Beranda Entrepreneur 7 Strategi Yang Dilakukan Orang Kaya Untuk Menjadi Kaya

7 Strategi Yang Dilakukan Orang Kaya Untuk Menjadi Kaya

539
0
strategi orang kaya, cara menjadi kaya, rahasia orang kaya

Apa strategi yang dilakukan orang kaya untuk menjadi kaya? Rahasia tersebut merupakan salah satu pembahasan yang menarik karena disaat masih ada 27,6 juta jiwa penduduk miskin di Indonesia, tetapi disisi lain kenaikan jumlah orang kaya di Indonesia (dengan aset lebih dari 1 juta USD)  juga meningkat sampai 400% dari 10.080 orang di tahun 2005 menjadi 48.500 orang ditahun 2016. Bahkan diprediksi 10 tahun lagi jumlah orang di Indonesia akan mencapai 100.000 lebih.

Peningkatan jumlah orang kaya tersebut juga tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga diseluruh dunia seperti China dan India yang saat ini jumlah orang kaya di China sudah lebih banyak dari AS.

Walaupun setiap orang mempunyai kesempatan untuk menjadi kaya tetapi tidak semua orang dapat benar-benar mencapai hal tersebut. Salah satu alasannya adalah karena orang yang menjadi kaya mengetahui strategi yang tepat untuk mencapai kekayaan tersebut. Jika salah satu tujuan anda dalam hidup adalah menjadi kaya akan sangat membantu jika anda mengetahui 7 strategi orang kaya untuk menjadi kaya sebagai berikut:

 

1. Investasi Pasif Income

Gaji yang besar hanyalah salah satu bagian dari jalan untuk mencapai kekayaan. Membangun investasi pasif income adalah bagian yang lebih panjang dan penting untuk membangun kekayaan yang berkelanjutan dan terus berkembang.

Orang kaya mengetahui bahwa untuk membangun kekayaan, sangat penting untuk menjadikan uang yang bekerja untuk anda, dan bukan sebaliknya. Cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah dengan melakukan investasi yang memberikan pendapatan secara pasif. Kenapa? karena dengan investasi pasif income anda tidak dibatasi oleh waktu yang hanya 24 jam sehari untuk menghasilkan uang.

Bentuk-bentuk investasi yang menghasilkan pasif income contohnya adalah properti yang disewakan, saham dividen, index fund, obligasi negara, deposito, royalti, bisnis yang berjalan otomatis dan masih banyak lagi.

Baca Lebih Lanjut : 8 Cara Mendapatkan Pasif Income Dengan Efektif

 

2. Bekerja Untuk Tujuan Jangka Panjang

Orang kaya mengetahui pentingnya mencapai tujuan jangka panjang dan melakukan tindakan untuk membawa tujuan jangka panjang itu lebih dekat secara konsisten. Tujuan jangka panjang sangat penting untuk membangun kekayaan karena tujuan tersebut memberikan efek yang lama dan melekat terhadap kekayaan anda.

Tujuan jangka panjang pada umumnya membutuhkan minimal satu sampai lima tahun untuk bisa tercapai. tujuan jangka panjang adalah motivator yang sangat baik dengan senantiasa mengingatkan anda untuk fokus kepada masa depan dan tidak menghabiskan waktu dan uang di masa sekarang.

Tindakan dan hal-hal sehari-hari anda harus memiliki terkait dengan tujuan jangka panjang anda. Jika tidak, anda perlu memeriksa kembali mereka dan memutuskan apakah akan memotong mereka sepenuhnya atau mengurangi waktu anda menghabiskan pada kegiatan tersebut.

Untuk tetap fokus pada tujuan jangka panjang Anda, sangat penting untuk menetapkan tanggal kapan tujuan tersebut akan dicapai. Buatlah catatan di ponsel anda, atau di suatu tempat di mana anda akan melihatnya setiap hari.

 

3. Akui Kelemahan dan Fokus Kepada Kelebihan 

Fokus kepada kelebihan merupakan salah satu strategi yang dilakukan orang kaya untuk menjadi kaya. Orang kaya tahu bahwa jauh lebih penting untuk fokus kepada kelebihan dan menjadi ‘ahli’ dibidang tersebut dibandingkan mencoba menutupi kelemahan dan hanya menjadi biasa-biasa saja.

Salah satu kunci untuk bisa fokus kepada kelebihan anda adalah dengan mengakui apa yang menjadi kelemahan anda dan alihkan pekerjaan tersebut kepada orang lain yang mempunyai keahlian dibidang tersebut.

