Beranda Ide Bisnis 4 Bisnis Internet Yang Cocok Untuk Pemula

4 Bisnis Internet Yang Cocok Untuk Pemula

480
0
bisnis internet yang cocok untuk pemula
image credit : pexels.com

Revolusi smartphone dengan harga terjangkau telah membawa efek yang besar. Salah satu efek terbesarnya adalah akses internet menjadi semakin terjangkau dan dapat dinikmati oleh jauh lebih banyak orang dibanding dulu.

Perkembangan tersebut tercermin kepada berbagai perubahan pola gaya hidup dimasyarakat yang kemudian membawa kesuksesan ke berbagai bisnis internet. Yukka Harlanda, pendiri Brodo merek sepatu pria yang terkenal adalah salah satu contoh yang sukses dalam bisnis internet bidang ecommerce.

Bisnis internet sebagai sebuah bisnis yang sedang bertumbuh tentu mempunyai peluang yang besar dan lebih terbuka bagi pengusaha baru, bahkan bisnis internet dapat dimulai oleh seorang pemula sekalipun.

Namun tidak semua bisnis internet mudah untuk dimulai oleh seorang pemula. Misalnya bisnis web flipping atau jasa konsultan SEO membutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang cukup untuk bisa memulai dengan baik. Pertanyaannya, apa bisnis internet yang cocok untuk pemula?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami telah membuat daftar bisnis internet yang cocok untuk pemula yang dapat kamu coba. 4 Bisnis internet yang cocok untuk pemula ini dapat kamu mulai dengan segera dan dapat kamu tingkatkan sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan yang kamu kumpulkan.

 

1. Bisnis Toko Online

Bisnis toko online adalah salah satu bisnis internet yang cocok untuk pemula, hal ini karena bisnis toko online saat ini sudah semakin mudah untuk dimulai. Anda dapat memulai dengan toko online yang memanfaatkan social media seperti instagram atau facebook. Anda juga dapat memanfaatkan online marketplace gratis seperti Carousell, Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak yang hanya membutuhkan beberapa menit untuk membuka akun baru.

Selain itu jika anda ingin membuka toko online dengan website sendiri anda juga dapat menggunakan jasa pembuatan toko online untuk memiliki toko online  dengan murah dan praktis yang siap untuk segera digunakan tanpa bingung mengenai hal-hal teknis.

Untuk memulai bisnis toko online anda perlu mengetahui terlebih dahulu barang apa yang akan anda jual dan siapa target pelanggan anda. Jika anda memilih produk yang tepat dan mempelajari cara-cara pemasaran yang efektif maka anda bisa meraih sukses dalam bisnis toko online.

Terkait Bagaimana Cara Memulai Bisnis Toko Online

2. Bisnis Dropship

Jika anda mempunyai modal yang minim dan tidak  ingin repot mengurus pengiriman bisnis maka bisnis dropship dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda.

Selain mudah dimulai dengan memanfaatkan online marketplace atau social media, bisnis dropship juga tidak membutuhkan modal yang besar untuk membeli barang persediaan.

Hal ini karena dalam bisnis dropship order yang anda dapatkan dari pembeli anda penuhi dengan “meneruskan” order tersebut kepada supplier yang kemudian akan mengirimkan barang pesanan pembeli atas nama anda.

Karena karakteristiknya yang tidak jauh berbeda dengan bisnis toko online, bisnis dropship menjadi salah satu bisnis internet yang cocok untuk pemula.

Terkait : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Dropship Untuk Pemula

 

3. Bisnis Blogging

Apakah anda gemar menulis untuk menghibur atau memperkaya pengetahuan orang lain? Jika jawaban anda adalah ya! Bisnis blogging dapat menjadi bisnis internet yang cocok untuk pemula bagi anda.

Bisnis blogging merupakan bisnis internet yang cocok untuk pemula karena biaya memulai yang relatif kecil dan dapat anda mulai hanya dalam beberapa menit. Namun perlu dicatat bahwa berbeda dengan bisnis toko online atau dropship yang dapat memberikan keuntungan dalam waktu singkat.

Dalam bisnis blogging keuntungan baru bisa anda dapatkan setelah anda mempunyai jumlah pembaca/audiens yang cukup dan kemudian melakukan monetisasi blog anda. Hal tersebut bisa anda lakukan dengan berbagai hal.

Cara yang paling populer adalah memasang iklan dari Google Adsense yang memberikan anda uang setiap kali ada yang mengklik iklan di blog anda. Selain itu anda juga dapat menghasilkan uang lebih banyak dengan menjual produk anda sendiri atau menjual produk orang lain baik (bisa dengan model dropship atau affiliate marketing).

 

4. Bisnis Jasa Freelance

Apakah anda mempunyai kemampuan menulis, web designing, programming, graphic design, atau bahkan keahlian unik seperti sulap maka bisnis internet yang cocok untuk pemula seperti anda adalah bisnis jasa freelance.

Untuk mendapatkan pelanggan anda dapat membuat profil atau gigs di situs-situs freelance populer seperti Fiverr, Freelancer, Upwork dan Sribulancer.

Sebagai pemula anda mungkin harus puas untuk mendapatkan bayaran yang relatif kecil ($5 per gigs untuk Fiverr) tetapi dengan semakin banyaknya pengalaman dan reputasi anda bayaran anda juga akan semakin besar nantinya. Anda kemudian dapat mengembangkan bisnis anda dengan merekrut pekerja yang dapat membantu anda menerima order lebih banyak dan mendelegasikan tugas-tugas yang mempunyai nilai rendah.

 

Penutup

Bisnis toko online, dropship, blogging dan freelance merupakan bisnis internet yang cocok untuk pemula karena mudah untuk dimulai dan dijalankan, tetapi untuk mengembangkannya ketingkat yang lebih tinggi anda tetap memerlukan pengetahuan dan pengalaman yang lebih besar.

Tetapi pengetahuan dan pengalaman tersebut hanya bisa anda dapatkan jika anda sudah memulai langkah yang diperlukan. Jika anda masih ragu-ragu untuk memulai segera hilangkan keraguan tersebut karena dalam bisnis anda tidak akan pernah memulai jika menunggu adanya jaminan berhasil.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here