image credit : pexels.com

Berbisnis toko online dewasa ini harus pintar-pintar dalam menggunakan sosial media sebagai media promosi. Tidak dapat dipungkiri jika saat ini sosial media semakin digemari, dan Instagram adalah salah satu yang paling populer. Mengetahui cara promosi toko online di Instagram yang ampuh pun menjadi salah satu kunci sukses berbisnis toko online atau online shop.

Pertanyaannya bagaimana cara promosi toko online di Instagram? Jawaban dari pertanyaan itulah yang akan dibahas dalam artikel ini sobat entrepreneur. Sebelumnya, strategi promosi yang efektif untuk setiap toko online mungkin dapat berbeda karena bergantung kepada jenis barang dagangan, target pasar, dan juga modal bisnis anda.

 

Kunci Sukses Promosi Di Instagram

Sudah banyak sekali toko online atau online shop yang meraih sukses dengan promosi di Instagram. Beberapa contohnya seperti CottonInk, Gutteninc, dan (). Terdapat kesamaan dari toko-toko online yang sudah sukses tersebut. Mereka mempunyai konsistensi dan konsep yang baik.

1. Konsistensi Posting

instagram konsisten posting
semakin banyak yang kamu posting per minggu semakin cepat follower kamu tumbuh

Ya, seperti kata pepatah “Roma tidak dibangun dalam waktu semalam”. Tidak ada sukses dengan cara instan, semuanya membutuhkan waktu. Dalam hal ini konsistensi posting merupakan salah satu cerminan dari pepatah tersebut dan merupakan hal yang penting untuk sukses promosi di Instagram.

Konsisten memungkinkan anda untuk membangun pengikut secara sedikit demi sedikit, dan membangun interaksi secara rutin dengan mereka sehingga mereka dapat menjadi fans yang aktif. Dengan mendapatkan fans yang aktif anda akan semakin mudah untuk mempromosikan toko online atau online shop anda di Instagram. Oleh karena itu usahakan untuk memposting setidaknya satu konten setiap hari pada jam yang sama untuk pengikut anda.

 

2. Kolaborasi Dengan Akun Lain

promosi toko online dengan instagram
image credit : pexels

Kerja sama yang baik merupakan kunci sukses setiap bisnis. Begitu juga untuk pemasaran di Instagram, kolaborasi merupakan salah satu cara promosi toko online di Instagram yang sangat ampuh.

Kolaborasi dengan akun Instagram lain memungkinkan anda untuk membangun suatu interaksi positif tidak hanya dengan mitra anda tetapi juga dengan pengikut mitra anda dan juga pengikut anda sendiri.

Untuk berkolaborasi dengan bisnis lain anda dapat menawarkan kerja sama sederhana dengan bisnis lain yang mempunyai skala bisnis dan jumlah pengikut yang kurang lebih setara.

Kemudian anda bisa mempunyai kesepakatan untuk saling memention satu sama lain setiap hari dengan tema atau topik yang sudah disepakati bersama.

Baca Juga: 5 HP Terbaik Untuk Bisnis Online Harga 2 Jutaan

 

3. Lengkapi Halaman Bio 

cara promosi toko online di instagram yang ampuh - contoh bio instagram online shop

Instagram tidak seperti Twitter atau Facebook yang memungkinkan anda untuk membuat link aktif yang mudah diikuti disetiap postingan yang anda buat.

Instagram hanya memberikan satu link aktif di halaman bio anda. Oleh karena itu sangat penting untuk melengkapi halaman bio dengan link yang paling efektif untuk mengarahkan pengikut anda untuk membeli dari anda.

Halaman bio juga harus lengkap dengan informasi penting lain yang perlu diketahui seperti nomor kontak whatsapp dan apa jenis barang atau jasa yang anda jual. Tidak lupa juga sebutkan apa nilai yang anda berikan kepada pelanggan anda misalnya, jaminan pengiriman cepat, jaminan produk ori dan gratis retur barang yang tidak sesuai.

 

4. Interaksi Dengan Pengikut

Seperti sosial media lain, interaksi pengikut adalah segalanya. Semakin tinggi interaksi pengikut untuk suatu postingan anda semakin banyak orang yang akan melihat postingan anda dan mengenal bisnis anda.

