Beranda Ide Bisnis 15 Peluang Usaha Kecil Yang Menguntungkan Terbaru

15 Peluang Usaha Kecil Yang Menguntungkan Terbaru

196
0

Apakah anda ingin menjadi pengusaha namun bingung karena tidak memiliki modal besar? Jika ya, mulailah dengan satu peluang usaha kecil yang dapat anda mulai dengan modal kecil.

Jangan menunda keinginan anda menjadi pengusaha karena alasan modal karena banyak peluang usaha kecil yang menguntungkan yang hanya membutuhkan modal terbatas.

Banyak orang yang memandang sebelah mata bisnis atau usaha kecil seperti bisnis kuliner gerobak, warung tenda, servis AC panggilan, dan bengkel motor kecil.

Padahal sebenarnya usaha-usaha kecil tersebut mempunyai potensi yang cukup besar untuk memberikan penghasilan yang lebih besar dari kebanyakan karyawan kantoran. Misalnya, para pedagang bakso yang pendapatannya dapat membeli mobil mewah dan rumah.

Oleh karena itu jangan malu dan ragu untuk memulai usaha kecil, dan untuk inspirasi anda calon pengusaha, berikut 15 peluang usaha modal kecil yang menguntungkan dengan modal kecil.

 

Usaha Kecil Bidang Jasa

1. Bisnis Agen Logistik

Anda pasti mengetahui jika saat ini yang namanya bisnis online sedang meledak. Terutama untuk bisnis toko online yang terus bertumbuh pesat dari tahun ke tahun. Trend pertumbuhan pesat bisnis toko online tersebut masih diprediksi akan terus berlanjut sampai 2020.

Pertumbuhan bisnis toko online tersebut memberikan peluang usaha kecil yang menguntungkan untuk menjadi agen logistik. Bisnis agen logistik biasanya memberikan keuntungan berupa komisi dari omzet sebesar 15%-20% bahkan 25% untuk Wahana Prestasi Logistik,

Modal untuk memulai bisnis agen logistik juga tergolong terjangkau, untuk menjadi agen JNE misalnya cukup dengan modal 7-10 juta anda sudah bisa memulai bisnis tersebut (jika anda sudah mempunyai tempat sendiri). Atau untuk Wahana anda bisa memulai dengan modal 4-5 juta saja.

 

2. Bisnis Agen Kudo

Apakah anda ingin menghasilkan uang dari jasa pembayaran:

  • pulsa dan paket data;
  • listrik PLN;
  • BPJS;
  • Air PDAM;
  • tiket pesawat dan kereta;
  • Asuransi; dan
  • Cicilan kredit.

atau ingin mendapat komisi dari :

  • Pendaftaran asuransi,
  • Pendaftaran mitra Grab,
  • Menyalurkan dana cepat (kredit multiguna/KTA dari Adira Finance), dan
  • Penjualan barang-barang elektronik, fashion, rumah tangga, kebutuhan ibu dan anak dan berbagai barang lainnya, dari toko online terkemuka seperti Lazada, Zalora, Blanja.

Dengan modal kecil maka usaha kecil yang menguntungkan untuk anda adalah dengan menjadi Agen Kudo.

Pendaftarannya pun sangat mudah, anda hanya perlu nama lengkap dan nomor telepon (ditambah email jika anda punya email). Atau anda juga bisa daftar dengan Facebook.

agen kudo, bisnis kecil, usaha kecil yang menguntungkan
Kudo – Agen Kudo adalah salah satu usaha kecil yang menguntungkan

Bisnis agen kudo termasuk usaha kecil yang menguntungkan karena dengan modal yang kecil anda bisa mendapatkan komisi sampai dengan 20%.

Namun, besaran komisi sangat bergantung pada jenis barang, nilai dan penjualnya.

Sebagai catatan, komisi yang tergolong besar dari Kudo adalah komisi pendaftaran Grab sebesar maksimal Rp. 350.000 dan komisi kredit multiguna Adira sebesar Rp. 275.000.

