Beranda Memulai Bisnis 9 Tips Memulai Usaha Untuk Mahasiswa

9 Tips Memulai Usaha Untuk Mahasiswa

369
0
tips memulai usaha untuk mahasiswa
image credit : stocksnap.io

Memulai usaha bukan hal yang mudah, tidak peduli umurnya atau pengalamannya memulai bisnis adalah suatu tantangan yang mengandung.

Dibutuhkan nyali, kesabaran dan kerja keras untuk bisa meraih sukses sebagai pengusaha tidak peduli usianya, namun memulai usaha sebagai mahasiswa mempunyai tantangan dan kelebihan tersendiri.

Disisi lain, tidak sedikit sosok entrepreneur sukses yang memulai bisnisnya selagi kuliah. Misalnya, Mark Zukerberg, Bill Gates dan Michael Dell semuanya memulai bisnisnya disaat mereka menyandang status mahasiswa. Di Indonesia juga terdapat sosok Chairul Tanjung dan Elang Gumilang yang menjadi pengusaha sukses di saat masih kuliah.

Menyeimbangkan kewajiban untuk menyelesaikan tugas kuliah dengan usaha untuk mewujudkan impian wirausaha seringkali sulit bagi seorang mahasiswa.

Hal tersebut menjadi alasan mengapa banyak mahasiswa yang ingin memulai bisnis kemudian enggan mengikuti rencana bisnis mereka karena bisa berakibat buruk kepada nilai dan kuliah mereka.

Tetapi hal tersebut tidak harus selalu terjadi, kuliah dapat mendukung mimpi anda untuk memulai usaha selagi disaat anda mahasiswa. Untuk memaksimalkan anda dalam mewujudkan hal tersebut berikut 9 tips memulai usaha untuk mahasiswa.

1. Temukan Ide Bisnis Yang Tepat

Tips memulai usaha untuk mahasiswa yang pertama adalah temukan ide bisnis yang tepat. Ide bisnis yang tepat disini maksudnya sesuai dengan minat, kemampuan dan prioritas anda.

Memilih ide bisnis yang sesuai dengan minat, kemampuan dan prioritas anda akan sangat membantu anda untuk komitmen memberikan waktu ke bisnis anda disaat anda sedang tidak sibuk dengan kuliah.

 

2. Mulai Dari Bisnis Kecil

Tips memulai usaha untuk mahasiswa yang kedua adalah mulai usaha anda dari bisnis kecil. Banyak mahasiswa yang bermimpi menjadi pengusaha tidak melakukan tindakan nyata karena tidak ingin memulai dari bisnis yang kecil. Padahal, bisnis-bisnis besar kebanyakan berasal dari bisnis yang kecil.

Chairul Tanjung adalah contohnya, sebelum mendirikan konglomerasi CT Corp dia memulai bisnisnya saat masih mahasiswa dengan membuka usaha fotokopi di kampusnya. Begitu juga dengan Bob Sadino pendiri Kem Chick yang memulai usahanya dengan menjual telur ayam negeri dari pintu ke pintu.

Terkait : 7 Pengusaha Muda Indonesia Yang Sukses Memulai Bisnis Dari Nol

 

3. Diskusi Dengan Teman Yang Satu Pikiran

Berdiskusi dengan teman yang satu pikiran dengan anda untuk memulai bisnis sebagai mahasiswa adalah cara yang bagus untuk membagikan gagasan, tip dan pengalaman Anda dan benar-benar dapat membantu mengasah ketrampilan kewirausahaan Anda.

Universitas adalah tempat yang sangat sempurna untuk mencari teman yang mempunyai pikiran yang sama dengan anda. Selain lebih mudah untuk bertemu dengan berbagai macam orang, anda juga lebih mudah menemukan mereka yang mempunyai gagasan-gagasan yang berani serta brilian.

 

4. Ambil Jurusan Yang Sesuai

Tips memulai usaha untuk mahasiswa ini mungkin sudah jelas bagi banyak orang. Tetapi karena hal itu juga hal ini sangat penting untuk ditekankan. Jika anda ingin memulai usaha dibidang teknologi maka anda harus mengambil jurusan teknologi informasi atau teknik komputer.
Selain kelas yang ditawarkan secara reguler oleh jurusan anda, anda juga dapat menambah wawasan dengan mengikuti seminar-seminar atau workshop yang sering diadakan dikampus anda. Ikuti seminar atau workshop yang berkaitan erat dengan bisnis seperti seminar marketing atau perencanaan bisnis.

