usaha ibu rumah tangga yang menjanjikan
image credit : pexels.com

Apa saja peluang usaha ibu rumah tangga tanpa modal? untuk menjawab pertanyaan tersebut yuk baca artikel ini. Saat ini semakin banyak ibu rumah tangga yang tidak hanya sekedar mengurus rumah, banyak ibu rumah tangga yang juga sukses berwirausaha. Contohnya Lanny Siswandi pemilik Sambal Ibu Rudy yang menjadi oleh-oleh khas Surabaya.

Memulai usaha sebagai ibu rumah tangga memang tidak mudah. Untuk bisa sukses usaha dan mengurus rumah diperlukan keahlian manajemen waktu dan semangat yang kuat. Namun dengan memilih usaha yang tepat, tantangan manajemen waktu dapat diminimalisir.

Masalah kedua yang sering dihadapi ibu rumah tangga dalam berwirausaha adalah modal. Banyak ibu rumah tangga tidak kunjung mewujudkan mimpinya menjadi wirausaha karena terkendala modal. Untungnya dengan perkembangan zaman banyak usaha yang dapat dimulai tanpa modal.

Contoh Usaha Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal 

Usaha tanpa modal disini bukan berarti usaha tersebut tidak memerlukan modal sama sekali, kamu tetap mungkin memerlukan perlengkapan tertentu yang menjadi syarat awal untuk memulai usaha tersebut. Tetapi selain perlengkapan tersebut modal untuk memulai usaha tersebut relatif kecil dengan potensi pendapatan yang jauh lebih besar.

Lalu, apa saja peluang usaha ibu rumah tangga tanpa modal yang menjanjikan? Untuk inspirasi kamu berikut 15 contoh peluang usaha ibu rumah tangga tanpa modal yang menjanjikan.

 

1. Usaha Kue Kering

usaha kue kering, usaha ibu rumah tangga tanpa modal
image credit : pexels.com

Jika kamu mempunyai dapur dengan perlengkapan yang cukup lengkap untuk membuat kue, usaha kue kering merupakan salah satu peluang usaha ibu rumah tangga tanpa modal yang dapat kamu jalani.

Usaha kue kering sangat diminati disaat-saat lebaran dan juga momen-momen istimewa lainnya. Diluar momen-momen tersebut kamu juga dapat menghasilkan pendapatan yang tidak sedikit dengan menjualnya melalui toko online, social media dan bekerjasama dengan toko, kafe atau bahkan teman kamu.

Baca Juga : 5 Risiko Usaha Cafe Yang Perlu Anda Ketahui

2. Usaha Snack

Siapa yang tidak suka makan snack? hampir semua orang suka makan snack. Tidak heran jika bisnis snack termasuk salah satu bisnis yang mempunyai prospek cerah di Indonesia. Banyak sekali pengusaha Indonesia yang sukses dibisnis snack misalnya Reza Nurhilman yang berbisnis ‘Maicih’ dan Yana Hawi Arifin yang mempunyai bisnis keripik ‘Karuhun’.

Jika kamu senang memasak dan suka membuat cemilan, usaha snack ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Usaha makanan ringan dapat dirintis dirumah dengan modal yang relatif kecil atau tanpa bahkan tanpa modal jika kamu menggunakan sistem preorder.

Untuk memasarkan usaha makanan ringan kamu perlu membuat desain kemasan dan kemasan yang menarik dan unik. Selain itu kamu juga harus rajin memposting promosi melalui sosial media dan membangun jaringan reseller.

 

3. Usaha Makanan Kemasan

Akhir-akhir ini semakin banyak makanan kemasan dalam kemasan buatan rumah seperti rendang, dendeng, sandwich, teri balado, sambal dan lain-lain semakin digemari oleh masyarakat.

Perkembangan tersebut membuka peluang usaha makanan kemasan untuk ibu rumah tangga yang mempunyai keahlian membuat masakan yang enak dan perlengkapan food sealer untuk memasarkan makanannya dalam kemasan melalui toko online.

Sponsored

Usaha yang satu ini dapat kamu mulai tanpa modal besar dengan memanfaatkan dapur dan perlengkapan yang ada dan mengandalkan media sosial serta jaringan teman kamu untuk memasarkan produk yang kamu buat.

