cara pengusaha meraih sukses di 2023
cara pengusaha meraih sukses di 2023 - img: pexels.com

Bagaimana cara pengusaha meraih sukses di 2023? Melihat perkembangan ekonomi di akhir tahun 2022 yang semakin menantang tidak heran jika pertanyaan tersebut muncul.

Ancaman resesi global, gangguan rantai pasokan dari perang hingga inflasi yang tinggi disebut-sebut menjadi faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan oleh pengusaha yang ingin sukses di 2023.

Tidak sedikit pengusaha sukses yang muncul dari peluang yang muncul dari kondisi ekonomi yang menantang. Dengan strategi yang tepat  dan sedikit keberuntungan pengusaha yang cerdik dapat bertahan dan tumbuh di 2023. Berikut ini 5 cara pengusaha meraih sukses di 2023 yang dapat anda coba.

1. Tentukan Tujuan

menentukan tujuan, cara pengusaha meraih sukses di 2023
menentukan tujuan cara pengusaha meraih sukses di 2023 – image: pexels.com

Atlet tingkat atas, pebisnis sukses, dan berprestasi di semua bidang semuanya mempunyai tujuan yang kuat. Mempunyai tujuan yang kuat memberi Anda visi jangka panjang dan motivasi. Hal ini memfokuskan perolehan pengetahuan Anda, dan membantu Anda mengatur waktu dan sumber daya Anda sehingga Anda dapat memanfaatkan hidup Anda sebaik mungkin.

Dengan menetapkan tujuan yang tajam dan terdefinisi dengan jelas, Anda dapat mengukur dan merasa bangga atas pencapaian tujuan tersebut, dan Anda akan melihat kemajuan ke depan dalam apa yang sebelumnya tampak sebagai pekerjaan yang sia-sia. Anda juga akan meningkatkan rasa percaya diri Anda, karena Anda mengenali kemampuan dan kompetensi Anda sendiri dalam mencapai tujuan yang telah Anda tetapkan.

Pebisnis yang sukses membuat tujuan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Selain itu mereka membuat tujuan SMART. Tujuan SMART adalah tujuan yang Specific, Measurable, Actionable, Relevant dan Time Constrained. 

Artinya tujuan yang baik harus spesifik, terukur, dapat dilakukan, sesuai atau relevan dan dibatasi oleh waktu. Contohnya jika anda memiliki usaha toko grosir pakaian salah satu contoh tujuan SMART seperti “meningkatkan penjualan usaha sebanyak 50% dengan sarana penjualan online pada akhir periode tahun 2023”.

2. Pahami dan Pelajari Trend

Trend mempunyai pengaruh terhadap bisnis. Trend jangka menengah dan panjang khususnya dapat mengubah kondisi bisnis secara signifikan dan secara tetap.

Salah satu contohnya trend digitalisasi yang mengubah hampir semua aspek bisnis. Trend mencakup berbagai perubahan seperti keinginan, kebutuhan, selera konsumen dan teknologi.

Dengan mengingat hal itu, salah satu proses bisnis Anda harus tetap mengikuti perkembangan tren dan memastikan bahwa Anda mencurahkan sebagian upaya pemasaran Anda untuk memanfaatkan tren tersebut.

Contohnya saat ini Tiktok menjadi media sosial yang berkembang dengan pesat dengan jumlah penjualan yang juga terus meningkat. Trend ini dapat dimanfaatkan dengan aktif menggunakan TikTok sebagai sarana penjualan dan untuk promosi.

3. Tingkatkan Kualitas SDM

Sumber daya manusia mengawasi komponen terpenting dari bisnis yang sukses, tenaga kerja yang produktif dan berkembang. Ini membutuhkan pandangan orang sebagai aset manusia, bukan biaya bagi organisasi. Seperti aset lainnya, pekerjaan berbakat dapat digunakan secara strategis untuk menambah nilai bagi organisasi.

Dalam praktiknya, bisnis dan organisasi bergantung pada tiga sumber utama yaitu: Sumber daya fisik; seperti bahan dan peralatan. Kedua, sumber keuangan; seperti kas, kredit dan sumber daya manusia.

Tidak diragukan lagi bahwa orang memainkan peran yang sangat besar dalam organisasi atau bisnis sebagai sumber daya. Oleh karena itu cara pengusaha untuk sukses di 2023 adalah dengan memperhatikan pengembangan SDM bisnis anda.

Memiliki strategi menyeluruh, produk atau layanan yang dapat dipasarkan, dan proses yang efisien semuanya penting, tetapi semua ini bergantung pada kemampuan orang-orang di dalam organisasi untuk menjalankan strategi, rencana, dan proses untuk membuat bisnis berhasil.

Sponsored

Departemen SDM yang sukses dapat mengembangkan proses perekrutan yang efisien dan meningkatkan produktivitas keseluruhan perusahaan. Saat ini semakin banyak pemilik bisnis yang menyadari pentingnya departemen SDM dalam menciptakan organisasi yang efisien.

Anda dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan berbagai cara seperti memberikan pelatihan, memberikan dukungan dan motivasi.

Baca Juga: 7 Kendala UMKM Di Indonesia Yang Paling Banyak Dialami

4. Perluas Jaringan

Bagi banyak pengusaha yang berhasil dalam karier mereka, salah satu faktor pendukungnya adalah karena saluran jaringan yang kuat dan luas yang telah mereka ciptakan dari waktu ke waktu.

Sebagai contoh Chairul Tanjung yang mengungkapkan bahwa salah satu rahasia kesuksesannya dalam berbisnis adalah karena jaringannya yang kuat dalam bisnis. Oleh karena itu salah satu cara pengusaha meraih sukses di 2023 adalah dengan memperlua jaringan.

Dengan siapa Anda berjejaring dan relevansinya dengan karier Anda sebagai pengusaha sangatlah penting. Dengan mengembangkan jaringan Anda dapat memperoleh manfaat dari pengetahuan, membuka peluang hingga membantu anda dalam meningkatkan usaha.

Anda dapat mengembangkan jaringan untuk mendukung kesuksesan bisnis anda dengan berbagai cara. Contohnya dengan mengikuti asosiasi yang relevan, mengikuti acara networking, hingga dengan cara sederhana seperti mengajak orang yang duduk di sebelah anda mengobrol.

5. Kelola Risiko

kelola risiko
kelola resiko credit: pixabay

Manajemen risiko adalah fungsi penting untuk setiap perusahaan atau individu. Manajemen risiko secara sederhana mengacu pada pengelolaan risiko yang secara signifikan dapat memengaruhi operasi dan kesuksesan Anda. Strategi dan prinsip manajemen risiko paling dasar dapat diterapkan di semua tingkatan, mulai dari bisnis kecil hingga perusahaan multinasional.

Meskipun Anda harus menjaga karyawan Anda dan menciptakan lingkungan kerja yang positif, sebaiknya ingat juga bahwa atasan Anda memiliki kewajiban untuk menjaga Anda. Anda tidak ingin kehabisan uang karena sesuatu yang tidak terduga terjadi di tempat kerja. Oleh karena itu, manajemen risiko menjadi sangat penting sebagai bagian dari pengembangan bisnis.

Terdapat beberapa cara yang efektif untuk mengelola risiko bisnis anda. Contohnya dalam bisnis perdagangan anda harus membeli persediaan dalam jumlah yang secukupnya untuk menghindari risiko persediaan tidak terjual yang tinggi. Anda juga harus memperhatikan tingkat utang usaha anda agar tidak tinggi dan menyulitkan operasional usaha anda.

 

Sponsored

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini