Beranda Ecommerce Bagaimana Cara Memilih Hosting Terbaik Untuk Toko Online WordPress

Bagaimana Cara Memilih Hosting Terbaik Untuk Toko Online WordPress

2130
0
cara memilih hosting terbaik untuk toko online

Memilih hosting terbaik untuk toko online WordPress bukanlah hal yang mudah, saat ini banyak sekali pilihan penyedia layanan hosting dari harga yang murah sampai yang mahal. Selain banyaknya pilihan penyedia layanan, beragam pilihan paket hosting juga menjadi salah satu hal yang dapat menambah kebingungan disaat harus memilih hosting terbaik untuk toko online anda.

Untuk membantu kamu dalam memilih hosting terbaik untuk toko online WordPress kamu berikut cara memilih hosting terbaik untuk toko online kamu dan rekomendasi yang kami berikut cara memilih hosting untuk toko online WordPress dan rekomendasi dari kami:

 

1. Cari Layanan Hosting Dengan Jaminan Uptime 99% – 100%

Hosting yang berkualitas untuk toko online adalah yang dapat diakses hampir setiap saat.  Jika toko online kamu sering tidak bisa diakses akibat server hosting kamu down tentu akan berpengaruh terhadap penjualan toko online kamu, kamu bahkan dapat kehilangan pelanggan karena sulitnya mengakses toko online kamu.

Untuk itu pertama-tama carilah apakah layanan hosting yang ingin kamu pilih tersebut memberikan jaminan Uptime 99% atau bahkan 100%. Jika mereka memberi jaminan tersebut ketahui juga apa kompensasinya jika dikemudian hari layanan hosting yang kamu dapatkan tidak sesuai dengan jaminan yang diberikan. Jangan lupa untuk melakukan google search singkat untuk mengetahui apakah layanan hosting tersebut sering mati.

 

2. Kecepatan Server

Hal kedua yang perlu kamu perhatikan dalam memilih hosting untuk toko online kamu adalah apakah server layanan hosting tersebut cukup cepat atau tidak. Saat ini kecepatan dalam mengakses menjadi salah satu faktor utama yang menentukan kenyamanan pengunjung anda dalam menggunakan toko online anda. Jika toko online kamu terlalu lama untuk diakses, calon pelanggan tersebut bisa lari dan mencari toko online lain.

Untuk mengetes kecepatan server layanan hosting tersebut kamu dapat mencoba menggunakan Google Pagespeed Insight dan GTMetrix.com. Untuk mengetes kecepatan server layanan hosting secara lebih akurat lebih baik jika kamu meminta website yang menggunakan paket hosting sejenis kepada Customer Service layanan hosting yang bersangkutan. Server yang mempunyai kecepatan cukup cepat adalah server yang dapat menyelesaikan loading kurang dari waktu 5 detik.

 

3. Support Yang Handal

Mengatur toko online akan jauh lebih mudah apabila hosting yang kamu pilih memberikan support untuk masalah-masalah teknis dengan sigap. Kamu bisa membayangkan bagaimana frustasinya kamu jika server hosting kamu mengalami masalah tetapi hosting tersebut lama memberikan respon dan solusi yang kamu perlukan. Jika support yang diberikan lama dan tidak bisa diandalkan kamu tidak hanya kehilangan pelanggan tetapi juga waktu yang berharga. Oleh karena itu support yang handal adalah salah satu karakteristik penting yang wajib kamu perhatikan dalam memilih hosting untuk toko online kamu.

 

4. Lokasi Server

Lokasi server sangat berpengaruh terhadap kecepatan mengakses dari negara lain, hal ini pada akhirnya akan berpengaruh kepada kenyamanan pelanggan dalam menggunakan toko online anda. Jika toko online anda memiliki pasar lokal atau di Indonesia saja maka memilih server yang berlokasi di Indonesia tidak menjadi masalah tetapi jika kamu bermaksud untuk mencoba menawarkan produk yang kamu punya ke luar negeri maka setidaknya pilih lokasi server yang berada di Singapura.

 

5. Traffic Limit

Saat ini kebanyakan penyedia layanan hosting memberikan layanan dengan bandwidth unlimited, tetapi jika hosting yang ingin kamu pilih masih menerapkan batas bandwitdh pastikan dulu apakah batasan bandwith tersebut mencukupi jumlah pengunjung toko online yang kamu harapkan. Menentukan kebutuhan bandwitdh sulit dilakukan sehingga akan lebih baik jika kamu memilih hosting yang sudah menerapkan bandwidth unlimited.

