomunikasi dengan efektif dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas mereka, meningkatkan nilai merek anda, dan pada akhirnya turut membantu meningkatkan penjualan anda.

 

#5 Kembangkan Jaringan Reseller/Mitra

Tips sukses jualan online yang berikutnya adalah kembangkan jaringan reseller/mitra usaha anda. Mengembangkan jaringan reseller/mitra akan sangat membantu anda untuk memperluas jangkauan penjualan usaha online anda.

Mempunyai jaringan reseller/mitra merupakan jalan bagi anda untuk scaling up usaha jualan online anda. Dimana, hal tersebut dapat anda manfaatkan dengan mendapatkan posisi yang lebih baik dari supplier atau vendor anda untuk memperoleh harga yang lebih baik. Selain itu, mempunyai jaringan reseller juga akan membantu anda dalam meningkatkan omzet usaha anda.

 

#6 Buatlah Website Yang Profesional

Jika anda menjalankan usaha toko online anda sebagian besar di Instagram, Facebook, atau di online marketplace gratisan, mungkin anda bertanya-tanya apakah anda masih memerlukan website sendiri.

Walaupun banyak usaha jualan online yang sukses tanpa memiliki website sendiri, tapi terdapat resiko besar jika anda memutuskan untuk tidak mengembangkan website anda sendiri.

Sewaktu-waktu Instagram, Facebook atau online marketplace tersebut dapat mengubah syarat dan ketentuan penggunaan, algoritma mereka, atau bahkan membatalkan akun anda.

Jika hal tersebut terjadi dan anda tidak mempunyai website sendiri maka mau tidak mau anda harus memulai kembali dari nol. Sedangkan jika anda mempunyai website sendiri, anda dapat secara perlahan-lahan mengarahkan pelanggan anda kewebsite anda sendiri.

Dengan demikian pelanggan anda juga akan mempunyai impresi yang lebih baik untuk usaha anda dan membantu anda dalam mengembangkan merek bisnis anda.

 

#7 Kumpulkan Testimoni Kepuasan Pembeli

Tips sukses jualan online yang berikutnya, kumpulkan testimoni kepuasan dari pembeli. Jika perlu minta review atau rating dari mereka secara baik-baik, setidaknya sampai produk yang anda jual memiliki 5 rating atau review.

Testimoni positif dari pembeli adalah senjata terbaik untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan anda. Berdasarkan salah satu studi dari Northwestern University Spiegel Research Center, konversi (pembelian) pada halaman yang mempunyai 5 rating atau review 270% lebih tinggi dibandingkan dengan halaman yang tidak mempunyai review.

 

#8 Adakan Event Giveaway 

Semua orang suka dengan hadiah dan sesuatu yang gratis. Tidak terkecuali pelanggan dan calon pelanggan anda. Mengadakan event giveaway atau kontes berhadiah merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat membantu anda mengembangkan usaha toko online anda.

Event giveaway biasanya mengharuskan pelanggan atau pengikut anda untuk membuat dan memposting konten yang lucu, unik atau menarik bersama dengan produk atau bisnis anda.
Adanya konten-konten menarik yang dibuat oleh pelanggan anda tersebut kemudian akan membangkitkan rasa penasaran kenalan dan teman-teman pelanggan anda yang melihat konten tersebut. Sehingga usaha atau produk anda akan dikenal oleh lebih banyak orang.

 

#9 Promosikan Kegiatan Sosial

Dengan semakin banyaknya pilihan produk dan bisnis untuk memenuhi kebutuhan anda, salah satu cara untuk memperkenalkan bisnis anda kepada masyarakat luas dengan cara yang positif adalah dengan mengintegrasikan kegiatan usaha anda dengan kegiatan sosial.

Kegiatan sosial yang anda lakukan bisa berupa sumbangan untuk membiayai yatim piatu, mengobati dhuafa yang sakit, atau pelestarian lingkungan.

Dengan mengintegrasikan kegiatan usaha anda dengan kegiatan sosial, anda tidak saja berkontribusi positif kepada upaya sosial yang berharga, anda juga meningkatkan nilai merek usaha anda dimata para pelanggan.

Berdasarkan salah satu studi dari Nielsen, 55 persen konsumen mau membayar lebih untuk produk atau bisnis yang mempromosikan kegiatan sosial yang positif atau pelestarian lingkungan.

