inovasi untuk meningkatkan penjualan bisnis
image credit: pexels.com inovasi untuk meningkatkan penjualan bisnis

Apa saja strategi inovasi untuk meningkatkan penjualan? Artikel ini akan membahas lebih jauh bagaimana inovasi dapat meningkatkan pendapatan atau penjualan bisnis anda.

Inovasi merupakan salah satu sumber keunggulan kompetitif yang penting untuk memastikan setiap bisnis berkembang. Inovasi juga merupakan salah satu strategi yang efektif dalam mengembangkan UMKM.

Banyak yang mengidentikan kata “inovasi” dengan ide cemerlang yang belum pernah dipikirkan atau dilakukan oleh orang lain. Hal tersebut tidaklah tepat, karena inovasi juga mencakup kombinasi baru dari cara-cara yang sudah ada.

Anda tidak perlu menemukan suatu hal yang benar-benar baru untuk bisa menerapkan inovasi. Yang perlu anda lakukan untuk menerapkan inovasi di bisnis anda adalah melakukan perubahan sedikit demi sedikit untuk meningkatkan kapabilitas dan kemampuan bisnis anda.

Terkait dengan pengembangan bisnis tersebut, terdapat beberapa inovasi untuk meningkatan penjualan yang dapat kami bagikan yaitu:

1. Program Loyalty Yang Efektif

Loyalitas pelanggan merupakan kemauan dan keinginan pelanggan untuk terus membeli atau menggunakan jasa dari bisnis yang memberikan pengalaman baik saat interaksi mereka dengan bisnis tersebut.

Pelanggan loyal merupakan basis yang sangat penting bagi setiap bisnis. Pelanggan yang loyal secara rata-rata dapat berbelanja 67% lebih banyak daripada pelanggan baru.

Tanpa adanya pelanggan yang loyal sangat sulit bagi suatu bisnis untuk mengembangkan usaha secara berkelanjutan, karena cepat atau lambat anda akan kesulitan untuk mendapatkan pelanggan baru.

Oleh karena itu salah satu inovasi untuk meningkatkan penjualan yang efektif adalah dengan mengembangkan program member atau program loyalitas pelanggan yang baik. Program loyalitas tersebut bisa berupa potongan harga khusus atau produk gratis untuk setiap pembelanjaan dengan nilai tertentu atau bahkan hadiah liburan untuk member yang beruntung.

Baca Juga: 42+ Bisnis Anak Muda Modal Kecil Yang Menjanjikan Tahun 2021

2. Struktur Insentif Yang Efektif

Jika anda mempunyai tenaga pemasar atau mitra yang menjadi salah satu penggerak utama penjualan anda salah satu inovasi untuk meningkatkan penjualan yang dapat anda lakukan adalah meningkatkan struktur insentif menjadi lebih efektif.

Anda mungkin saat ini sudah mempunyai skema insentif penjualan yang membantu tenaga pemasaran dan mitra anda untuk terpacu mendapatkan penjualan. Namun, jika skema anda hanya terfokus kepada hasil akhir yaitu penjualan yang dibukukan sejatinya anda bisa menerapkan skema insentif yang lebih baik.

Kebanyakan penjualan tidak terjadi begitu saja. Penjualan seringkali terjadi setelah melalui suatu perjalanan mulai dari perkenalan dengan pelanggan, penjelasan penawaran, pemberian penawaran, kesepakatan dan terakhir layanan purna jual.

Memberikan insentif kepada tenaga pemasar secara bertingkat mulai dari awal perjalanan sampai akhir tersebut akan lebih efektif ketimbang memberikan insentif secara besar di akhir perjalanan penjualan.

Dengan memberikan insentif secara bertingkat tersebut, tenaga pemasar dapat fokus kepada perjalanan dan pembentukan hubungan dengan pelanggan yang lebih positif. Dimana hal ini dapat meningkatkan penjualan jangka menengah dan jangka panjang anda.

Baca Juga: 33+ Usaha Modal 1 Juta Paling Menjanjikan dan Menguntungkan

3. Strategi Omnichannel

Perkembangan eCommerce atau perdagangan daring saat ini telah membuka suatu peluang baru inovasi untuk meningkatkan penjualan berupa penerapan strategi omnichannel yang memudahkan setiap pelanggan dan calon pelanggan anda untuk membeli produk anda.

Strategi omnichannel adalah strategi dimana anda membuka berbagai saluran penjualan mulai dari penjualan offline, melalui website, melalui online marketplace, social media sampai aplikasi pesan singkat seperti Whatsapp.

