Beranda Memulai Bisnis 5 Langkah Memulai Usaha Makanan Ringan Dengan Modal Kecil

5 Langkah Memulai Usaha Makanan Ringan Dengan Modal Kecil

25
0
usaha makanan ringan, oreo
bagaimana cara memulai usaha makanan ringan dengan model kecil

Usaha makanan ringan adalah salah satu usaha yang dapat dirintis dengan modal kecil yaitu dengan modal kurang dari 1 juta. Bahkan cukup banyak ditemukan kisah sukses pengusaha yang memulai bisnis makanan ringan hanya dengan modal ratusan ribu saja, dan dimulai dari keisengan mereka.

Namun, kesuksesan mereka tersebut tidak terlepas dari keberhasilan strategi mereka dalam cara memulai usaha makanan ringan dengan modal kecil. Jika anda sedang mencari agaimana cara memulai usaha makanan ringan dengan modal kecil, teruslah membaca kami akan membagikan 5 tips penting langkah memulai usaha makanan ringan dengan modal kecil.

 

5 Langkah Memulai Usaha Makanan Ringan 

1. Mencari Peluang

cara mendapatkan modal untuk UKM
image credit : pexels.com

Langkah pertama dalam memulai usaha makanan ringan dengan modal kecil adalah mencari peluang di tempat-tempat yang strategis untuk menjual makanan ringan dengan skema konsinyasi (jual titip) atau profit sharing seperti koperasi, warung yang ramai, dan kantin kantor-kantor yang ramai.

Mencari peluang disini anda harus melihat apa makanan ringan yang sudah disediakan ditempat tersebut, dan cermati apakah makanan ringan yang populer seperti keripik pedas, risol, donat rumahan, sudah ditawarkan ditempat tersebut. Kemudian, buatlah daftar makanan ringan populer yang belum ada dan tanyakan kepada cukup banyak pengunjung temapt tersebut apa 3 makanan yang paling mereka sukai.

Dari survei sederhana tersebut anda kemudian dapat mengetahui apa jenis makanan ringan yang belum ditawarkan ditempat tersebut dan cukup banyak diminati oleh para pengunjung tempat tersebut.

 

2. Mencari Resep Yang Tepat

Mengetahui apa jenis makanan ringan yang tepat untuk dijual saja tidak cukup. Anda perlu menindaklanjutinya dengan mencari resep yang tepat untuk jenis makanan ringan tersebut.

Anda bisa memulainya dengan mencari resep-resep di internet yang mendapatkan banyak respon positif. Kemudian setelah mencoba resep tersebut tanyakan kepada keluarga dan teman-teman anda apakah rasanya cukup enak untuk dijual atau tidak dan minta masukan mereka apa yang harus diperbaiki.

Perbaiki resep makanan ringan anda setiap kali anda mendapatkan hasil atau respon yang kurang baik. Anda juga perlu menerapkan standar yang tinggi kepada rasa makanan ringan anda karena rasa yang enak dan mempunyai karakteristik tertentu sangat penting dalam kesuksesan bisnis makanan ringan anda nantinya.

 

3. Buat Akun Social Media dan Website Usaha Anda

Langkah memulai usaha makanan ringan dengan modal kecil yang selanjutnya adalah membuat akun social media dan website usaha anda.

Pada tahap ini anda sudah harus mempunyai nama usaha anda. Buatlah nama yang unik dan mudah diingat, dan jangan lupa untuk melakukan pengecekan singkat di Google apakah terdapat usaha sejenis yang mempunyai nama tersebut.

Terkait : 7 Tips Membuat Nama Perusahaan Yang Menarik

Selain itu pastikan juga apakah domain untuk website nama usaha tersebut tersedia untuk dibeli.

 

4. Bagikan Tester 

usaha rumahan modal kecil, bisnis rumahan, peluang usaha rumahan
bisnis snack peluang usaha rumahan modal kecil yang menjanjikan

Tahap selanjutnya dalam langkah memulai usaha makanan ringan dengan modal kecil adalah bagikan tester makanan ringan yang anda buat kepada teman-teman dan kenalan anda.

Setelah mereka mencicipi tester utarakan maksud anda kepada teman dan kenalan anda secara halus bahwa anda sedang mencoba berbisnis makanan ringan, dan anda menerima order jika suka atau meminta bantuan mereka untuk mempromosikan jualan anda kepada kenalan mereka yang mau mencoba tester.

Selain itu anda juga perlu meminta bantuan mereka untuk memposting jualan anda tersebut di social media berikut testimoni mereka. Mintalah izin kepada mereka yang memposting untuk bisa mengumpulkan testimoni tersebut sebagai bahan marketing nantinya.

 

5. Terima Pre-order dan Promosikan 

Jika anda mempunyai resep yang enak, dan membagikan tester ke cukup banyak orang pada tahap ini anda seharusnya sudah mengantongi beberapa order untuk makanan ringan yang anda buat tersebut.

Setelah mendapatkan order dalam jumlah yang cukup untuk membuat produksi pertama anda, mintalah kepada pelanggan anda untuk dapat membayar downpayment sebesar 50% untuk proses selanjutnya.

Uang DP tersebut kemudian dapat anda gunakan untuk membeli bahan-bahan dasar membuat makanan ringan beserta perlengkapan dasar yang belum anda miliki seperti impulse sealer atau vacuum sealer untuk kemasan makanan ringan anda nantinya.

Jika berjalan dengan lancar, setelah menyelesaikan orderan tahap pertama anda mengantongi keuntungan yang lumayan untuk modal produksi yang lebih besar.

Dengan modal produksi yang lebih besar tersebut anda bisa mengulangi proses pembagian tester dan menerima pre-order untuk mendapatkan orderan. Anda juga bisa mencari mitra kerjasama untuk bagi hasil, membuka program reseller dan konsinyasi.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memasarkan Bisnis Makanan Ringan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here