Ingin memulai usaha tetapi tidak punya pengalaman dan minim modal? tidak masalah, karena dengan perkembangan zaman saat ini sebenarnya cukup banyak peluang usaha kecil kecilan untuk pemula yang menjanjikan dan menguntungkan.

Memilih usaha kecil kecilan untuk berwirausaha saat ini tidak hanya menjadi salah satu cara untuk menambah penghasilan. Usaha kecil-kecilan juga dapat menjadi salah satu metode untuk mengurangi risiko dengan komitmen modal yang kecil dan membuka kesempatan belajar berwirausaha yang penting jika kemudian anda ingin mengembangkan bisnis menjadi lebih besar.

Untuk referensi anda, berikut ini daftar peluang usaha kecil kecilan untuk pemula yang menjanjikan:

1. Warung Kopi (Warkop)

usaha warung kopi. usaha kecil kecilan untuk pemula
bisnis warung kopi – usaha kecil kecilan untuk pemula

Warkop yang menyajikan mie dengan telur dan kopi serta minuman lainnya sangat mudah ditemukan diberbagai tempat. Menjamurnya warkop diberbagai tempat tidak terlepas dari peluang usaha bisnis warkop yang cukup menjanjikan. Jika anda mempunyai modal sekitar Rp 20 juta, maka dengan modal tersebut anda bisa mempertimbangkan untuk membuka warung kopi sebagai bisnis anda.

Bisnis warkop atau warung kopi termasuk usaha kecil kecilan untuk pemula yang menjanjikan karena dengan modal tersebut potensi laba operasional bisa mencapai Rp. 20 juta sebulan jika warung kopi anda cukup ramai pembeli. Selain itu bisnis yang satu ini relatif sederhana dan mudah dijalankan karena untuk mengolah makanannya serta minumannya juga relatif mudah dilakukan.

 

2. Cuci Motor

Banyaknya pengguna motor dijalanan dan cuaca Indonesia yang membuat motor cepat kotor sejatinya menjadi salah satu alasan mengapa bisnis yang satu ini cukup menjanjikan.

Anda dapat menawarkan jasa cuci motor ditempat anda dengan menggunakan mesin sederhana dengan harga terjangkau. Dengan modal yang relatif terjangkau serta proses bisnis yang sederhana, bisnis cuci motor sangat cocok sebagai usaha kecil kecilan untuk pemula.

 

3. Toko Online

Jika anda suka berjualan barang dan melayani pembeli, tidak ada salahnya jika anda melirik bisnis toko online sebagai usaha kecil kecilan anda. Usaha toko online tidaklah sulit untuk dimulai, anda hanya perlu memperoleh supplier dengan harga bersaing dan kemudian membuat akun di berbagai marketplace online dan kemudian mulai berjualan.

Saat ini banyak sekali barang-barang yang laku dijual secara online, sehingga anda dapat mencoba berbagai macam produk selama anda bisa mendapatkan supplier yang sesuai.

 

4. Bubur Ayam

Bubur ayam merupakan salah satu makanan yang populer dan laris dijual. Bisnis bubur ayam juga termasuk bisnis yang dapat dimulai dengan modal 1 juta, dengan modal yang relatif terjangkau tersebut bisnis bubur ayam sangat cocok untuk dijalakan sebagai usaha kecil kecilan untuk pemula.

Anda bisa berjualan bubur ayam di depan rumah anda di pagi hari atau dengan gerobak sederhana. Selain menjual bubur ayam, anda juga bisa menawarkan pelengkap lainnya seperti sate usus dan sate ampela serta minuman dingin untuk meningkatkan penjualan anda.

5. Laundry Rumahan

usaha laundry, usaha kecil-kecilan untuk pemula
image credit : pexels.com

Mencuci, menjemur dan menyetrika baju merupakan salah satu kegiatan yang tidak disukai oleh banyak orang khususnya mahasiswa dan karyawan pria yang masih bujangan.

Sponsored

Selain itu dengan perubahan gaya hidup masyarakat perkotaan yang semakin sibuk semakin banyak orang yang lebih memilih untuk mencuci pakaiannya dengan menggunakan jasa laundry.

Jika anda tinggal di wilayah yang cukup strategis yang banyak mahasiswa, karyawan pria atau berlokasi diwilayah apartemen yang padat bisnis yang satu ini sangatlah menjanjikan untuk dijalankan. Kebutuhan modalnya juga relatif kecil sehingga cocok untuk pemula.

