Visi dan misi perusahaan dapat diumpamakan seperti nilai-nilai inti yang menjadi pegangan orang dalam hidupnya untuk meraih sukses. Mempunyai nilai-nilai atau prinsip yang tepat sangat mempengaruhi keberhasilan, oleh karena itu membuat visi dan misi perusahaan yang tepat sangatlah penting.

Perumusan visi dan misi perusahaan umumnya diperlukan saat menyusun suatu rencana bisnis, dan banyak wirausahawan pemula yang tidak mengetahui bagaimana cara membuat visi, misi dan tujuan perusahaan yang bagus untuk rencana bisnis mereka.

Pengertian Visi dan Misi Perusahaan

Kemungkinan besar anda sering menemukan visi, misi dan tujuan perusahaan dalam profil atau rencana bisnis sebuah perusahaan namun tidak mengetahui apa pengertian dari ketiga hal yang sekilas serupa namun pada kenyataannya berbeda tersebut.

Pengertian visi perusahaan secara singkat adalah pernyataan harapan yang ingin dicapai oleh perusahaan di masa depan dalam jangka panjang. Sedangkan, pengertian misi perusahaan adalah pernyataan mengenai apa yang ingin dicapai dan sedang dilakukan oleh perusahaan pada saat ini.

Perbedaan Antara Visi dan Misi Perusahaan

Dari pengertian visi dan misi perusahaan diatas dapat dilihat bahwa terdapat beberapa kesamaan diantara keduanya, yaitu sama-sama berbicara tentang apa yang ingin dicapai oleh perusahaan. Namun terdapat perbedaan yang cukup signifikan diantara keduanya yaitu terkait dengan orientasi jangka waktu yang menjadi dasar tujuan yang ingin dicapai.

Visi mewakili tujuan jangka panjang perusahaan, visi dengan demikian merupakan masa depan dari perusahaan dan yang menjadi inspirasi dari perusahaan itu sendiri. Visi tidak hanya berbicara tentang apa yang dilakukan oleh perusahaan saat ini tetapi juga apa yang akan dilakukan dimasa akan datang.

Visi umumnya mencerminkan beberapa hal seperti:

  • Apa harapan dan mimpi perusahaan?
  • Apa masalah yang diselesaikan untuk kebaikan yang lebih besar?
  • Siapa dan apa yang menjadi inspirasi perubahan perusahaan?

Misi mewakili tujuan perusahaan saat ini, misi dengan demikian mewakili pernyataan apa yang dilakukan oleh perusahaan dan mendorong perusahaan untuk bergerak. Dengan kata lain misi merupakan motivasi dari perusahaan saat ini.

Contoh Visi dan Misi Perusahaan Yang Menginspirasi

1. Google

Salah satu perusahaan yang paling terkenal dan produk mesin pencarinya sangat sukses dipasaran hingga “Googling” menjadi kata yang identik untuk kegiatan mencari informasi di Internet.

Keberhasilan Google ditopang oleh kualitas mesin pencarinya yang luar biasa. Kualitas tersebut tidak terlepas dari visi dan misi Google yang sangat relevan dengan mereka yaitu.

Visi Perusahaan Google “to provide access to the world’s information in one click.” atau dapat diterjemahkan “untuk menyediakan akses ke informasi dunia dalam satu klik.”

Sponsored

Sedangkan Misi perusahaan Google “To organize the world’s information and make it universally accessible and useful.” Yang dapat diartikan “Untuk mengorganisasi informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses dan berguna secara universal“.

2. Tesla

Tesla mempunyai kinerja yang luar biasa jika melihat bagaimana sebelum adanya tesla mobil listrik tidak mempunyai tempat dan terpinggirkan.

Tidak hanya itu Tesla dari perusahaan rintisan kemudian telah menjelma menjadi perusahaan multinasional dengan nilai valuasi miliaran dolar AS dan digadang-gadang sebagai salah satu perusahaan paling inovatif.

Keberhasilan Tesla sampai sejauh ini terkait erat dengan Visi Tesla yaitu “create the most compelling car company of the 21st century by driving the world’s transition to electric vehicles,” atau “menciptakan perusahaan otomotif terbaik dari abad 21 dengan mendorong transisi dunia ke kendaraan listrik”.

Sedangkan misi dari Tesla adalah “to accelerate the advent of sustainable transport by bringing compelling mass-market electric cars to market as soon as possible.”

Baca Juga: Kisah Sukses Elon Musk:Miliuner dan Inovator Teknologi Masa Depan

3. Unilever Indonesia

Unilever Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang produknya paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Dengan ratusan merek dibawah Unilever kemungkinan besar anda menggunakan salah satu produk Unilever dalam kehidupan anda sehari-hari.

Hal tersebut sesuai dengan visi Unilever Indonesia yaitu “To earn Indonesia’s love and respect by touching the lives of every Indonesian every day.” Atau dapat diterjemahkan sebagai “Untuk mendapat cinta dan rasa hormat Indonesia dengan menyentuh kehidupan setiap orang Indonesia setiap hari“.