Jika anda tertarik anda bisa mendaftar sebagai Agen Kudo disini.

 

3. Usaha Servis Handphone

usaha modal 10 juta yang menjanjikan
image credit : pexels.com

Saat ini handphone sudah seperti bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari banyak orang. Bahkan tidak sedikit orang yang lebih khawatir karena ketinggalan handphone dibandingkan ketinggalan dompet dirumah.

Namun karena handphone selalu digunakan setiap hari dan dibawa kemanapun maka risiko kerusakan yang dapat menimpa handphone juga cukup besar.

Tidak jarang handphone yang digunakan terjatuh dan rusak. Atau karena mengunjungi situs yang tidak jelas handphone anda kemudian rusak softwarenya.

Kerusakan tidak menjadi masalah jika handphone tersebut masih dalam mempunyai garansi. Tetapi jika tidak maka anda mungkin harus membayar mahal untuk memperbaiki handphone. Dan tidak semua tempat juga mempunyai tempat servis resmi yang terjangkau.

Dengan masalah-masalah tersebut dan besarnya penggunaan handphone, bisnis servis handphone termasuk salah satu usaha kecil yang menguntungkan.

Bisnis servis handphone hanya membutuhkan modal Rp 5 juta sampai Rp. 10 juta untuk peralatan servis. Dan anda dapat memperoleh biaya jasa servis paling murah Rp. 50 ribu untuk servis ringan dan ratusan ribu untuk servis yang cukup berat.

 

4. Usaha Servis AC

Seiring dengan semakin meningkatnya taraf kehidupan masyarakat dan panasnya iklim tropis Indonesia, penggunaan AC baik untuk rumah tangga ataupun kantor semakin meningkat.

Hal ini mendorong peningkatan prospek usaha servis AC sebagai salah satu usaha kecil yang menguntungkan. Dengan modal yang tidak lebih dari 10 juta untuk perlengkapan servis anda sudah bisa memulai usaha servis AC dari rumah ke rumah.

Bisnis servis AC mengenakan biaya jasa cuci AC paling murah sebesar Rp. 50 ribu dan sampai dengan Rp. 70 ribu per unit. Untuk servis lain seperti tambah freon bisa mendapatkan omset mulai dari Rp. 150 ribu sampai Rp. 250 ribu.

 

5. Usaha Pijat Kesehatan

Pijat memberikan banyak manfaat kepada tubuh dan kesehatan. Selain dapat membantu tubuh dan pikiran untuk rileks, pijat juga membantu untuk memperlancar aliran darah yang kurang lancar atau membantu penyembuhan memar.

Jika anda mempunyai keahlian untuk memijat orang dengan baik, entah untuk membuat mereka rileks atau membantu menyembuhkan rasa sakit maka salah satu pilihan usaha kecil yang menguntungkan untuk anda adalah usaha pijat kesehatan.

Memulai usaha ini membutuhkan modal yang kecil. Anda mungkin hanya memerlukan minyak pijat, baju yang bersih, dan handuk jika anda ingin memulainya sebagai sebuah usaha pijat panggilan. Untuk pijat panggilan anda bisa mengenakan biaya mulai dari Rp. 50 ribu sampai Rp. 100 ribu per pijat.

Namun jika anda ingin memperoleh pendapatan yang lebih besar, anda bisa membuka tempat pijat yang lebih professional dengan tempat yang nyaman, kursi pijat, aromatherapy dan fasilitas lainnya.

 

6. Usaha Event Planner/Organizer

Merencanakan, mengatur, dan memastikan suatu acara berjalan dengan baik dan lancar bukanlah suatu hal yang mudah. Terutama jika acaranya mengundang orang dalam jumlah cukup besar atau mempunyai suatu tema tertentu.

Usaha event planner/organizer dalam skala kecil biasanya memperoleh penghasilan dari jasa merencanakan dan mengatur event-event pribadi seperti anniversary, ulang tahun, romantic dinner, bridal shower, baby shower, perayaan kelulusan dan masih banyak lagi.

