Beranda Ide Bisnis 10 Ide Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

10 Ide Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

347
0
BERBAGI
ide bisnis sampingan untuk karyawan, ide bisnis sampingan
mencari ide bisnis sampingan untuk karyawan? gunakan pengetahuan dan pengalaman yang kamu punya - image credit stocksnap.io

Apakah anda sedang mencari ide bisnis sampingan untuk karyawan? jika ya, kamu berada ditempat yang tepat. Dalam artikel ini kami memberikan 10 ide bisnis sampingan untuk karyawan yang untuk memberikan tambahan penghasilan yang kamu butuhkan.

Sebelum masuk ke inti dari artikel ini kamu harus menyadari walaupun dinamakan “bisnis sampingan”, menjalankan bisnis sampingan tetap memerlukan pengorbanan yang tidak sedikit. Setidak-tidaknya kamu harus bisa merelakan waktu luang yang biasanya kamu gunakan untuk bersenang-senang atau bersantai. Selain itu, menjalankan bisnis sampingan berarti menambah beban kerja dan tanggung jawab kamu untuk melakukan tugas kamu sebagai karyawan dan juga sebagai pemilik bisnis sampingan.

Jika kamu sudah memikirkan hal tersebut dan bertekad untuk memulai bisnis sampingan, kamu bisa memilih salah satu dari 10 ide bisnis untuk karyawan yang cocok dengan keahlian dan bakat kamu (jika kamu lebih tertarik mencari ide bisnis sendiri baca : cara mencari ide bisnis yang tepat).

 

1. Tutor Privat

Jika kamu adalah seorang karyawan kantoran yang mempunyai pendidikan cukup tinggi kemungkinan besar kamu mempunyai keahlian yang cukup untuk memberikan pengajaran kepada murid yang membutuhkan. Tidak saja menguntungkan, menjadi seorang tutor privat memberikan kepuasan yang besar disaat murid kamu bisa berhasil meningkatkan kemampuannya. Ingat bahwa yang bisa kamu ajarkan secara privat tidak terbatas kepada pelajaran untuk anak sekolah, kamu juga bisa memberikan tutor untuk keahlian seperti ilmu komputer, melukis, bahasa asing, persiapan tes profesional, sampai spiritual dan agama seperti membaca Al-Quran.

Salah satu tantangan utama dalam memulai bisnis sampingan tutor privat adalah mencari klien yang mau menggunakan jasa anda. Sebagai awal memulai buatlah sebuah profile iklan layanan yang anda berikan dan bagikan kepada kenalan-kenalan anda, buatlah blog terkait layanan tutor anda, bergabung dengan situs pengajaran online seperti ruangguru.com sampai membuat iklan online di olx.co.id.

 

2. Bisnis Konsultan

Apa yang dimaksud sebagai bisnis konsultan? kamu mungkin membayangkan seorang profesional bisnis, pemasaran, hukum, atau keuangan yang memberikan nasihat-nasihat yang tidak mungkin bisa diberikan oleh mereka yang tidak mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang mendalam dibidang tersebut.

Jika membayangkan hal tersebut bagi kebanyakan orang, memulai bisnis konsultan sampingan terasa tidak mungkin. Padahal tidak semua bisnis konsultan membutuhkan gelar akademik atau sertifikasi profesional tertentu. Kenyataannya bisnis konsultan juga mencangkup bisnis konsultan yang lebih sederhana seperti konsultan wedding, konsultan kencan, konsultan diet dan masih banyak lagi.  Jika kamu mempunyai pengalaman atau pengetahuan yang khusus dibidang tertentu dapat dipastikan ada orang lain yang membutuhkan saran dan nasihat yang bagus dari kamu.

 

3. Bisnis Katering

Bisnis katering adalah salah satu ide bisnis sampingan untuk karyawan yang menguntungkan, selain memberikan keuntungan yang tidak sedikit kamu juga bisa mengembangkan bisnis katering menjadi bisnis yang menggantikan pekerjaan utama kamu.

Bagaimana jika kamu tidak bisa memasak makanan yang enak? Memulai bisnis katering tidak selalu memerlukan keahlian memasak. Kamu bisa bermitra dengan orang lain yang mempunyai keahlian memasak tersebut dan memberikan tugas menyiapkan makanan yang dipesan kepada mitra kamu. Sedangkan kamu disisi lain bertanggungjawab untuk melakukan pemasaran yang dibutuhkan untuk mendapatkan pembeli dan meningkatkan penjualan.

 

4. Menjadi Reseller atau Dropshipper Dengan Membuka Toko Online

Jika anda lebih suka berjualan barang dibandingkan dengan memberikan jasa, membuka toko online dan menjadi seorang reseller atau dropshipper adalah ide bisnis sampingan untuk karyawan yang tepat bagi kamu. Selain dapat dijalankan diwaktu luang kamu sebagai karyawan, kamu juga tidak terikat pada tempat tertentu untuk bisa menjalankan bisnis ini, selama kamu mempunyai akses internet kamu bisa menjalankan bisnis ini.

Selain itu memulai bisnis sampingan sebagai reseller atau dropshipper juga mengurangi risiko yang kamu tanggung. Dimana kamu tidak memerlukan persediaan barang dalam jumlah besar untuk dijual jika kamu membuka toko fisik.

Baca Juga Bagaimana Memulai Bisnis Dropship

 

5. Desain Grafis 

Jika kamu mempunyai jiwa artistik, kreatif dan bisa handal menggunakan software untuk desain grafis maka kamu dapat menawarkan keahlian kamu membuat desain kartu nama, spanduk, flyer, banner, company profile, logo, presentasi, dan lainnya sebagai sebuah bisnis sampingan. Terlebih lagi saat ini sangat mudah untuk memulai bisnis sampingan sebagai desainer grafis paruh waktu dengan adanya situs-situs freelance seperti Upwork.com, Freelancer.com, Sribulancer.com dan bahkan marketplace umum seperti OLX.com juga bisa anda manfaatkan sebagai sarana promosi.

 

6. Menjadi Seorang Penulis Lepas

Jika kamu mempunyai keahlian dalam merangkai kata-kata, membuat sebuah cerita atau menyusun suatu artikel, pertimbangkan untuk merintis bisnis sampingan sebagai seorang penulis lepas. Saat ini banyak sekali permintaan untuk pembuatan tulisan yang berkualitas. Contohnya seperti artikel blog untuk konten marketing, copywriting untuk halaman penjualan dan produk, deskripsi produk untuk katalog produk Ecommerce dan penulisan Ebook. Selain banyak yang membutuhkan jasa ini, kamu juga bisa memulai bisnis ini dengan modal kecil, yang kamu butuhkan hanya sebuah komputer dan koneksi internet untuk mencari pekerjaan penulisan paruh waktu dan menyelesaikan pekerjaan tersebut.

 

7. Jual Beli Mobil atau Motor Bekas

Apakah kamu mempunyai pengetahuan dan kecintaan yang cukup untuk menilai keadaan mobil atau motor bekas? jika ya, melakukan jual beli mobil atau motor bekas adalah salah satu ide bisnis sampingan untuk karyawan yang cocok untuk kamu. Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar dan cepat dari bisnis ini, tetapi terdapat risiko yang tidak kecil juga terutama jika kamu melakukan kesalahan dalam menilai permintaan mobil atau motor bekas.

 

8. Affiliate Marketing

Apakah kamu pernah mempromosikan suatu layanan atau produk kepada orang lain? Jika ya kamu bisa menghasilkan pendapatan dengan mempromosikan produk atau jasa yang mempunyai program affiliate marketing. Affiliate marketing adalah ide bisnis sampingan untuk karyawan yang sangat menguntungkan jika dijalankan dengan serius dan dengan pengetahuan yang cukup. Contohnya, seorang Pat Flynn adalah blogger dari Amerika Serikat yang mendapatkan keuntungan lebih dari US$ 100.000 per bulan dari affiliate marketing yang dia jalankan. Contoh program affiliate di Indonesia yang dapat anda coba adalah program afiliate Lazada, Blibli, Pegipegi, Agoda dan masih banyak lagi.

 

9. Bisnis Ebook, Audiobook, Video Tutorial dan Produk Informasi Lainnya

Membuat dan menjual produk informasi seperti ebook, audiobook, video tutorial atau bentuk lainnya dapat menjadi pilihan bagi kamu yang mempunyai keahlian tertentu yang bisa diajarkan kepada orang lain. Walaupun saat ini sudah banyak informasi yang dapat dicari secara gratis di internet tetapi informasi yang lengkap, mudah dibaca, dan mudah dimengerti tidaklah mudah.

Mempermudah pembelajaran itulah peran dari produk informasi seperti ebook, audiobook dan video tutorial. Bisnis ini dapat dikatakan sebagai salah satu jalan untuk menghasilkan uang dari pengetahuan yang sudah kamu punya seperti menjadi konsultan atau tutor. Tetapi berbeda dengan konsultan dan menjadi tutor yang menghasilkan penghasilan aktif, produk informasi yang dibuat dengan hebat dan menggunakan sistem reseller atau affiliate dapat memberikan anda penghasilan pasif yang tidak sedikit.

Khusus untuk Ebook, terdapat juga peluang bisnis sampingan untuk karyawan yang lebih suka menulis cerita fiksi. John Locke, seorang penulis dari Amerika Serikat contohnya adalah penulis sukses yang membuat ebook fiksi yang dia terbitkan sendiri dan dipasarkan di Amazon.com. John Locke, dari novelnya “Saving Rachel” berhasil menduduki puncak penjualan Amazon Kindle Store dan mendapatkan penghasilan sebesar £375,000 dalam waktu 5 bulan.

 

 10. Bisnis Barang Kustom (T-shirt, Casing HP, Totebag)

Dengan memanfaatkan keahlian desain yang kamu miliki (atau mencari mitra yang bisa mendesain) dan marketing melalui social media saat ini kamu bisa memulai bisnis sampingan menjual berbagai pernak-pernik seperti T-shirt, casing hp, mug, totebag, kanvas, notebook dan banyak lagi dengan menggunakan Tees.co.id. Selain bisnis sampingan ini tidak membutuhkan modal (dengan menggunakan sistem preorder) kamu juga mempunyai potensi untuk scaling (mengembangkan bisnis) secara besar-besaran dengan menggunakan facebook ads dan Google Adwords.

Apabila kamu melakukan penggunaan iklan secara tepat dan benar maka penghasilan puluhan jutaan rupiah per bulan bukannya tidak mungkin kamu dapatkan.

>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here