Beranda Entrepreneur 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Bisnis Di Usia Muda

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Bisnis Di Usia Muda

usia muda adalah usia terbaik untuk memulai bisnis

853
0
alasan memulai bisnis di usia muda, pengusaha muda, entrepreneur muda
image credit : pexels.co

Bagi kebanyakan orang, masa muda identik dengan masa-masa untuk bersenang-senang, berkumpul dengan teman, menjelajahi dunia dan mencoba berbagai hal-hal baru. Menikmati hidup di usia muda memang tidak ada salahnya, terutama bagi mereka yang mempunyai kesempatan untuk hal itu. Tetapi jika kamu ingin menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur sukses di masa depan kamu perlu mengetahui sebenarnya terdapat alasan kuat mengapa kamu harus memulai bisnis di usia muda.

Kenapa? Walaupun memang tidak semua pengusaha sukses memulai usaha dari usia muda tetapi banyak sekali pengusaha yang sangat sukses memulai usahanya dari muda. Contohnya, Top Ittipat milyuner cemilan rumput laut dari Thailand, Mark Zuckerberd yang menjadi raja social media, Elang Gumilang yang sukses berbisnis properti dan masih banyak lagi.

Selain karena adanya contoh sukses pengusaha muda tersebut, terdapat 5 alasan mengapa kamu harus memulai bisnis di usia muda sebagaimana dibawah ini:

1. Pertumbuhan Personal Yang Lebih Cepat

Kapasitas personal sangat mempengaruhi apakah kamu dapat meraih sukses yang berkelanjutan atau tidak. Sebagian besar orang yang meraih sukses mengalami berbagai pengalaman, pengetahuan dan koneksi yang tidak dapat diperoleh dengan mudah.

Untuk memperoleh semua hal tersebut tidak ada cara yang lebih cepat dibandingkan dengan memulai bisnis. Apa yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis menuntut kamu tumbuh menjadi orang yang lebih baik. Menjalankan bisnis memperkenalkan kamu berbagai pelajaran hidup, dan yang mengenal pelajaran tersebut pada usia muda akan memungkinkan kamu untuk berkembang menjadi orang yang lebih baik dengan lebih cepat.

 

2. Energi dan Motivasi Diri

Membangun bisnis dari nol membutuhkan kerja keras. Selain itu untuk melihat perkembangan yang cukup memuaskan kemungkinan besar kamu perlu mendedikasikan waktu yang tidak sedikit di bisnis tersebut.

Mendedikasikan waktu dan bekerja keras dalam waktu yang lama membutuhkan energi dan motivasi yang melimpah. Dimana energi dan motivasi yang melimpah tersebut umumnya dimiliki saat masih berusia muda.

Memang tidak tertutup kemungkinan kamu masih mempunyai energi dan motivasi yang melimpah diusia 40 an atau bahkan 50 an, tetapi menunda untuk memulai bisnis hanya menambah risiko dimana kamu tidak lagi mempunyai energi yang dibutuhkan untuk sukses. Apa lagi mengingat jika ide bisnis yang “bisa” sukses dan mempunyai potensi sekarang menjadi “tidak mungkin” di 5 tahun atau 10 tahun dari sekarang.

 

3. Kreatifitas Yang Mengalir 

Memulai bisnis dari nol seringkali menuntut pengusaha untuk bisa berpikir kreatif. Kreatifitas disini tidak hanya berhubungan dengan bagaimana membuat konsep produk atau layanan yang diberikan, tetapi juga untuk mencari solusi dari hambatan yang bisnis kamu hadapi dengan sumber daya yang terbatas.

Kreatifitas juga menjadi modal bagi bisnis kamu untuk bisa “terlihat” dan “berbeda” dari bisnis lain yang sudah ada lebih dahulu. Dengan dapat berpikir kreatif kamu bisa merancang konsep yang berbeda atau cara promosi yang unik untuk bisnis kamu. Walaupun kreatifitas tidak dijamin oleh usia yang lebih muda tetapi terdapat studi yang menunjukkan setelah melewati usia 30an kreatifitas dan produktifitas cenderung menurun.

 

4. Kemampuan Belajar Yang Lebih Cepat

Salah satu kelebihan utama dari usia muda adalah kemampuan belajar yang lebih cepat. Mampu belajar lebih cepat memberikan banyak sekali manfaat, salah satunya adalah meningkatkan peluang untuk bisa sukses dalam membangun bisnis.

Dengan kemampuan untuk belajar lebih cepat kamu bisa memperoleh pengetahuan serta keahlian yang dibutuhkan untuk memulai bisnis dan meningkatkan bisnis kamu ke tingkat yang lebih tinggi.

Selain itu orang yang berusia muda juga umumnya lebih mudah menguasai teknologi baru. Hal ini memberikan peluang untuk memanfaatkan perubahan teknologi yang mengganggu bisnis yang sudah ada dan mencoba mengalahkan bisnis yang sudah mapan tersebut. Hal ini terbukti dengan berkembangnya teknologi internet dan penggunaan ecommerce, lambat laun retailer yang hanya mengandalkan toko fisik semakin terpinggirkan dan bahkan terancam bangkrut seperti Sears yang dulu merupakan raja retailer di Amerika Serikat.

 

5. Potensi Keuntungan Jangka Panjang Jauh Lebih Besar

Alasan untuk memulai bisnis di usia muda yang kelima tidak terlepas dari manfaat finansial yang bisa kamu peroleh dari memulai bisnis. Jika kamu berhasil membangun bisnis yang cukup sukses dan menghasilkan pendapatan bersih puluhan juta setiap bulannya di usia muda, kamu mempunyai kesempatan lebih besar untuk mengembangkan bisnis tersebut menjadi bisnis yang menghasilkan ratusan juta setiap bulan.

Kesempatan yang lebih besar untuk meningkatkan pendapatan tersebut tidak terlepas dari faktor waktu yang lebih panjang bagi kamu untuk memupuk keuangan bisnis yang lebih baik dan menginvestasikannya dalam jangka waktu yang lebih panjang.

 

Jangka waktu yang lebih panjang untuk berinvestasi tersebut memberikan efek multiplier atau snowball effect yang sangat signifikan dalam meningkatn return yang diberikan. Bahkan jika kemudian kamu berinvestasi untuk membangun pasif income kamu bisa pensiun dengan tenang dan masih mendapatkan pendapatan yang cukup tanpa harus bekerja keras.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here