Trend tersebut diprediksi akan semakin meningkat di masa depan, karena millenial mempunyai kecenderungan untuk lebih peduli dengan nilai-nilai positif yang diberikan oleh suatu perusahaan dibandingkan generasi sebelumnya.

 

#10 Kembangkan Komunitas Anda

Tips sukses jualan online yang berikutnya adalah kembangkan komunitas anda. Mengembangkan komunitas tidaklah mudah dan membutuhkan upaya yang tidak sedikit. Namun jika anda dapat membangun komunitas di antara anda dengan pelanggan maka anda akan diuntungkan dengan meningkatnya loyalitas pelanggan dan promosi gratis dari komunitas anda.

Bagaimana caranya untuk membangun komunitas dari bisnis anda? mulailah dengan menggunakan social media untuk merek bisnis anda diluar promosi penjualan. Bagikan informasi yang pelanggan anda pedulikan, dekati pelanggan anda secara personal dan buatlah komunikasi dua arah dengan mereka.

 

#11 Berikan Nilai Lebih Kepada Pelanggan

Tips sukses usaha toko online yang selanjutnya, berikan nilai lebih kepada pelanggan. Nilai lebih tersebut bisa berupa bonus, garansi uang kembali, atau potongan program bundling.

Ingatlah bahwa memberikan nilai lebih kepada pelanggan tidak selalu berarti mengurangi harga dan menurunkan keuntungan anda. Dengan memberikan bonus atau nilai dalam bentuk lain, anda dapat mempertahankan omzet anda sekaligus meningkatkan nilai yang diterima pelanggan.

 

#12 Buat Program Member

Dalam dunia bisnis ritel, loyalitas pelanggan merupakan salah satu kunci sukses yang utama. Dengan loyalitas pelanggan yang tinggi, anda akan lebih mudah mengembangkan usaha anda.

Bayangkan jika anda sama sekali tidak mempunyai pelanggan yang loyal, anda harus selalu mencari pelanggan baru dengan jumlah yang semakin banyak untuk bisa tumbuh. Sedangkan jika anda mempunyai banyak pelanggan yang loyal, anda hanya memerlukan pelanggan baru dengan jumlah yang sedikit saja untuk bisa tetap tumbuh.

Salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan membuat program member. Program member yang sukses akan meningkatkan

 

#13 Kuasai Penggunaan Instagram 

Jika kamu belum menguasai instagram untuk usaha jualan online kamu, maka inilah saatnya untuk mulai belajar menggunakan instagram.

Instagram sangat penting untuk toko online yang sukses, Instagram diakui sebagai salah satu social media yang mempunyai tingkat engagement yang tinggi dibandingkan dengan social media lain.

Menguasai penggunaan instagram untuk pemasaran social media memang tidak mudah. Anda dapat memulai secara pelan-pelan dengan mengamati berbagai akun instagram yang populer kemudian tiru dan modifikasi strategi yang mereka lakukan.

 

#14 Gunakan Foto Terbaik Untuk Produk

Tips sukses jualan online ini mungkin sudah jelas dan anda ketahui. Namun masih banyak yang tidak menerapkannya. Foto terbaik disini anda harus mempunyai beberapa foto yang menampilkan produk dari berbagai sisi.

 

#15 Selalu Belajar dan Berinovasi

Tips sukses jualan online yang terakhir ini berkaitan dengan kenyataan bahwa dunia usaha bukanlah sesuatu yang statis. Akan terus terjadi perubahan, baik secara cepat maupun lambat.

Perubahan tersebut dapat menimbulkan peluang-peluang baru atau bahkan ancaman-ancaman baru bagi yang tidak dapat beradaptasi. Contohnya saat Instagram baru muncul platform tersebut tidak banyak digunakan oleh pengusaha. Banyak sekali pengusaha yang kemudian sukses karena melihat peluang dari platform yang baru tersebut.

Sebaliknya juga demikian, semakin banyak toko offline yang semakin sepi karena tidak mengembangkan jalur distribusi online mereka. Belajar dari hal tersebut, jika anda ingin sukses selalu lihat perkembangan terkini dan lihat apa peluang atau tantangan dibalik perkembangan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here