peluang usaha untuk lulusan sma dan smk
image credit : pexels.com

Apa peluang usaha untuk lulusan SMA dan SMK? memulai usaha merupakan salah satu pilihan terbaik bagi lulusan SMA dan SMK yang ingin meningkatkan kesejahteraan, meraih kesuksesan dan mewujudkan aktualisasi diri.

Tidak dapat dipungkiri jika di era modern ini lulusan SMA dan SMK sulit mendapatkan pekerjaan yang bagus dan mempunyai jenjang karir yang menjanjikan. Namun disisi lain kesuksesan dalam bisnis tidak memandang latar belakang pendidikan seseorang.

Bahkan terdapat beberapa contoh pengusaha sukses yang tidak memiliki gelar sarjana. Contohnya Eka Tjipta Widjaya pendiri grup Sinarmas hanya sekolah sampai tingkat SD saja. Begitu juga dengan Susi Pudjiastuti pendiri Susi Air hanya bersekolah sampai kelas 2 SMA.

Nah untuk kamu yang ingin merintis karir sebagai seorang pengusaha dan sedang mencari apa peluang usaha untuk lulusan SMA dan SMK simak 7 peluang usaha sebagai berikut.

 

Peluang Usaha Untuk Lulusan SMA dan SMK

1. Usaha Kerajinan Tangan

cara memulai usaha tas rumahan
image credit – pexel.com

Apakah kamu mempunyai kreatifitas yang tinggi dan senang membuat suatu produk yang berkualitas tinggi? Jika ya salah satu usaha yang dapat kamu coba adalah usaha kerajinan tangan.

Berbagai produk kerajinan tangan yang dibuat dengan kreatifitas tinggi dapat dijual dengan harga yang tinggi juga, terutama jika kamu dapat meraih pasar luar negeri.

Bisnis yang satu ini juga dapat dimulai dengan modal yang relatif kecil karena bahan baku produk kerajinan tangan tidaklah mahal dan kamu dapat menjualnya dengan harga tinggi jika kamu dapat menambahkan seni pada produk buatan kamu.

Beberapa contoh usaha kerajinan tangan yang mempunyai nilai tinggi seperti sepatu formal kualitas tinggi, tas kulit bernilai seni, jaket denim lukis dan lain-lain.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Handmade

2. Usaha Cuci Motor

bisnis cuci motor, usaha cuci motor
image credit : pexels.com

Usaha cuci motor dapat kamu coba jika kamu menginginkan usaha yang mudah untuk dijalankan dan sederhana namun menjanjikan.

Usaha cuci motor dapat memberikan penghasilan yang cukup menjanjikan. Asumsikan setiap hari terdapat 30 pelanggan dengan tarif Rp. 8 ribu permotor maka kamu bisa meraih omzet Rp. 7 juta lebih.

Jika kamu mempunyai tempat sendiri yang cukup strategis usaha cuci motor dapat dimulai dengan modal yang cukup terjangkau. Kamu dapat memulai usaha yang satu ini dengan modal kurang dari 10 juta jika kamu tidak membutuhkan renovasi tempat usaha.

Baca Juga : Rincian Modal Usaha Cuci Motor Sederhana dan Tips Suksesnya

Selain itu kamu juga dapat melengkapi usaha cuci motor kamu dengan jasa tambal ban dan ganti oli untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

3. Usaha Agen Jasa Pengiriman

usaha kecil kecilan, bisnis agen jasa pengiriman
usaha kecil kecilan bisnis agen jasa pengiriman

Tidak dapat dipungkiri jika saat ini bisnis toko online dan jasa titip merupakan salah satu bisnis yang berkembang sangat pesat. Perkembangan pesat dua bisnis tersebut membuat usaha agen jasa pengiriman menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan.

Usaha agen jasa pengiriman memperoleh bagian keuntungan berupa komisi dari setiap biaya pengiriman yang dibayar oleh pengiriman. Tidak jarang satu toko online yang mempunyai omzet besar dapat membayar ongkos kirim sampai puluhan juta rupiah per bulan.

Selain potensi keuntungannya yang cukup menjanjikan dan menguntungkan, usaha agen jasa pengiriman juga tidak membutuhkan modal besar. Jika kamu mempunyai tempat sendiri yang strategis maka bisnis ini dapat kamu mulai dengan modal kecil.

 

4. Usaha Jasa Desain Grafis

bisnis desain grafis ide bisnis sampingan karyawan yang menguntungkan
image credit : pexels.com

Jika kamu mempunyai laptop yang mumpuni dan kreatif, tidak ada salahnya jika kamu memulai usaha jasa desain grafis. Jasa desain grafis mempunyai prospek yang baik karena selalu ada permintaan untuk membuat desain logo, materi promosi, undangan dan masih banyak lagi.

Selain itu saat ini banyak marketplace untuk jasa dan website freelance seperti Fiverr, Upwork, dan Sribulancer yang memudahkan kamu untuk mendapatkan order dari pelanggan.

Usaha jasa desain grafis memang membutuhkan pengetahuan dan keahlian khusus untuk bisa memulainya. Meskipun begitu kamu dapat mempelajarinya sendiri dengan latihan yang giat dan menonton berbagai video edukasi Youtube untuk mendapatkan keahlian yang dibutuhkan.

 

5. Blogging

blogging, strategi bisnis di era digital
blogging strategi bisnis di era digital – image credit: pexels.com

Hobi menulis dan mempunyai ketertarikan yang mendalam pada suatu bidang yang populer seperti teknologi, keuangan, bisnis, travel atau gaya hidup dapat menjadi landasan kamu untuk memulai bisnis dengan membuat blog di bidang tersebut.

Blogging identik dengan media penyaluran hobi menulis, tetapi sebenarnya blogging dapat menjadi suatu usaha yang menguntungkan.

Tidak tanggung-tanggung blogger sukses dapat meraih penghasilan yang mencapai puluhan sampai ratusan juta rupiah perbulan.

Untuk memulai menjadi blogger kamu membutuhkan laptop, sambungan internet, domain dan hosting. Kamu dapat mengetahui langkah-langkah menghasilkan uang dengan blog disini.

 

6. Usaha Kuliner

tips usaha kuliner untuk pemula, tips bisn
image credit : pexels.com

Ya, usaha makanan memang salah satu usaha yang tidak ada matinya. Indonesia memang surganya usaha kuliner karena sebagian besar masyarakat senang makan enak dan jajan makanan.

Hal tersebut terbukti dengan pertumbuhan industri kuliner yang mencapai lebih dari 10% pertahun dan menyumbang 41,4 persen dari total kontribusi perekonomian kreatif Rp 922 triliun pada 2016.

Usaha kuliner sangat cocok dijalankan oleh lulusan SMA maupun SMK karena keunggulan kompetitif terpenting dalam bisnis kuliner adalah keahlian dalam membuat masakan yang enak dan unik.

Kamu juga dapat memulai bisnis kuliner dengan modal kecil dengan memulai dari kuliner gerobakan atau warung tenda. Strategi tersebut juga dijalankan oleh Holycow! by Chef Afit yang memulai dari warung tenda di parkiran bengkel dan kini menjelma menjadi jaringan restoran steak sukses.

 

7. Toko Online atau Dropshipper

toko online, ecommerce, online store
toko online dan ecommerce

Trend belanja online saat ini terus menanjak dan diprediksi akan terus tumbuh pesat selama 5 tahun ke depan. Pertumbuhan pesat industri e-commerce sendiri didukung dengan semakin terjangkaunya koneksi internet, meningkatnya kemakmuran masyarakat, serta semakin dihargainya kepraktisan berbelanja.

Maraknya pertumbuhan belanja online dan e-commerce tersebut sejatinya membuka peluang usaha bagi kamu yang ingin menjadi pengusaha. Nah jika kamu senang berjualan barang maka ini dapat menjadi peluang usaha yang tepat.

Kamu dapat memulai usaha toko online dengan modal kecil. Kamu hanya memerlukan persediaan barang awal yang kemudian kamu jual kepada pelanggan dan keuntungannya kamu putar kembali untuk menambah barang jualan.

Sedangkan untuk media berjualannya kamu dapat memulai usaha secara gratis dengan membuka toko di online marketplace gratis seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Facebook Marketplace atau bahkan melalui social media seperti Whatsapp, Instagram atau Facebook.

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here