Untuk event pribadi seperti itu saja, usaha event planner/organizer dapat meraih keuntungan kotor berupa biaya jasa sebesar Rp. 1 juta sampai Rp. 3 juta.
Sedangkan untuk modalnya anda dapat menggunakan uang Down Payment dari pelanggan anda untuk biaya operasional.

 

7. Jasa Asisten Virtual 

Apa itu Asisten Virtual ?

Asisten Virtual atau Virtual Assistant adalah jasa yang memberikan bantuan secara remote melalui internet kepada kliennya untuk melakukan berbagai tugas seperti mengecek dan membalas email, melakukan riset, mengatur jadwal pertemuan, melakukan tindak lanjut atas suatu pertemuan dan hal-hal lainnya.

Asisten Virtual mendapat uang dari kontrak atau biaya jasa sesuai dengan periode layanan atau sesuai dengan jam bekerja.

Bisnis asisten virtual sedang berkembang saat ini seiring dengan semakin tumbuhnya pasar freelance secara global.

Untuk menawarkan jasa asisten virtual anda harus memiliki keahlian bahasa asing, laptop, smartphone dan sambungan internet yang stabil.

Jika anda tertarik untuk mencoba menjadi seorang asisten virtual anda dapat mencari lowongan pekerjaan asisten virtual di Freelancer.com, Upwork.com, atau membuka gigs di Fiverr.

Usaha Kecil Bidang Kuliner

8. Usaha Warung Bakso

Bakso merupakan salah satu makanan yang paling populer di Indonesia. Jajanan yang satu ini menjadi salah satu makanan yang paling banyak dicari dan laris dipasaran.

Tidak heran jika usaha bakso termasuk salah satu usaha kecil yang menguntungkan, karena begitu populernya bakso membuat bakso mempunyai pasar yang besar.

Tidak hanya itu, untung dari bisnis bakso juga cukup besar. Bahkan berdasarkan pengakuan dari Ketua Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (Apmiso) Tri Setyo Budiman pada tahun 2013 rata-rata omset perhari pedagang warung bakso adalah sebesar Rp. 1 juta.

 

9. Usaha Bubur Ayam

Bubur ayam merupakan salah satu makanan yang juga sangat populer di Indonesia. Terutama di pagi hari untuk sarapan atau di malam hari untuk “mengganjal” perut agar tidak terlalu lapar.

Makanan yang bahan dasarnya berupa beras, air, kaldu ayam, suir-suir kecil daging ayam plus daun bawang ini sangat menguntungkan sebagai suatu usaha kuliner. Dengan bahan-bahan tersebut dengan harga jual Rp. 10 ribu per mangkok margin keuntunggannya mencapai 60% dari omset.

Bahkan jika anda berkreasi dengan berbagai isi yang lebih kreatif seperti telur ayam kampung, keju, kornet dan lainnya, margin keuntunganya dapat mencapai 65% dari omset.

10. Usaha Snack Kemasan

Anda mungkin pernah mendengar kisah sukses Reza Nurhilman pendiri Maicih. Usaha snack kemasan yang dirintis Reza merupakan salah satu contoh nyata potensi usaha snack kemasan sebagai usaha kecil yang menguntungkan.

Baca Juga : 9 Kiat Sukses Usaha Makanan Yang Harus Anda Ketahui

Besarnya potensi bisnis snack kemasan inilah yang mendorong begitu banyaknya perusahaan-perusahaan besar yang terjun ke bisnis makanan kemasan.

Walaupun bisnis snack kemasan tergolong bisnis yang mempunyai persaingan ketat, usaha kecil tetap dapat bertahan dan berkembang ditengah persaingan tersebut dengan menonjolkan suatu keunikan dan ke”khas”an tersendiri.

 

11. Usaha Ayam Geprek

Ayam geprek saat ini sedang naik daun. Makanan yang sebenarnya merupakan variasi dari ayam goreng tepung dengan sambal ini memang lezat dan disukai oleh banyak orang.

Jika belum ada usaha ayam geprek yang mempunyai cita rasa istimewa di sekitar anda maka anda dapat memulai usaha kecil yang menguntungkan ini.

Memulai bisnis ayam geprek juga tidaklah membutuhkan modal besar. Anda dapat memulai bisnis ini dengan modal Rp. 10 jutaan, dan tempat yang kecil.

Jika cita rasa ayam geprek anda enak dan fokus kepada layanan pesan antar/delivery keuntungan yang dapat anda peroleh dapat mencapai lebih dari Rp. 30 juta per bulan.

 

12. Usaha Ais Kepal Milo

Jajanan es yang satu ini sedang naik daun dan banyak dicari oleh anak-anak muda. Ais Kepal Milo menawarkan variasi es milo yang dicampur dengan berbagai rasa seperti Kepal Original, Tiramisu, Magnum, Matcha, Ovaltine, Crunchy Ovaltime dan lainnya.

Modal yang diperlukan juga tidak besar, anda dapat memulai bisnis ais kepal milo ini dengan biaya franchise sebesar Rp. 15 jutaan.
Dengan modal tersebut potensi keuntungan yang bisa diraih mencapai Rp 18.100.000.

Baca Juga : 20 Peluang Usaha Makanan yang Laris

 

Usaha Kecil Bidang Perdagangan

13. Bisnis Mainan Edukatif

Saat ini semakin banyak orang tua yang peduli dengan tumbuh kembang anaknya secara sehat. Pertumbuhan anak dengan sehat tersebut perlu didukung dengan sarana bermain yang mendorong perkembangan yang positif si kecil.

Mainan edukatif disini mempunyai peran yang penting dalam memberikan sarana bermain yang sehat dan positif tersebut. Dengan trend kesadaran orang tua yang semakin tinggi akan pentingnya mainan edukatif untuk pertumbuhan anak, bisnis mainan edukatif dapat menjadi salah satu pilihan usaha kecil yang menguntungkan bagi anda.

Anda dapat memulai bisnis mainan edukatif ini dengan mencari supplier mainan edukatif yang berkualitas atau jika anda senang mendesain anda dapat membuat desain yang sesuai dengan keinginan anda dan mencari pengrajin yang dapat membuatnya.

 

14. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah salah satu cara menghasilkan uang melalui bisnis online yang sudah terbukti. Banyak sekali entrepreneur yang telah sukses menghasilkan uang banyak dengan affiliate marketing. Pat Flynn dari SmartpassiveincomeJohn Lee Dumas dari EOFire, dan Charles Ngo adalah contoh kecil dari mereka yang sukses menghasilkan jutaan dolar AS melalui affiliate marketing.

Jika anda mempunyai keinginan kuat untuk terus belajar, berekperimen, dan mempunyai kesabaran, anda mempunyai kemungkinan yang cukup besar untuk sukses di bisnis affiliate marketing.

Terkait : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Affiliate Marketing Untuk Pemula

 

15. Bisnis Perhiasan Kerajinan Tangan

Memadukan kreatifitas dengan keahlian berdagang, inilah yang menjadi kunci sukses bisnis perhiasan kerajinan tangan yang dibuat dari manik-manik serta bahan-bahan lainnya.

Salah satu contoh pengusaha yang sukses berbisnis perhiasan kerajinan tangan adalah Fenny Angela. Fenny Angela adalah pemilik Aeroculata yang menjual berbagai macam aksesoris buatan tangan mulai dari cincin, kalung, bros, anting dan lain-lain.

Sebagai bukti bisnis perhiasan kerajinan tangan sebagai usaha kecil yang menguntungkan, Fenny memulai bisnis tersebut dengan modal 1 juta dan dapat meraih omzet Rp 20 jutaan per bulan.

Untuk membantu pemasaran anda saat ini dapat menjual melalui situs khusus barang-barang handmade seperti Etsy.com, dan Qlapa.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here