Baca Juga : Rincian Modal Usaha Laundry Kiloan dan Keuntungannya

 

6. Hadiah Unik

Apakah anda menyukai membuat kerajinan tangan yang unik dan mempunyai jiwa yang kreatif? Jika ya tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai jenis hadiah unik buatan tangan seperti scrapbook, sepatu kanvas lukis, tas rajutan, lukisan potret dan lain sebagainya. Bisnis hadiah unik membutuhkan modal yang relatif kecil dan dapat anda jalankan dengan sistem preorder sehingga risikonya juga kecil. Oleh karena itu bisnis hadiah unik sangat cocok sebagai usaha kecil kecilan untuk pemula.

 

7. Blogging

Jika kamu suka menulis dan membagikan pengetahuan yang bermanfaat bagi orang lain atau gemar menghibur orang dengan tulisan yang menarik, salah satu bisnis kecil kecilan yang cocok untuk pemula seperti anda adalah bisnis blogging. Blogging dapat menjadi sebuah bisnis dengan mengikuti program Google Adsense untuk mendapatkan penghasilan dari iklan, mencari komisi dari Affiliate Marketing, atau dengan menjual produk anda sendiri di blog anda. Blogging sangat cocok untuk pemula karena anda bisa mempelajari berbagai aspek yang penting dalam bisnis blog dengan cukup mudah dari berbagai sumber di Internet.

 

8. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah skema pemasaran dimana seorang publisher, penerbit atau pemasar mendapatkan komisi dari penjualan yang dihasilkan dia dengan melalui suatu link khusus atau kode promosi khusus dari pengiklan. Affiliate marketing dapat dijalankan oleh pemula dengan menyambi sebagai blogger, atau dengan membuat suatu website review produk sehingga orang yang ingin mencari informasi mengenai suatu pembelian kemudian akan membeli produk tersebut melalui link anda.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memulai Affiliate Marketing Untuk Pemula

 

9. Agen Jasa Pengiriman

usaha kecil kecilan, bisnis agen jasa pengiriman
usaha kecil kecilan bisnis agen jasa pengiriman

Bisnis agen jasa pengiriman termasuk salah satu bisnis yang terus berkembang dengan semakin banyaknya orang yang berbelanja dan berdagang secara online. Jika anda mempunyai lokasi yang cukup strategis dimana terdapat cukup banyak penjual online yang berkembang, bisnis jasa pengiriman patut dipertimbangkan untuk usaha kecil kecilan anda. Usaha jasa pengiriman modalnya relatif terjangkau dan proses bisnisnya juga relatif sederhana menjadikan bisnis yang satu ini cocok sekali sebagai usaha kecil-kecilan untuk pemula seperti anda.

 

10. Nasi Goreng

Anda pasti tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Ya, nasi goreng sangatlah populer di masyarakat dan termasuk salah satu makanan yang laris di masyarakat. Usaha nasi goreng dengan sangat mudah dapat anda temukan mulai dari yang berkonsep gerobak sampai restoran bisa anda temukan. Hal tersebut menunjukkan bahwa usaha nasi goreng mempunyai pasar yang sangat luas dan beragama. Usaha nasi goreng dengan demikian dapat anda mulai dengan modal yang relatif kecil, dan juga mudah untuk anda jalankan sehingga sangat cocok untuk usaha kecil kecilan bagi pemula seperti anda.

 

11. Gorengan

Gorengan tidak asing sebagai cemilan favorit orang Indonesia untuk berbagai kesempatan. Jika kamu berlokasi di wilayah yang cukup ramai penduduk atau dekat dengan lalu lintas pejalan kaki yang ramai, usaha goreng mempunyai peluang yang cukup menjanjikan. Anda bisa menjual berbagai gorengan seperti tempe goreng, bakwan, tahu goreng, cireng dan lain sebagainya. Dengan modal minimal 1 juta anda sudah bisa memulai bisnis gorengan sehingga bisnis ini sangat cocok sekali untuk pemula.

 

12. Kue Basah

Masyarakat Indonesia gemar berkumpul dan melakukan kegiatan sosial seperti arisan, kegiatan keluarga dan lingkungan lainnya. Jika kamu mempunyai lokasi usaha yang ramai, seperti dekat kampus atau perkampungan padat penduduk, anda bisa mempertimbangkan untuk memulai bisnis yang satu ini. Berbagai kue basah sangat dicari untuk berbagai kegiatan sosial dan juga kegiatan bisnis sehingga target pasarnya luas dan menjanjikan.

 

Advertisement
Sponsored

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here