Sedangkan untuk misinya Unilever membuat beberapa poin yaitu:

  • Kami bekerja untuk menciptakan masa depan yang lebih baik setiap hari.
  • Kami membantu orang-orang merasa baik, terlihat baik dan mendapatkan lebih banyak dari hidup dengan merek dan layanan yang baik untuk mereka dan orang lain.
  • Kami meninspirasi orang-orang untuk mengambil tindakan kecil setiap hari yang dapat menjadi perbedaan besar untuk dunia.
  • Kami akan mengembangkan cara baru untuk berbisnis yang akan memungkinkan kami untuk melipat gandakan ukuran bisnis kami dan mengurangi dampak lingkungan dan meningkatkan dampak sosial kami.

 

4. Gojek

Tidak dapat dipungkiri jika Gojek merupakan salah satu perusahaan yang paling berkembang pesat di era digital Indonesia.

Dengan dampaknya yang luar biasa, Gojek telah mengubah hidup banyak orang. Sebagai perusahaan yang bagus, Gojek mempunyai visi dan misi perusahaan yang bagus.

Visi: Menjadi hyperlocal marketplace yang menghubungkan pelanggan, mitra driver, dan mitra usaha

Misi: Mengatasi permasalahan sehari-hari, dengan menghubungkan pelanggan dengan para penyedia barang dan jasa terbaik yang ada di pasar.

Baca Juga: Kisah Sukses Nadiem Makarim Sosok Pendiri Go-Jek

5. Amazon

Amazon dikenal sebagai raksasa eCommerce global. Diluar itu Amazon juga mempunyai berbagai bisnis yang juga sangat sukses seperti Amazon Web Service, Amazon Prime Video dan lainnya.

Kesuksesan Amazon tidak terlepas dari kepuasan pelanggan dalam memakai Amazon dalam berbelanja dan mendapatkan berbagai layanan yang mereka butuhkan.

Reputasi sebagai perusahaan dengan fokus kepada pelanggan tersebut sejalan dengan visi dan misi Amazon sebagai berikut:

Our vision is to be earth’s most customer-centric company; to build a place where people can come to find and discover anything they might want to buy online.
Begitu juga dengan misi Amazon sebagaimana dibawah ini:

Cara Membuat Visi dan Misi Perusahaan

Setelah membaca beberapa contoh visi dan misi perusahaan yang bagus diatas, kita dapat melihat bahwa terdapat beberapa ciri visi dan misi perusahaan yang baik seperti:

  • Berbicara tentang tujuan secara jelas;
  • Tujuan tersebut menginspirasi dan lebih dari sekedar keuntungan;
  • Tujuan yang ingin dicapai berkaitan erat dengan kegiatan yang dilakukan perusahaan.

Jika anda masih bingung bagaimana cara untuk membuat visi dan misi perusahaan yang cocok untuk bisnis anda, anda dapat mengikuti langkah untuk merumuskan visi dan misi bisnis anda sebagai berikut:

1. Identifikasi Dampak Positif Bisnis Anda

Setiap bisnis yang berhasil dalam jangka panjang tidak hanya sekedar mencari keuntungan, mereka juga mempunyai dampak positif yang dapat dirasakan oleh orang lain.

Mengetahui apa dampak positif yang dapat dirasakan oleh orang lain tersebut dapat menjadi titik awal dalam merumuskan visi dan misi bisnis anda.

Contohnya anda ingin mendirikan atau sedang menjalankan bisnis kuliner, salah satu dampak positif yang dapat anda berikan kepada pelanggan misalnya memberikan pengalaman kuliner yang menyenangkan.

Dengan dampak positif tersebut anda dapat merumuskan visi bisnis kuliner seperti “memberikan pengalaman kuliner yang baik dan tidak dapat dilupakan pelanggan”.

2. Bayangkan Mimpi dan Harapan Anda

Langkah kedua untuk menulis visi dan misi bisnis yang bagus adalah dengan membayangkan apa saja yang anda harapkan untuk dapat dicapai oleh bisnis anda.

Apakah anda ingin mempunyai cabang diseluruh Indonesia? ataukah anda ingin mempunyai jutaan pelanggan loyal yang menggunakan produk anda? atau anda ingin menyelesaikan satu masalah yang dialami oleh orang banyak.

Tuliskan mimpi dan harapan anda untuk bisnis anda selama 5 sampai 10 tahun kedepan dan gunakan harapan tersebut untuk inspirasi visi dan misi bisnis anda.

 

Artikel sebelumya5 Cara Membuat Nama Bisnis dan Usaha Yang Bagus
Artikel berikutnyaRincian Modal Usaha Kebab dan Keuntungan Bisnis Kebab
Firman adalah seorang internet entrepreneur,investor keuangan dan konsultan hukum. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here