 

6. Disk Space Yang Besar 

Untuk membuat toko online yang bagus diperlukan foto yang berkualitas dalam jumlah yang tidak sedikit untuk meyakinkan pelanggan bahwa produk yang kamu tawarkan mempunyai kualitas yang baik. Jika produk yang kamu tawarkan nantinya mempunyai jumlah yang banyak, foto-foto produk tersebut dapat mengambil disk space yang cukup besar.

Selain itu jika kamu juga ingin menggunakan strategi konten marketing dengan membuat blog toko kamu sesuai dengan apa yang kamu tawarkan maka kebutuhan disk space juga akan semakin bertambah. Oleh karena itu dalam memilih hosting terbaik untuk toko online kamu disk space yang besar harus menjadi pertimbangan kamu. Sebagai permulaan, akan lebih baik jika kamu memilih hosting dengan disk space setidak-tidaknya sampai dengan 1 GB.

 

7. Harga Yang Kompetitif

Jika kamu baru saja memulai untuk membuka toko online, harga hosting yang dikenakan biasanya menjadi pertimbangan utama. Tetapi yang harus diperhatikan adalah apakah dengan harga yang ditawarkan tersebut kamu mendapatkan layanan yang sesuai dan berkualitas. Jika kamu memilih layanan hanya dengan mempertimbangkan harga saja tetapi akhirnya space yang kamu dapatkan jauh lebih kecil, atau support yang diberikan sangat buruk bisa jadi bukannya menghemat justru menambah biaya yang dikeluarkan. Untuk itu sebelum memilih hosting terbaik untuk toko online kamu bandingkan penawaran harga beberapa penyedia layanan hosting dan bagaimana nilai yang dapat anda berikan untuk disk space, kecepatan server, support dan jaminan uptime yang diberikan.

 

Rekomendasi Hosting:

Kamu masih bingung untuk memilih hosting terbaik untuk toko online kamu? Jika ya, kamu bisa mencoba Dewaweb yang IDNtrepreneur pakai selama ini untuk hosting. Review Dewaweb ini berdasarkan pengalaman kami menggunakan layanan Dewaweb untuk IDNtrepreneur dan beberapa toko online yang kami buat. Berikut review kami terhadap layanan hosting yang Dewaweb berikan:

1. Kecepatan

Kecepatan hosting Dewaweb menjadi salah satu penentu mengapa IDNtrepreneur menggunakan Dewaweb. Kecepatan loading yang diberikan oleh Dewaweb lebih cepat daripada kebanyakan penyedia layanan hosting Indonesia lainnya, dari hasil GTMetrix.com, kecepatan loading IDNtrepreneur yang menggunakan Dewaweb hanya butuh 3 – 4 detik yang jauh lebih cepat daripada rata-rata kecepatan loading website lain yang membutuhkan waktu 6,1 detik.

2. Support

Dewaweb memberikan support 24 x 7 yang selalu siap membantu dan dapat diandalkan. Pengalaman dengan support Dewaweb tidak pernah mengecawakan terutama terkait dengan masalah migrasi website dan pertanyaan mengenai masalah yang dihadapi dalam hosting juga cepat.

3. Harga

Harga yang Dewaweb tawarkan sangatlah kompetitif, terutama untuk paket Hunter yang memberikan space 1 GB dimana untuk paket 1 GB kebanyakan penyedia layanan hosting mempunyai harga lebih mahal antara 33% atau bahkan 40%. Terlebih lagi jika kamu melakukan pembayaran untuk hosting setahun kamu mendapatkan gratis perpanjangan domain seumur hidup yang berarti setidak-tidaknya kamu menghemat Rp. 100 ribu untuk perpanjangan domain.

4. Uptime 100%

Dewaweb adalah salah satu penyedia layanan hosting yang sanggup memberikan jaminan uptime 100%. Hal ini dimungkinkan dengan teknologi Cloud Hosting Dewaweb yang secara langsung mencegah terjadinya server down karena dengan Cloud Hosting server website kamu tidak tergantung kepada satu server saja tetapi beberapa server yang dimana jika satu server mengalami masalah maka server lain akan menanganinya.

 

Jika kamu ingin mengecek fitur-fitur lain dari Dewaweb, ingin bertanya dengan support, atau ikut berlanggan Dewaweb kamu bisa klik gambar dibawah ini:

Disclaimer : Link dewaweb adalah link affiliate yang berarti jika kamu memutuskan untuk membeli, IDNtrepreneur akan mendapatkan komisi tanpa membebankan biaya apapun kepada kamu. Kami mereferensikan Dewaweb karena kami menggunakan layanan tersebut dan puas dengan layanan Dewaweb.

 

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here