ide bisnis makanan rumahan
ide bisnis makanan rumahan - credit: pexels.com

Ingin memulai bisnis makanan rumahan? Jika ya, anda berada ditempat yang tepat. Kami disini akan membagikan beberapa inspirasi bisnis makanan rumahan yang menjanjikan.

Usaha makanan rumahan memang termasuk salah satu bisnis dengan modal yang terbilang terjangkau. Bahkan banyak ide bisnis makanan rumaha dapat dimulai sebagai bisnis modal 1 juta.

Meskipun kebutuhan modalnya terjangkau, tetapi bisnis ini mempunyai potensi yang cukup menggiurkan. Bahkan sudah ada beberapa contoh bisnis makanan yang bermula dari bisnis rumahan menjadi besar.

Contohnya, keripik pedas Maicih yang didirikan Reza Nurhilman. Reza Nurhilman memulai Maicih sebagai bisnis skala rumahan dengan modal Rp. 15 jutaan. Kemudian untuk pemasarannya Reza fokus kepada pemasaran melalui internet dan agen-agen yang direkrut olehnya.

maicih, entrepreneur indonesia
image credit : maicih.co.id

Jika anda ingin mengikuti jejak sukses pengusaha rumahan seperti Reza segeralah memulai. Tanpa panjang lebar lagi berikut ini beberapa ide Bisnis Makanan Rumahan yang menjanjikan.

1. Donat Rumahan

Usaha makanan rumahan yang menjanjikan yang pertama adalah usaha donat rumahan. Usaha donat dapat dimulai sebagai usaha rumahan dengan menggunakan dapur rumah anda untuk produksi.

Kemudian untuk penjualannya anda dapat menjualnya melalui aplikasi pesan antar seperti Gofood, Grabfood dan Shoopefood. Anda juga dapat menjualnya dengan sistem konsinyasi atau titip jual ditempat-tempat yang strategis dekat rumah anda.

Usaha donat rumahan cukup menjanjikan karena keuntungan yang diperoleh dari usaha donat rumahan dapat mencapai 50% dari omzet. Pada umumnya donat yang diproduksi rumahan dapat dijual dengan harga Rp. 4.000 – Rp. 6.000 bergantung kepada toppingnya.

 

2.  Ayam Goreng Krispy

Ayam goreng krispy atau ayam goreng tepung merupakan salah satu makanan yang paling laris dijual. Tidak hanya laris dijual, untuk memulai usaha ayam goreng krispy rumahan juga terbilang mudah dan hanya membutuhkan modal yang kecil.

Untuk memulai usaha ayam goreng krispy sebagai bisnis makanan rumahan anda memerlukan perlengkapan masak yang mungkin sudah anda miliki seperti kompor, tabung, selang dan regulator gas, serta penggorengan.

Sedangkan untuk tempat usahanya anda bisa berjualan didepan rumah anda sendiri dengan menggunakan meja dan etalase sederhana dari almunium. Akan lebih hemat lagi jika anda membeli etalase bekas.

Usaha ayam goreng krispy mempunyai potensi keuntungan yang cukup menggiurkan. Dimana untuk potongan besar seperti Dada dan paha atas anda bisa mengenakan harga antara Rp 8.500-10.000 dan untuk potongan kecil seperti paha bawah dan sayap anda bisa menjual dengan harga Rp. 7.000-8.000.

Dengan asumsi tersebut setiap ekor ayam anda bisa mendapatkan omzet Rp62.000-72.000. Sedangkan modalnya hanya berkisar antara Rp.34.000-Rp36.000 untuk potongan ayam 1.2 kg, tepung dan minyak goreng.

Baca Juga: Tips Sukses Bisnis Pulsa Rumahan dengan Modal Kecil

3. Bubur Ayam

Siapa yang tidak suka dengan makanan yang satu ini? Bubur ayam hangat yang gurih merupakan salah satu makanan favorit banyak orang untuk sarapan atau untuk makan malam ringan.

Makanan yang mempunyai bahan serta persiapan yang relatif sederhana ini mempunyai potensi sebagai salah satu usaha makanan rumahan yang menjanjikan. Potensi tersebut tidak terlepas dari margin dan besar pasar bubur ayam yang besar.

Jika anda dapat membuat bubur ayam yang gurih dan mempunyai cita rasa yang unik maka bisnis ini patut anda coba. Anda dapat memulai usaha bubur ayam sebagai usaha rumahan dengan membukanya di depan rumah anda jika teras rumah anda cukup strategis.

Jika rumah anda letaknya kurang strategis anda bisa bekerja sama atau bagi hasil dengan pemilik tanah/bangunan yang letaknya cukup strategis untuk anda berjualan. Biasanya untuk itu tidaklah terlalu sulit untuk mencari mitra yang memiliki lokasi karena bubur ayam umumnya berjualan hanya pada pagi hari atau malam hari.