Untungnya saat ini mengalihkan pekerjaan yang bukan merupakan keahlian anda menjadi semakin mudah dengan adanya berbagai situs seperti freelancer.com, fiverr.com, dan upwork.com.

 

4. Komitmen Pada Satu Pekerjaan Yang Sesuai Passion dan Kelebihan Anda

Membangun kekayaan yang berkelanjutan dan bertahan lama membutuhkan kerja keras dan komitmen yang tidak sedikit. Seringkali dibutuhkan kesabaran dan determinasi untuk melewati hambatan dan rintangan yang terlihat mustahil untuk dilakukan.

Oleh karena itu, orang kaya dan sukses seperti Bill Gates dan Steve Jobs mengetahui pentingnya fokus kepada pekerjaan yang sesuai dengan passion karena jika anda tidak mempunyai passion untuk melakukan pekerjaan tersebut anda akan menyerah terlalu cepat padahal anda memiliki kesempatan untuk mencapai kesuksesan.

Selain sesuai dengan passion mencari pekerjaan yang sesuai dengan kelebihan anda memungkinkan anda untuk menjadi nomor satu di bidang tersebut dan membangun keunggulan kompetitif anda dibandingkan dengan orang lain.

 

5. Gunakan Uang Orang Lain Dengan Bijak

Untuk memulai dan mengembangkan bisnis ataupun berinvestasi dibutuhkan modal yang cukup. Walaupun bukannya tidak mungkin untuk memenuhi kebutuhan modal tersebut dari kantong sendiri tetapi dengan memanfaatkan uang orang lain anda bisa mencapai tujuan yang ingin dicapai bisnis atau investasi anda dengan lebih cepat.

Kuncinya adalah melakukan perhitungan dan pemikiran yang matang apakah anda menggunakan uang tersebut secara bijak. Jika anda menggunakan pinjaman untuk investasi anda harus mengetahui sampai detil terkecil dari investasi tersebut yang bisa anda dapat sampai anda mempunyai keyakinan bahwa investasi tersebut mempunyai risiko yang bisa anda tanggung.

Begitu juga jika anda meminjam uang untuk memulai bisnis pastikan terlebih dahulu apakah terdapat permintaan yang cukup untuk bisnis yang ingin anda buka tersebut.

 

6. Melihat Peluang dan Berani Mengambilnya

Elon Musk, meraih kesuksesan karena melihat peluang besar dari bisnis internet dan berani meninggalkan program Phd di Stanford University untuk mengejar peluang tersebut. Bagi kebanyakan orang keputusan tersebut seperti sebuah kegilaan, mengejar peluang bisnis internet yang masih sangat baru dan belum terbukti dengan meninggalkan salah satu program Phd terbaik didunia yang kemungkinan besar dapat memberikan pekerjaan bagus dan stabil.

Begitu juga dengan Jeff Bezos yang berani meninggalkan karirnya yang sangat sukses di salah satu hedge fund New York dengan gaji sangat besar untuk mendirikan Amazon. Diluar kedua contoh tersebut masih banyak sekali orang kaya yang menjadi kaya karena mereka dapat melihat sebuah peluang dan berani untuk mengambil risiko dalam mengejar peluang tersebut.

Untuk melatih kemampuan anda dalam melihat suatu peluang anda harus memperluas pengetahuan dan rasa ingin tahu anda terhadap berbagai hal terutama hal-hal yang baru dan mencoba mempelajari serta meneksplorasi opsi-opsi yang bisa dilakukan untuk membangun bisnis dari hal-hal yang baru tersebut.

 

7. Atur Pengeluaran Dengan Bijak

Mark Cuban, entrepreneur sukses dan milyuner dengan kekayaan 3 juta USD membangun bisnisnya dari nol dan merasakan bagaimana sulitnya membangun kekayaan. Salah satu saran Mark Cuban bagi entrepreneur yang ingin mengikuti jejak suksesnya adalah “Simpan uang Anda. Simpan uang sebanyak mungkin. Setiap sen yang Anda bisa. Alih-alih minum kopi, minum air. Alih-alih pergi ke McDonald, makan mac dan keju. Gunting kartu kredit Anda. Jika Anda menggunakan kartu kredit, Anda tidak ingin menjadi kaya. Langkah pertama untuk menjadi kaya, membutuhkan disiplin. Jika Anda benar-benar ingin menjadi kaya, Anda perlu menemukan disiplin, kan? ”

Walaupun tidak seperti memberikan saran yang ekstrim seperti Mark Cuban, Warren Buffet salah satu orang terkaya didunia terkenal dalam mempertahankan gaya hidupnya yang hemat dan tidak berlebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here