Bagaimana cara promosi produk online yang efektif? pertanyaan tersebut seringkali menjadi pertanyaan para pemilik bisnis yang ingin meningkatkan penjualannya.

Masalah promosi yang efektif memang merupakan hal yang sangat penting karena produk yang bagus tanpa promosi yang efektif tidak akan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara promosi produk online yang efektif, terutama dari segi biaya dan juga hasil yang dapat didapat dari promosi tersebut.

Cara Promosi Produk Online Yang Terbaik

1. Optimalkan Google Bisnisku (Google My Business)

Google Bisnisku / Google My Business merupakan layanan gratis dari Google yang memberikan kesempatan bagi setiap pemilik bisnis untuk membuat Profil Bisnis mereka dan situs bisnis gratis di Google Search dan Google Maps.

Dengan Google Bisnisku, pemilik bisnis dapat memberikan informasi, menjangkau dan berinteraksi dengan pelanggan. Selain untuk menampilkan profil dan kontak bisnis Anda di Google Maps dan Google Search mempunyai berbagai fitur yang dapat menjadi salah salah satu cara promosi produk online yang efektif dan gratis.

Beberapa fitur Google Bisnisku yang dapat anda gunakan untuk promosi produk yaitu:

  • Menambahkan produk dalam profil bisnis anda;
  • Membuat update/posting yang menjelaskan mengenai bisnis anda dan produk anda;
  • Membuat acara untuk mempromosikan bisnis atau produk anda.
  • Membuat penawaran atau promosi produk
  • Menampilkan foto produk dan layanan anda.
Google Bisnisku, Cara Promosi Produk Online Yang efektif
Google Bisnisku Cara Promosi Produk Online Yang efektif

2. Email Marketing

Banyak yang beranggapan bahwa masa-masa jaya email marketing telah lewat dengan naiknya media sosial sebagai media promosi yang efektif. Pada kenyataannya, email marketing atau pemasaran surel masih jauh lebih efektif dibandingkan pemasaran media sosial.

Artikel perbandingan antara pemasaran media sosial dan email marketing oleh Optinmonster menunjukkan bahwa email marketing dapat memberikan 4400% return on investment. Dimana hal tersebut berarti, setiap US$ 1 yang anda keluarkan dapat menghasilkan pendapatan sebesar US$ 44, tidak buruk bukan?

Selain itu, artikel dari Forbes mengenai pentingnya email marketing menjelaskan bahwa 79% bisnis yang menggunakan email marketing dalam mempromosikan usaha mereka mengatakan email marketing “penting” dalam “sangat penting” untuk bisnis mereka. Dengan statistik tersebut sudah dapat disimpulkan bahwa email marketing merupakan salah satu cara promosi produk online yang sangat efektif.

Anda bisa mempromosikan produk dan bisnis anda menggunakan email marketing dengan berbagai cara. Anda dapat mengirimkan email promosi khusus kepada pelanggan email anda, mengirimkan email update kepada pelanggan anda untuk membangun keterlibatan dan juga masih banyak lain.

Untuk mengumpulkan email pelanggan anda bisa menggunakan formulir Optin promosi yang memberikan pelanggan suatu penawaran khusus bagi pelanggan yang memberikan email mereka. Akan lebih baik jika anda menggunakan website sendiri untuk dapat mengumpulkan email pelanggan dengan formulir optin secara lebih optimal.

 

3. SEO 

SEO atau search engine optimization adalah praktik yang digunakan untuk memaksimalkan posisi ranking produk atau bisnis anda yang tampil pada mesin pencari seperti Google, Bing, Duckduckgo dan lainnya.

SEO juga dapat berlaku untuk mesin pencari yang digunakan diberbagai platform online marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan banyak lagi.
SEO berguna agar produk atau bisnis anda ditemukan oleh lebih banyak konsumen. Karena sebagian besar pelanggan umumnya melakukan pembelian dengan melakukan suatu pencarian maka SEO merupakan salah satu cara promosi produk online yang sangat efektif.

Mempelajari SEO membutuhkan waktu, kesabaran, keinginan untuk belajar yang kuat, dan terkadang biaya yang tidak sedikit. Namun jika anda sudah berhasil menguasai prinsip-prinsip SEO yang ampuh maka kemungkinan besar produk anda akan dilihat lebih banyak pelanggan dan mengalami peningkatan pendapatan yang signifikan.

Sponsored

Baca Juga : 42+ Bisnis Anak Muda Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

4. Blogging

Salah satu kunci promosi yang efektif adalah konten tersebut harus menarik perhatian, menyajikan informasi yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dan memuat cerita yang dapat menciptakan ikatan emosional dengan pelanggan anda.

Blogging merupakan salah satu cara yang efektif untuk membuat konten yang tidak saja menarik bagi pelanggan, anda juga dapat menyediakan artikel informatif mengenai produk anda melalui blog.

Anda juga dapat membagikan cerita personal mengenai pelanggan lama anda terkait pengalaman mereka dalam menggunakan produk atau layanan anda dengan menggunakan blog. Selain itu blog mempunyai fleksibilitas yang luar biasa dan potensi yang sangat luas, sehingga  blogging merupakan salah satu cara promosi produk online yang sangat efektif.

Blogging dapat menghasilkan promosi yang lebih optimal lagi jika dipadukan dengan SEO dan email marketing. SEO diperlukan agar lebih banyak orang yang menemukan konten promosi blog anda dan email marketing sebagai sarana mengumpulkan email sasaran promosi anda.

 

5. Kontes Giveaway

Hampir semua orang suka dengan barang gratis. Jika anda mencari cara promosi produk online yang efektif menjalankan kontes giveaway dapat menjadi strategi yang luar biasa untuk menimbulkan ketertarikan dan juga membangun kepercayaan pelanggan.

Kontes giveaway dilakukan dengan memberikan produk secara gratis kepada calon pelanggan yang membuat konten yang kreatif dan paling banyak disukai oleh pengikut mereka. Hal ini berarti pelanggan anda sendiri yang menunjukkan bagaimana produk anda dapat berguna dan bermanfaat bagi calon pelanggan yang lain.

Tidak hanya itu, promosi anda kemudian dapat dilihat oleh orang banyak yang karena yang menang kontes adalah mereka yang menghasilkan “Like” atau comment terbanyak.

Kontes giveaway juga sangat mudah untuk dilakukan. Anda dapat memulainya secara sederhana dengan membuat posting mengenai kontes yang anda lakukan dan apa hadiah yang akan diberikan dimedia sosial anda seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya.

 

6. Jual di Beberapa Platform

Berkembangnya ekosistem ekonomi digital di Indonesia telah mendorong munculnya berbagai platform untuk berjualan secara online.

Saat ini anda dapat menjual produk melalui online marketplace, website sendiri, sosial media bahkan melalui instant messanging.

Masing-masing layanan tersebut juga mempunyai berbagai platform misalnya untuk online marketplace anda bisa berjualan melalui Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Blibli.

Kemudian untuk sosial media anda bisa berjualan melalui Instagram, Facebook dan Pinterest. Begitu juga dengan instant messanging anda bisa menggunakan Whatsapp, Telegram dan banyak lagi.

Beragamnya pilihan platform tersebut mempunyai target pasar serta pengguna setia masing-masing. Dengan berjualan di banyak platform sekaligus anda meningkatkan potensi untuk ditemukan oleh target pasar anda yang sesuai dan promosi produk anda dapat dilihat oleh lebih banyak orang.

 

7. Promosi Instagram 

Instagram saat ini mempunya lebih dari 1.2 miliar pengguna aktif bulanan. Dari angka tersebut 69 juta merupakan pengguna aktif Indonesia dan merupakan basis pengguna terbesar keempat didunia.

Dengan besarnya basis pengguna Instagram tersebut dan fokus pada aspek visual, Instagram merupakan salah satu platform yang sangat efektif sebagai cara promosi produk online.

Terdapat banyak cara untuk mempromosikan produk dan bisnis anda melalui Instagram. Anda dapat membagikan foto produk yang menarik, membagikan story Instagram penggunaan produk anda, membuat kontes, membagikan testimoni pelanggan dan banyak lagi.

 

8. Facebook 

Facebook mungkin sudah tidak seperti dulu dimana setiap orang menggunakannya hampir setiap hari. Meskipun begitu jangan beranggapan bahwa Facebook sudah tidak lagi menjadi sarana promosi yang efektif.

Facebook masih memiliki banyak pengguna setia yang dapat menjadi sasaran promosi anda. Anda dapat bergabung dalam suatu forum, grup atau page yang relevan dengan produk anda kemudian membagikan cerita tentang produk anda.
Anda juga dapat mencoba menggunakan Facebook ads jika anda mempunyai budget promosi yang lebih besar. Facebook ads masih cukup efektif untuk sarana promosi karena kemampuan Facebook ads yang sangat luas untuk menentukan target pemirsa yang benar-benar sesuai dengan target pasar anda.

 

9. Bagikan Testimonial Pembeli

Dalam meluncurkan produk baru sangat penting bagi anda untuk mendapatkan bukti mengenai produk yang anda tawarkan bekerja dengan baik untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi pelanggan.

Misalnya anda berjualan charger handphone dengan fitur quick charging, barang yang anda jual tersebut akan lebih mudah terjual jika calon pelanggan anda melihat bahwa pelanggan lama anda sudah membuktikan charger tersebut memang mampu mengisi baterai handphone dengan waktu yang sangat singkat.

Oleh karena itu membagikan testimonial pembeli menjadi sangat penting dalam membangun kepercayaan dan reputasi bisnis serta produk anda. Untuk mengumpulkan testimoni pembeli anda bisa memberikan hadiah berupa kupon potongan kepada pembeli yang memberikan testimoni yang menarik.

10. Buat Video Bercerita

Kunci dari promosi yang efektif adalah membangun pengalaman yang melekat pada sisi emosional pembeli, buka bagaimana bagusnya produk anda.

Promosi dalam bentuk suatu cerita dapat membangun keterlibatan emosi baik itu berupa kesenangan, simpati, dan emosi lainnya dengan pelanggan. Ambil contoh video promosi dari Tokopedia Bergerak Bersama Indonesia.

Cerita yang mendetail mengenai suatu produk dengan demikian menjadi salah satu cara promosi online yang efektif untuk digunakan.

Advertisement
Sponsored

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here