 

4. Keripik Pedas

Keripik yang gurih dan pedas mempunyai banyak penggemar di masyarakat Indonesia. Bahkan tidak berlebihan jika keripik pedas dikatakan sebagai salah satu makanan ringan paling populer di Indonesia.

Tidak hanya merupakan salah satu makanan ringan paling populer, keripik pedas terbilang mempunyai biaya produksi yang terjangkau dan dapat diproduksi secara rumahan. Dari segi keuntungan yang dapat diperoleh bisnis keripik pedas juga terbilang cukup menggiurkan.

Dengan karakteristik tersebut tidak salah jika usaha keripik pedas termasuk sebagai salah satu usaha makanan rumahan yang menjanjikan. Yang anda butuhkan untuk memulai usaha ini adalah dapur anda, beberapa perlengkapan memasakan dan perlengkapan untuk membuat pengemasan seperti sealer dan sticker merek.

 

5. Makaroni Goreng Kering

Seperti halnya keripik, makaroni goreng kering merupakan makanan yang sangat ideal sebagai cemilan diberbagai kesempatan.

Makaroni goreng kering mempunyai rasa yang gurih dan sensasi kriuk yang khas, ditambah dengan bumbu pedas banyak orang yang menggemari makanan yang satu ini.

Selain itu makanan ini mudah dibuat di dapur rumahan dan tidak membutuhkan modal besar sehingga cocok sebagai bisnis makanan rumahan yang menjanjikan di 2021.

Makaroni ngehe merupakan salah satu contoh usaha makaroni cemilan yang dapat dibilang sukses. Memulai dari satu kios kecil yang seluruh operasionalnya dijalani sendiri sekarang makaroni ngehe sudah mempunyai 33 outlet yang tersebar di pulau Jawa dan mempunyai operasi online yang besar.

 

6. Kentang Mustofa

Kentang mustofa atau yang juga dikenal sebagai kering kentang adalah kentang yang dipotong tipis-tipis berbentuk seperti korek api yang populer sebagai cemilan ataupun pelengkap nasi dan mie.

Kentang mustofa selain berisi kentang juga dapat berisikan kacang dan teri yang menambah cita rasa kentang mustofa.

Kentang mustofa cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia dan seringkali dijual di toko makanan dan toko modern.

Produksi dari kentang mustofa terbilang cukup sederhana dan tidak memerlukan peralatan yang mahal. Oleh karena itu bisnis kentang mustofa dapat dilakukan sebagai sebuah usaha rumahan.
Anda dapat memulai bisnis yang satu ini dengan modal dapur anda dan kemudian menjualnya melalui media online seperti online marketplace atau media sosial anda.

7. Katering Diet

Akibat dari pandemi COVID-19 banyak orang yang harus bekerja dari rumah dan mengurangi aktivitas diluar. Hal ini berakibat pada banyaknya orang yang mengalami peningkatan berat badan.

Berat badan yang terkontrol merupakan salah satu kunci dari hidup sehat dan untuk senantiasa menjaga kebugaran tubuh. Dan kunci dari terjaganya berat badan tersebut 60% ditentukan oleh komposisi makanan yang dikonsumsi oleh suatu orang.

Jika anda senang membuat makanan yang sehat, mempunyai pengetahuan yang cukup mendalam tentang kebutuhan gizi maka tidak ada salahnya jika anda memulai usaha katering diet untuk membantu mereka yang ingin hidup sehat tetapi tidak mempunyai pengetahuan atau terlalu sibuk untuk memperhatikan asupan makanan mereka.

Usaha katering diet termasuk sebagai salah satu bisnis makanan rumahan yang menjanjikan karena margin keuntungan dari bisnis katering diet dapat mencapai 70%.

Disisi lain kebutuhan peralatan untuk bisnis ini tidaklah banyak dan mahal, terutama jika anda sebelumnya sering membuat makanan-makanan yang sehat.

Penutup  

Terdapat banyak sekali contoh bisnis makanan rumahan yang menjanjikan 2021, artikel ini hanyalah sebagian kecil dari ide-ide usaha makanan rumahan yang mungkin dapat anda coba.

Jika anda mempunyai contoh lain bisnis usaha makanan rumahan yang menjanjikan jangan ragu untuk membagikan ide anda di kolom komentar dibawah.

Terima kasih sudah membaca artikel kami dan jangan lupa untuk share artikel ini di Facebook atau Twitter anda untuk mendukung kami. Dukungan anda sangat berarti untuk kami. Salam Sukses

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here