Salah satu kunci untuk meningkatkan interaksi pengikut adalah dengan secara aktif berinteraksi dengan pengikut anda. Anda bisa membuat Instastory yang menanyakan pendapat mereka tentang sesuatu, anda juga bisa menjawab pertanyaan mereka melalui kolom komentar, dan tidak lupa juga anda bisa memberikan promo menarik untuk mereka yang aktif berinteraksi dengan bisnis anda.

 

5. Gunakan Instastory

Instagram Stories atau Instastory saat ini menjadi salah satu cara promosi toko online di Instagram yang ampuh. Instastory mempunyai tingkat visibilitas yang cukup tinggi karena konten ditampilkan dalam layar yang penuh tanpa gangguan antarmuka instagram yang lain.

Selain itu Instastory tercatat memiliki jumlah pengguna harian yang sangat besar (mencapai 200 juta pengguna harian) dan terus bertambah. Tidak hanya itu, Instastory juga dapat ditemukan oleh orang lain yang buka follower anda sehingga Instastory dapat menjadi peluang bagi anda untuk menambah follower anda.

 

6. Deskripsi Produk

Anda pasti pernah tertarik dengan suatu produk atau jasa tetapi kemudian tidak jadi karena tidak mendapat keterangan yang jelas mengenai informasi penting produk tersebut seperti harga, ukuran, jenis bahan dan fitur yang dipunyai barang tersebut.

Hal tersebut juga bisa terjadi kepada bisnis anda, mungkin banyak calon pelanggan anda yang malas bertanya lebih jauh untuk mengetahui hal tersebut dan malah tidak jadi membeli barang atau jasa tersebut dari anda.

Untuk mengantisipasi hal tersebut usahakan untuk memberikan deskripsi produk secara lengkap dan jelas dalam posting produk yang anda lakukan. Jangan lupa juga untuk menyertakan informasi penting lain seperti pembayaran, pengiriman dan retur.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Bisnis Online Untuk Pemula Yang Menjanjikan

 

7. Gunakan Hashtag Secara Cerdik

Hashtag atau tanda pagar merupakan salah satu pengkategorian konten di banyak platform media sosial, termasuk Instagram. Hashtag memungkinkan pengguna lain untuk menemukan konten dengan kata kunci tersebut dan juga untuk mengikutinya.

Penelian Track Maven menemukan bahwa posting dengan 7-11 hashtag cenderung mendapatkan lebih banyak interaksi, likes dan tayangan. Dengan kata lain hashtag merupakan salah satu cara promosi toko online di Instagram yang ampuh agar toko anda dapat ditemukan dan dilihat.

telah menjadi cara yang seragam untuk mengkategorikan konten di banyak platform media sosial, terutama Instagram. Tagar memungkinkan Instagrammer menemukan konten untuk dilihat dan akun untuk diikuti.

Penelitian dari Track Maven menemukan bahwa posting dengan lebih dari 11 tagar cenderung mendapatkan lebih banyak keterlibatan.

Anda juga harus menggunakan hashtag secara cerdik. Caranya? Lakukan analisa hashtag dengan alat seperti seperti hashtagify.me yang membuat peringkat dan menganalisis semua jenis tagar yang berbeda

 

8. Share Konten Pengikut Kamu

instagram interaksi dengan pengguna
image credit : pexels.com

Dalam setahun Buffer meningkatkan pengikut Instagram mereka hampir 400%. Menurut Buffer, pertumbuhan pengikut tersebut adalah hasil dari berbagi konten yang dibuat pengguna.

Konten yang dibuat pengikut memang efektif sebagai salah satu cara promosi toko online di Instagram yang efektif karena posting tersebut dibuat oleh pelanggan anda dan mempunyai efek positif yang lebih tinggi dibandingkan promosi anda.

Kenapa? karena tentu sebagai pemilik toko akan selalu menyampaikan yang positif dari yang anda berikan. Tetapi pengguna dan pelanggan yang puas menjadi review untuk mereka yang mempertimbangkan untuk membeli dari anda atau tidak.

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here