Beranda Entrepreneur 9 Karakteristik Pengusaha UKM Yang Sukses

9 Karakteristik Pengusaha UKM Yang Sukses

294
0
karakteristik pengusaha ukm yang sukses, karakteristik pengusaha sukses, pengusaha sukses
image credit : stocksnap.io

Menjadi seorang pengusaha UKM yang sukses tidaklah mudah. Walaupun definisi sukses dan industri dari seorang pengusaha UKM berbeda antara yang pengusaha satu dengan yang lain, tetapi anehnya terdapat beberapa karakter yang umum dimiliki oleh seorang pengusaha UKM yang sukses.

Kenyataan bahwa terdapat kesamaan dalam karakteristik pengusaha UKM yang sukses menunjukkan bahwa menjadi seorang pengusaha mempunyai kesamaan dengan aktivitas lain seperti olahraga atau investasi. Dimana terdapat karakteristik khusus yang membantu seseorang menjadi hebat dibidang tersebut.

Jika salah satu tujuan dalam hidup anda adalah menjadi seorang pengusaha UKM yang sukses maka mengembangkan 9 karakteristik pengusaha UKM yang sukses dibawah ini sangat penting untuk meningkatkan kemungkinan anda untuk meraih sukses.

Karakteristik Pengusaha UKM Yang Sukses

1. Mempunyai Passion 

Memulai dan mengembangkan UKM berarti mengharuskan anda untuk berpikir kreatif dan menyelesaikan beragam hambatan, kegagalan, dan masalah yang muncul dengan sumber daya yang terbatas.

Besarnya kesulitan tersebut menjadi salah satu alasan mengapa 9 dari 10 bisnis UKM gagal dalam waktu 3 tahun. Melalui masa-masa sulit dan menyelesaikan hambatan tersebut menjadi lebih sulit jika anda tidak memiliki passion di bidang tersebut dan hanya ingin mendapatkan keuntungan dengan cepat.

Hal ini terbukti dimana salah satu karakteristik pengusaha UKM yang sukses adalah mereka memulai bisnis yang sesuai dengan passion mereka atau mereka berhasil mengintegrasikan passion mereka dalam kegiatan bisnis mereka.

 

2. Mempunyai Tekad Kuat

Sebagian besar pengusaha UKM yang sukses mempunyai tekad yang kuat untuk sukses. Mereka mempunyai keinginan yang mendalam untuk melihat bisnis mereka berkembang dari bisnis kecil menjadi bisnis yang lebih besar.

Mempunyai tekad yang kuat untuk sukses adalah mudah ditemukan dalam karakteristik pengusaha UKM yang sukses karena tekad yang kuat menjadi salah satu modal penting dalam melewati hambatan dan masalah dalam mengembangkan bisnis. Dimana seringkali dibutuhkan semangat kompetisi, determinasi dan motivasi untuk bisa melaluinya.

3. Berorientasi Target

Tekad yang kuat dapat mengantar pengusaha UKM kepada kesuksesan sepanjang terdapat target yang ingin dicapai oleh pengusaha UKM tersebut. Tanpa target yang SMART (Spesifik, Terukur/Measurable, Dapat Dicapai/Attainable, dan Mempunyai Batas Waktu/Time based) dan kemampuan untuk fokus kepada tindakan sehari-hari yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut, kesuksesan dapat sulit dicapai.

Sebagian besar pengusaha UKM yang sukses seringkali meluangkan waktu untuk menetapkan target sehingga mereka mempunyai gambaran yang lebih jelas kearah mana bisnis mereka menuju dan bagaimana mereka akan mencapai tujuan tersebut.

 

4. Memiliki Perencanaan

Mempunyai suatu rencana bisnis tertulis sangat membantu dalam memperjelas visi, misi dan strategi setiap bisnis. Hal ini juga berlaku untuk bisnis UKM. Merencanakan setiap aspek bisnis bukan hanya suatu keharusan, tapi juga membangun kebiasaan yang harus dikembangkan, diterapkan, dan dipelihara setiap pemilik bisnis.

Tindakan perencanaan bisnis sangat penting karena mengharuskan Anda menganalisis setiap situasi bisnis, meneliti dan mengumpulkan data, dan membuat kesimpulan berdasarkan fakta yang diungkapkan melalui penelitian.

Seperti yang dikatakan oleh Winston Churchill “Seseorang yang gagal dalam membuat rencana, merencanakan untuk gagal“. Membuat rencana menjadi penting untuk meraih sukses karena merupakan tindakan proaktif untuk mengontrol nasib anda dan bisnis anda. Oleh karena itu memiliki perencanaan adalah salah satu karakteristik pengusaha UKM yang sukses.