 

5. Temukan Mentor Bisnis Anda

Tips memulai usaha untuk mahasiswa yang kelima adalah cari dan temukan mentor bisnis untuk anda. Mentor bisnis adalah orang yang memiliki lebih banyak pengalaman dalam bisnis, yang dapat membantu seorang pengusaha mengasah kemampuannya dan memberikan nasihat dalam mengatasi suatu tantangan baru.

Mempunyai mentor bisnis memberikan manfaat yang luar biasa untuk mewujudkan impian anda berwirausaha sebagai mahasiswa. Sebagai mahasiswa anda memiliki keterbatasan pengetahuan, pengalaman dan network yang dibutuhkan untuk memulai dan mengembangkan bisnis. Jika anda bisa mendapatkan mentor bisnis yang dapat membantu anda untuk ketiga hal tersebut maka anda mempunyai peluang yang lebih besar untuk sukses.

 

6. Partisipasi Dalam Lomba dan Komunitas

Universitas merupakan tempat yang banyak menawarkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai lomba dan komunitas yang mendorong pertumbuhan anda untuk menjadi seorang pengusaha sukses.

Selain itu hadiah lomba atau kompetisi juga dapat anda jadikan modal untuk memulai usaha. Bahkan tidak sedikit lomba untuk wirausahawan muda yang memberikan modal bisnis dengan jumlah yang tidak sedikit serta berbagai dukungan lain seperti mentoring, tempat kerja, dan berbagai fasilitas lainnya.

 

7.  Investasikan Uang Anda

Salah satu kesalahan yang sering terjadi pada mahasiswa yang merangkap sebagai pengusaha muda adalah tidak menginvestasikan keuntungan yang diperoleh. Kebanyakan pengusaha muda tidak menginvestasikan keuntungan yang diperolehnya kedalam bisnisnya lagi, dan justru menghamburkan uangnya untuk keperluan lain yang tidak diperlukan.

Kebiasaan tersebut mempunyai dua konsekuensi buruk. Pertama, tidak adanya investasi baru dari keuntungan akan menghambat pertumbuhan bisnis anda. Potensi keuntungan yang lebih besar yang bisa diperoleh jika berinvestasi pada akhirnya tidak dapat direalisasikan. Hal ini mengakibatkan bisnis anda berada dalam posisi yang berbahaya karena sangat rawan untuk dikalahkan dengan saingan anda nantinya.

Konsekuensi buruk yang kedua adalah minimnya dana cadangan untuk bisnis anda dapat mengakibatkan bisnis anda bangkrut. Perlu diingat bahwa setiap bisnis mempunyai naik turunnya sendiri, hari ini bisnis anda bisa jadi sedang bagus tapi tidak ada yang bisa menjadmi besok anda bisa meraih keuntungan yang setara. Jika secara tiba-tiba terjadi penurunan kondisi bisnis dan anda tidak mempunyai dana cadangan maka bisnis anda akan terancam bangkrut.

 

8. Gunakan Fasilitas Kampus

Apakah anda sadar jika kampus sebenarnya mempunyai fasilitas yang mendukung untuk memulai bisnis? Kampus memberikan anda teman sekelas yang bisa menjadi sasaran tes pasar, dosen dan professor yang mempunyai keahlian bisnis atau jaringan professional selama bertahun-tahun, lab komputer dan koneksi internet yang dapat anda gunakan jika terjadi kerusakan laptop secara tiba-tiba, bahkan kedamaian dan ketenangan sebuah perpustakaan semuanya adalah fasilitas kampus yang dapat anda gunakan. Manfaatkan fasilitas tersebut selama empat tahun ke depan sebanyak mungkin.

 

9. Jangan Mudah Menyerah

Banyak entrepreneur sukses yang mengawali kisah suksesnya dari kegagalan-kegagalan bisnis sebelumnya. Jack Ma pendiri Alibaba sebelum berhasil menjadi raksasa eCommerce gagal dalam percobaan pertamanya membuka Cina ke dunia dengan Chinapages.com.

Jika anda mengalami kegagalan dalam bisnis jangan mudah menyerah, anda harus mencoba bisnis lain disaat anda siap. Dengan terus mencoba maka cepat atau lambat anda akan meraih kesuksesan tersebut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here