Kemudian seluruh saluran penjualan tersebut diintegrasikan secara efektif dengan suatu basis data yang membantu anda dalam mengetahui seperti apa preferensi pelanggan anda untuk meningkatkan efektivitas promosi anda.

Sebagai ilustrasi implementasi strategi ini, katakan Bapak Toni suatu hari berbelanja di toko offline anda kemudian dari transaksi tersebut anda meminta kesediaannya untuk memberikan alamat email untuk mendapatkan diskon khusus.

Kemudian dari alamat email yang anda dapatkan tersebut anda bisa memberikan promosi untuk melakukan pembelian melalui website sebagai alternatif jika bapak Toni kemudian tidak sempat datang ke toko offline anda.

 

4. Strategi Cross & Up-sell

Jauh lebih mudah ,elakukan penjualan kepada pelanggan yang pernah membeli dari anda dan mempunyai pengalaman yang cukup baik dibandingkan melakukan penjualan kepada pelanggan baru.

Hal tersebut karena seperti yang kami uraikan diatas bahwa kebanyakan penjualan tidak terjadi begitu saja tetapi sebelumnya pelanggan mengalami suatu perjalanan seperti tahap pengenalan dan penawaran.

Salah satu inovasi untuk meningkatkan penjualan yang memanfaatkan hal tersebut adalah dengan membuat suatu program cross-sell dan up-sell kepada pelanggan lama anda.

Apa itu cross-sell dan up-sell? Secara singkat cross-sell adalah melakukan penawaran kepada produk terkait yang dapat melengkapi produk yang sudah mereka beli (atau dalam proses pembelian). Contohnya, saat anda membeli ayam di KFC umumnya kasir akan menawarkan minuman ataupun makanan pelangkap lainnya.

Sedangkan Up-sell adalah melakukan penawaran untuk membeli varian yang lebih bernilai daripada produk yang akan mereka beli. Contohnya saat anda membeli paket burger di McD biasanya kasir akan menawarkan apakah anda berminat untuk membeli ukuran yang lebih besar atau tidak.

Langkah awal penerapan inovasi untuk meningkatkan penjualan yang satu ini dapat dilakukan dengan mengidentifikasi produk-produk yang paling banyak dibeli oleh pelanggan dan kemudian membuat daftar up-sell dan cross-sell terkait dengan produk-produk tersebut.

Jika dilakukan dengan benar, up-sell dan cross-sell tidak hanya meningkatkan pendapatan anda. Program tersebut juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan karena dengan hal tersebut mereka akan lebih mengenal dan mempercayai bisnis anda.

Baca Juga: 10 Cara Promosi Produk Online Yang Efektif

5. Peningkatan Proses Bisnis

Bisnis yang ingin berkembang harus senantiasa melakukan peningkatan dan perbaikan dalam proses bisnisnya hingga proses bisnis yang dilakukan mencapai best practice yang efektif dan efisien.

Peningkatan proses bisnis mencakup berbagai aspek terkait dengan penyediaan barang/jasa kepada konsumen. Hal ini berarti proses bisnis mencakup rantai pasokan, praktik penjualan, kontrol kualitas dan lainnya.

Karena proses bisnis berpengaruh terhadap penyediaan barang/jasa kepada konsumen hal ini juga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen terhadap bisnis anda.

Disisi lain kepuasan sangat berpengaruh kepada tingkat loyalitas konsumen yang berarti peningkatan terhadap proses bisnis mempunyai pengaruh terhadap peningkatan pendapatan bisnis anda secara menyeluruh.

Untuk melakukan peningkatan proses bisnis anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi kelemahan proses bisnis yang anda lakukan selama ini. Kritisi praktik yang anda lakukan dan kaji apakah anda bisa memperbaiki praktik yang selama ini dilakukan.

Baca Juga : 5 Faktor Kesuksesan Bisnis dan Usaha Yang Paling Penting

Penutup

Inovasi merupakan hal yang sangat penting bagi setiap bisnis agar dapat bersaing dan berkembang. Hal tersebut karena dunia semakin berkembang dan inovasi menjadi suatu keharusan bagi setiap bisnis yang ingin bertahan.

Inovasi tidak hanya terkait dengan pengembangan produk baru, tetapi juga mencakup inovasi untuk meningkatkan penjualan dan bisnis.

Terdapat berbagai jenis inovasi untuk meningkatkan penjualan yang dapat dilakukan, 5 contoh diatas hanyalah sebagian dari berbagai inovasi yang dapat anda lakukan.

Bagaimana menurut anda, apa saja inovasi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis anda? Berikan komentar anda pada kolom dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here