usaha sampingan untuk anak muda
image credit : pexels.com, usaha sampingan untuk anak muda

Di era teknologi informasi saat ini semakin banyak peluang usaha sampingan untuk anak muda. Kesempatan yang terbuka lebar untuk anak muda untuk memulai bisnis sampingan didukung dengan media internet yang memungkinkan setiap orang untuk menawarkan produk dan jasa baru tanpa modal yang besar.

Usaha sampingan untuk anak muda tidak hanya menjadi solusi untuk hidup mandiri atau mengurangi beban orang tua, usaha sampingan tersebut juga dapat dikembangkan menjadi bisnis anak muda sepenuhnya dan menjadi jalan awal sebagai pengusaha sukses.

Pertanyaan apa saja peluang usaha untuk anak muda yang menjanjikan saat ini? Berikut 10 peluang usaha untuk anak muda yang menguntungkan.

1. Usaha Desain Barang-Barang

tees.co.id, usaha sampingan untuk anak muda
usaha sampingan untuk anak muda : desain barang-barang

Apakah kamu mempunyai jiwa kreatif dan tertarik membuat desain t-shirt, sarung bantal, jaket, mug, tote bag, casing hp atau barang-barang lainnya?

Jika ya maka usaha sampingan untuk anak muda yang dapat cocok untuk kamu adalah usaha desain barang-barang dengan menggunakan Tees.co.id.

Tees.co.id membuka kesempatan bagi setiap orang yang kreatif untuk membuat desain dan menjualnya melalui website mereka. Kamu bisa menentukan harga kamu sendiri dan mendapatkan keuntungan dari margin biaya produksi yang mereka kenakan.  Untuk t-shirt misalnya kamu bisa memperoleh keuntungan mulai dari 29 ribu perkaos atau lebih.

Dengan tees.co.id, selain tidak membutuhkan modal selain kreatifitas kamu juga tidak perlu repot mengurusi produksi atau pengiriman. Oleh karena itu bisnis ini termasuk salah satu usaha sampingan untuk anak muda yang menjanjikan.

 

2. Usaha Kado Unik

usaha sampingan untuk anak muda, usaha kado unik
usaha kado unik : bisnis sampingan anak muda

Usaha sampingan anak muda yang berikutnya adalah usaha kado unik. Kado unik banyak dicari untuk berbagai kesempatan seperti ulang tahun, wisuda, anniversary, atau bahkan acara perusahaan.

Jika kamu mempunyai kreativitas untuk membuat berbagai kado unik seperti lukisan wajah, musik box, perhiasan, scrapbook dan lain-lain maka usaha ini dapat menjadi pilihan usaha sampingan untuk kamu.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis sampingan ini tidaklah besar, kamu juga dapat meminta DP terlebih dahulu dari pelanggan kamu untuk modal membeli bahan-bahan yang diperlukan.

 

3. Usaha Desain Grafis

desain grafis, hobi yang dapat menghasilkan uang
desain grafis – hobi yang dapat menghasilkan uang

Permintaan pasar akan desain grafis yang menarik, kreatif atau unik tidak ada habisnya. Jasa desain grafis dibutuhkan untuk mendapatkan desain logo, flyer, cover buku, undangan, spanduk, dan berbagai materi promosi lainnya.

Dengan luasnya kebutuhan akan desain-desain tersebut bisnis desain grafis tidak ada matinya dan akan selalu berkembang selama ekonomi terus berjalan.

Usaha desain grafis juga dapat dijadikan sebagai bisnis sampingan anak muda atau anak kuliahan karena kamu dapat menawarkan jasa desain grafis melalui internet. Kemudian kamu dapat mengerjakannya disela-sela kesibukan dengan menggunakan laptop yang mumpuni.

Sponsored

Jika kamu sudah mendapatkan klien yang cukup banyak dari bisnis ini, bukannya tidak mungkin kamu dapat menjadikan bisnis sampingan yang satu ini menjadi sumber penghasilan utama dimasa depan.

 

4. Usaha Jasa SEO

Tidak dapat dipungkiri jika search engine seperti Google merupakan salah satu website yang paling banyak dikunjungi untuk mendapatkan suatu informasi.

Sebagai sumber utama untuk mencari dan mendapatkan informasi mempunyai posisi yang tinggi dalam hasil pencarian search engine merupakan salah satu aset penting untuk setiap website.

Jasa usaha jasa search engine optimization atau biasa disingkat SEO dapat mengenakan biaya mulai dari ratusan ribu sampai jutaan untuk optimisasi satu keyword pada suatu halaman website. Mengingat hal tersebut bisnis SEO termasuk salah satu bisnis berbasis internet yang menjanjikan.

Usaha SEO termasuk bisnis sampingan untuk anak muda atau kuliahan karena pengerjaannya tidak terikat pada tempat fisik, kamu dapat menawarkannya secara online dan kemudian mengerjakannya dirumah, dikampus atau dikosan kamu.

 

5. Usaha Affiliate Marketing

Affiliate marketing mungkin masih asing sebagai bisnis sampingan anak muda atau kuliahan, tapi sebenarnya bisnis yang satu ini sudah ada sejak lama sebagai suatu bisnis online yang menguntungkan.

Affiliate marketing adalah skema kerjasama antara pengiklan (pemilik produk) dengan affiliate (promotor) untuk mempromosikan produknya. Affiliate kemudian diberikan suatu link atau kode kupon khusus yang akan memberikan komisi kepada affiliate untuk setiap pembelian yang terjadi melalui link atau kode khusus tersebut.

Terdapat banyak sekali perusahaan yang memberikan peluang usaha sampingan affiliate marketing ini misalnya Accesstrade, Tokopedia (ByMe), Bukalapak, Tiket.com, dan masih banyak lagi.

Potensi dari bisnis ini cukup besar, contohnya Pat Flynn pendiri SmartPassiveIncome adalah salah satu pebisnis online yang mempunyai penghasilan puluhan ribu USD dari bisnis affiliate marketing.

 

6. Tutor Online

Jika kamu mempunyai keahlian di mata pelajaran seperti matematika, fisika, kimia atau bahasa asing maka tutor online dapat menjadi usaha sampingan untuk anak muda dan kuliahan yang tepat untuk kamu.

Saat ini menjadi tutor online cukup menjanjika, kamu bisa menghasilkan penghasilan tambahan sampai jutaan rupiah dengan menjadi tutor online di platform seperti Ruangguru.

Baca Juga : 7 Kisah Sukses Pendiri Startup Indonesia Yang Inspiratif

 

7. Jasa Penerjemah

Jika kamu menguasai bahasa asing seperti Inggris, Mandarin, Jepang, German, India, Spanyol atau Rusia maka salah satu bisnis sampingan untuk anak muda yang perlu kamu pertimbangkan adalah membuka jasa penerjemah.

Jasa penerjemah diperlukan oleh perusahaan-perusahaan atau perorangan untuk menerjemahkan berbagai dokumen, kontrak atau untuk melakukan suatu pertemuan formal. Penerjemah biasanya dibayar perjam kerja atau perlembar dokumen dengan tarif yang cukup tinggi sehingga cukup menjanjikan sebagai suatu usaha sampingan.

 

8. Jasa Fotografi

Fotografi merupakan salah satu hobi yang dapat menghasilkan uang. Jasa fotografi yang sangat dibutuhkan untuk berbagai kesempatan seperti untuk kawinan, anniversary, ulang tahun, dan juga oleh perusahaan untuk pemotretan produk, foto model, presentasi, company profile dan masih banyak lagi.

Jika kamu mempunyai keahlian fotografi, kamu dapat menjadikannya sebagai usaha sampingan dan membantu klien kamu mendapatkan gambar yang bagus.

 

9. Bisnis Snack

Siapa yang tidak suka makan snack? Jelas jika sebagian besar orang senang makan snack. Potensi pasar dari bisnis snack sangatlah besar, dan bisnis snack juga sangat terbuka dengan ide-ide snack baru yang kreatif dan menarik.

Oleh karena itu jika kamu mempunyai ide snack yang enak dan kreatif, kamu dapat memulai bisnis snack sebagai usaha sampingan. Kamu dapat memulainya sebagai bisnis sampingan dengan sistem preorder atau menjualnya secara online.

Bukannya tidak mungkin dari bisnis sampingan kemudian menjadi bisnis snack besar seperti Maicih yang berasal dari bisnis modal kecil menjadi bisnis dengan omzet milyaran rupiah.

Baca Juga : 5 Langkah Memulai Bisnis Makanan dan Minuman Dengan Modal Kecil

 

10. Bisnis Aplikasiusaha sampingan untuk karyawan kantoran, usaha aplikasi handphone

Bukan rahasia lagi jika aplikasi smartphone dapat menjadi ladang uang untuk mereka yang kreatif dan mempunyai keahlian membuat aplikasi. Dari aplikasi yang sukses seseorang dapat menghasilkan ratusan atau ribuan dollar dari iklan dan penjualan aplikasi premium.

Jika kamu tidak mempunyai keahlian programming, jangan khawatir karena saat ini banyak sekali online course yang dapat membantu kamu belajar membuat aplikasi. Contohnya online course development aplikasi Android dari Udemy yang telah diikuti oleh 10 ribu peserta terdaftar dan mempunyai rating tinggi tersebut.

Jika kamu tidak bisa programming sendiri bukan berarti kamu tidak bisa menjalankan bisnis ini. Jika kamu mempunyai ide aplikasi smartphone yang cemerlang kamu bisa menyewa subkontraktor atau jasa untuk membuat aplikasi smartphone yang anda inginkan. Untuk itu anda dapat menggunakan situs yang menyediakan jasa pembuatan aplikasi smartphone seperti Fiverr.

 

Sponsored
Artikulli paraprakDefinisi dan Cara Melakukan Riset Pasar Untuk Bisnis Anda
Artikulli tjetër20+ Ide Bisnis Passive Income Yang Menjanjikan
Firman adalah dosen manajemen di Fakultas Ekonomi & Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, internet entrepreneur,dan investor keuangan. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini