tips meningkatkan motivasi untuk sukses, cara meningkatkan motivasi untuk sukses
image credit : pexels.com

Apa yang menjadi motivasi kamu untuk meraih sukses? Apakah motivasi kamu untuk menjadi sukses cukup besar untuk bisa menghadapi hambatan dan rintangan untuk meraih sukses? Kedua pertanyaan tersebut harus kamu ketahui jawabannya untuk bisa menjadi sukses dalam bisnis karena salah satu rahasia untuk meraih sukses adalah mempunyai motivasi yang kuat untuk bisa terus bekerja dan berusaha secara konsisten. Tanpa adanya motivasi yang cukup kuat, kamu tidak akan bisa memaksimalkan potensi yang kamu punya dan akan memilih untuk menyerah kepada keadaan yang ada.

Oleh karena itu meningkatkan motivasi yang kamu punya sangat penting untuk mewujudkan bisnis yang sukses. Pertanyaannya bagaimana cara meningkatkan motivasi tersebut secara efektif? Kamu tidak perlu ikut kelas motivasi dengan biaya ratusan ribu atau bahkan jutaan rupiah untuk meningkatkan motivasi kamu, berikut 4 tips penting dalam meningkatkan motivasi untuk bisnis yang sukses.

 

1. Temukan Alasan Sebenarnya Untuk Meraih Sukses

Mempunyai alasan yang dangkal seperti “saya ingin menjadi kaya” atau “saya ingin mempunyai pendapatan yang lebih banyak” tidaklah cukup untuk menjadi motivasi yang kuat. Kamu harus menemukan alasan sebenarnya mengapa kamu ingin menjadi kaya atau mempunyai pendapatan yang lebih banyak.

Apakah kamu ingin membahagiakan orang tua kamu? atau membahagiakan pasangan dan anak kamu? Dengan mengetahui apa sebenarnya alasan kamu untuk meraih sukses kamu dapat mempunyai motivasi yang lebih kuat karena alasan yang kamu punya  juga lebih kuat. Selain itu kamu juga akan lebih bisa membayangkan apa akibatnya jika kamu tidak mempunyai motivasi yang cukup untuk menjadi sukses.

A drEAM DOES NOT BECOME REALITY THROUGH MAGIC. iT TAKES SWEAT, DETERMINATION, AND hARD wORK – COLIN POWELL

Mengetahui alasan sebenarnya dibalik keinginan kamu untuk meraih kekayaan dan menjadi sukses juga sangat penting untuk menghindari kesalahan terlalu lama mengejar kekayaan yang sebenarnya tidak kamu perlukan untuk meraih hal tersebut.

Oleh karena itu tanyakan berkali-kali pertanyaan untuk mengetahui alasan yang sebenarnya kepada diri kamu. Misalnya, mengapa aku melakukan hal ini? Karena aku ingin menjadi kaya. Mengapa kamu ingin menjadi kaya? Karena aku ingin mempunyai kebebasan finansial. Apa akibatnya jika kamu tidak bekerja untuk mewujudkan tujuan tersebut? Aku harus terus bekerja sampai tua.

 

2. Visualisasi Keberhasilan Meraih Tujuan

Visualisasi adalah cara yang sangat efektif untuk membangkitkan kelima indra perasa untuk membangun pemikiran bawah sadar yang kuat untuk meraih sukses. Jika kamu hanya sekedar bertujuan “menjadi kaya” tanpa membuat visualisasi apa yang kamu rasakan dan nikmati saat meraih hal tersebut tujuan tersebut hanya akan menjadi sekedar sebuah kata-kata.

Tetapi jika kamu mengubah tujuan tersebut dari kata-kata menjadi imajinasi visual berupa pemandangan yang lengkap dengan berbagai sensasinya seperti suara dan bau, motivasi yang kamu punya berubah menjadi suatu yang lebih meyakinkan dan kuat. Hal ini karena secara evolusi, manusia mempunyai kemampuan berpikir dan mengingat lebih baik atas apa yang kita lihat dan rasakan dan manusia dapat bereaksi lebih baik terhadap apa yang dilihatnya.

Create the highest, grandest vision for your life because you become what you believe

Biarkan saya memberikan contoh untuk menempatkan hal ini kedalam praktek. Katakanlah tujuan saya adalah menjadi kaya. Saya bisa mengatakan kepada diri saya “Saya ingin menjadi orang kaya” dan mungkin menuliskan tujuan tersebut. Atau saya bisa membayangkan rumah seperti apa yang akan saya tempati, mobil apa yang saya bawa. Bagaimana detil dari rumah dan mobil tersebut serta apa sensasinya saat berada di mobil dan rumah tersebut.

Tujuan versi manakah yang menurut kamu lebih baik untuk diingat dan memberikan motivasi yang lebih kuat?

 

3. Memberi Bantuan Kepada Orang Yang Membutuhkan

Salah satu cara efektif meningkatkan motivasi untuk membangun bisnis yang sukses adalah dengan memberikan bantuan kepada orang lain yang membutuhkan bantuan kamu.

Orang lain tersebut bisa keluarga dekat kamu sendiri seperti kakak, adik, atau orang tua dan juga orang asing seperti fakir miskin dan anak yatim. Memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan adalah cara efektif meningkatkan motivasi karena dengan membantu orang lain kamu bisa mendapatkan perasaan luar biasa dan kepuasan karena telah berbuat kebaikan.

Selain memberikan manfaat berupa peningkatan moral dan semangat untuk bekerja lebih keras, membantu orang lain yang membutuhkan juga mempunyai efek positif lain yang seperti balasan orang tersebut dimasa depan dan membangun hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

We rise by Lifting other – robert ingersol

Banyak sekali milyuner dunia yang menyumbangkan milyaran dolar untuk membantu orang lain diberbagai bidang seperti Warren Buffet, Bill Gates, Mark Zuckerberg, Larry Elison dan masih banyak lagi.

4. Mendengarkan Musik dan Membaca Kata-kata Motivasi

Salah satu cara membangkitkan motivasi dengan cepat adalah dengan membangun suasana hati yang mendukung. Salah satunya dengan mendengarkan musik yang membangun semangat dan inspiratif seperti “Lose Myself” Eminem.

Anda juga bisa membaca kata-kata motivasi yang menghibur, dan menambah semangat anda. Anda dapat dengan mudah menemukan kata-kata motivasi yang menarik di Instagram, atau anda juga bisa membuat kata-kata motivasi anda sendiri dengan menggunakan Canva.

Dengan menggunakan Canva anda dapat mendapatkan inspirasi dan membuat kata-kata motivasi anda sendiri yang sepenuhnya merupakan hak anda. Selain menambah semangat, anda juga akan mendapatkan tambahan follower dengan memposting hasil kreasi kata-kata motivasi anda di Instagram.

 

Tindakan apa yang akan kamu lakukan untuk lebih termotivasi? Apakah kamu mempunyai cara untuk meningkatkan motivasi yang lain? Bagikan tanggapan kamu dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here