Terkait : Bagaimana Cara Membuat Rencana Bisnis Lengkap

 

5. Mampu Untuk Fokus

Sebagian besar pengusaha UKM harus menangani berbagai tanggung jawab dan peran dalam bisnis mereka. Pengusaha UKM seringkali diharuskan untuk mengenakan banyak topi yang berbeda dalam bisnis mereka. Banyaknya hal yang harus dijalankan dan diselesaikan dapat menjadi gangguan dan mengurangi fokus dalam menyelesaikan masalah yang penting.

Oleh karena itu, kemampuan untuk fokus kepada masalah, tugas atau sasaran yang paling penting dalam jangka panjang merupakan karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha UKM yang sukses. Tanpa kemampuan untuk fokus, seorang pengusaha UKM akan sangat mudah untuk tenggelam dalam kesibukan operasional yang tidak memberikan dampak jangka panjang yang positif.

 

6. Tahan Banting

Menjadi seorang pengusaha UKM diiringi dengan risiko dan imbalan yang besar. Terdapat naik dan turun bisnis yang tidak bisa dihindari sebagai seorang pengusaha UKM, tidak hanya kesuksesan, anda juga dapat mengalami kemunduran atau bahkan kegagalan.

Jika hari ini anda meraih rekor penjualan dan keuntungan besar bisa jadi besoknya anda mendapatkan kerugian yang lebih besar. Oleh karena itu, seorang pengusaha UKM yang sukses adalah mereka yang sanggup untuk bangkit dan kembali dari kegagalan atau kemunduran sementara yang mereka alami untuk kemudian mencoba kembali.

 

7. Pintar Mengatur Keuangan

Terlepas dari terdapatnya berbagai definisi dari kesuksesan, dalam bisnis kesuksesan keuangan merupakan salah satu ukuran kesuksesan yang utama. Oleh karena itu, salah satu karakteristik pengusaha UKM yang sukses adalah mempunyai keahlian serta pintar dalam mengatur keuangan bisnis dan pribadi mereka.

Sebagian besar pengusaha UKM yang sukses sanggup dan terbiasa dalam membuat anggaran biaya serta disiplin dalam menerapkan anggaran tersebut dalam operasional bisnis mereka. Kemampuan ini sangat penting dalam menjaga margin laba serta sehatnya operasional bisnis mereka yang kemudian menjadi dasar dalam mengembangkan bisnis mereka ke tingkat selanjutnya.

Kemampuan mengatur keuangan ini mencakup keahlian dalam mengetahui berapa besar anggaran yang tersedia, apa pengeluaran yang penting, kapan untuk mengurangi pengeluaran dan bagaimana membuat keputusan yang bijak dalam membelanjakan uang bisnis anda. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa pembukuan bisnis yang baik menjadi sangat penting untuk UKM.

Terkait : 5 Alasan Mengapa Pembukuan Penting Untuk UKM

8. Pemimpin Tim

Tidak ada seorang pun yang bisa membangun bisnis yang sukses sendirian. Membangun bisnis yang sukses adalah tugas yang membutuhkan tim yang berkomitmen terhadap bisnis dan kesuksesannya.

Suatu tim yang efektif menjadi sangat penting agar anda dapat fokus kepada kegiatan yang memberikan nilai tambah paling besar bagi bisnis anda dan menjadi keahlian anda. Selain itu dengan membentuk tim yang baik anda dapat meningkatkan kapasitas dari bisnis anda dengan masing-masing anggota tim berkontribusi berdasarkan keahlian utamanya masing-masing.

Dengan pentingnya sebuah tim yang efektif dalam membangun bisnis yang sukses maka tidak heran jika salah satu karakteristik pengusaha UKM yang sukses adalah seorang pemimpin tim yang dapat mengarahkan setiap anggotanya dan juga pemangku kepentingan lainnya untuk membantu bisnis anda meraih sukses.

 

9. Mampu Menjaga Reputasi Yang Baik

Tidak ada bisnis yang dapat bertahan tanpa adanya pelanggan yang cukup. Sebagian besar bisnis UKM bergantung kepada reputasi yang baik dari bisnis tersebut untuk bisa mendapatkan serta mempertahankan pelanggan karena bisnis UKM tidak seperti bisnis besar yang dapat menarik pelanggan dengan anggaran iklan yang besar.

Oleh karena itu sangat penting dalam meraih kesuksesan UKM untuk memiliki pemilik yang dapat menjaga reputasi bisnisnya dengan baik. Hal ini berarti seorang pengusaha UKM harus memberikan pelayanan yang terbaik dan menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan apa yang anda janjikan kepada pelanggan.

 

Penutup

Mempunyai 9 karakteristik pengusaha UKM yang sukses diatas sangat penting dalam membangun bisnis UKM yang sukses. Beruntungnya 9 karakteristik tersebut dapat dibangun dan dikembangkan oleh anda dengan membangun kebiasaan yang baik setiap harinya.

Bagaimana menurut anda? apa karakteristik pengusaha UKM yang sukses selain yang sudah disebutkan dalam artikel ini? Berikan komentar anda dan berbagi pengetahuan dengan pembaca lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here