 

4. Usaha Katering Diet

usaha ibu rumah tangga tanpa modal
image credit : maxpixel.freegreatpicture.com

Terdapat pasar yang besar untuk solusi mengurangi dan menambah berat badan. Disamping itu masyarakat semakin meningkat kesadarannya akan pentingnya makan sehat untuk kehidupan yang lebih baik. Dengan kedua kondisi tersebut usaha katering diet mempunyai prospek yang menjanjikan.

Jika kamu suka memasak dan dapat mengatur menu makanan yang sehat maka usaha yang satu ini patut dilirik. Karena selain keuntungannya yang cukup besar kamu juga membantu pelanggan anda untuk mendapatkan berat badan ideal dan menjadi lebih sehat.

 

5. Menjadi Tutor Online

Jika kamu mempunyai pengetahuan yang baik dalam suatu mata pelajaran yang sulit seperti matematika, fisika, kimia atau bahasa asing maka kamu dapat menjadi tutor online untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Saat ini sudah cukup banyak platform yang membuka peluang untuk menjadi tutor secara online, salah satunya Ruangguru.com yang menawarkan peluang untuk menjadi mitra mereka. Dari keterangan Ruangguru mereka membuka peluang untuk menjadi tutor online dengan waktu dan tempat yang fleksibel dengan potensi pendapatan jutaan rupiah.

 

6. Membuat Kursus Online

Mempunyai keahlian dibidang lain seperti programming, desain grafis, desain web, bahasa asing, atau bahkan kerajinan tangan? Jika ya, membuat dan menjual kursus online patut kamu pertimbangkan sebagai usaha kamu.

Untuk membuat kursus online kamu harus merekam materi pelajaran berupa video, audio, dan tulisan untuk kemudian diupload kedalam suatu platfom online course. Setelah itu kamu dapat menjual materi tersebut kebanyak orang tanpa harus hadir secara langsung.

Terdapat beberapa platform online course yang dapat kamu coba untuk menjual online course misalnya Udemy.com yang mempunyai 100,000 pilihan kursus online dan 30 juta peserta kursus dari seluruh dunia.

 

7. Blogging

Blogging tidak hanya menjadi sarana yang baik untuk menyalurkan hobi menulis, blogging juga merupakan salah satu usaha ibu rumah tangga tanpa modal yang menjanjikan.

Blogging membuka peluang bagi kamu untuk mendapatkan pembaca dan jika kamu sudah mempunyai cukup banyak pembaca setia kamu dapat menghasilkan uang dari iklan atau menjual produk kepada pembaca anda.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog di Tahun 2019

8. Usaha Daycare

bisnis daycare islami, usaha ibu rumah tangga tanpa modal
image credit : pixabay.com

Semakin sibuknya kehidupan saat ini kebutuhan akan daycare yang dapat dipercaya dan berkualitas selalu ada dan terus meningkat.

Usaha daycare sangat cocok untuk kamu yang senang dekat dengan anak-anak dan memberikan pengasuhan yang baik kepada mereka.

9. Dropshipping

Berbeda dengan toko online tradisional yang membutuhkan stok barang dan mengatur pengiriman dropshipping dilakukan tanpa stok barang atau mengatur pengiriman sendiri.

Karena tidak adanya kebutuhan akan stok barang atau lokasi fisik dropshipping termasuk salah satu usaha ibu rumah tangga tanpa modal yang menjanjikan.

Untuk memulai usaha dropshipping kamu perlu mencari supplier yang mau menerima order dropship, membuat toko online kamu sendiri di media sosial atau marketplace dan kemudian mencari pembeli.

Baca Juga : Bagaimana Memulai Bisnis Dropship

10. Affiliate Marketing

Affiliate marketing dapat menjadi pilihan usaha ibu rumah tangga tanpa modal yang menjanjikan. Affiliate marketing tidak membutuhkan modal karena yang perlu kamu lakukan hanyalah mempromosikan suatu produk atau jasa kepada orang lain melalui link khusus atau kupon kode yang diberikan oleh pengiklan.

Jika ada orang yang membeli melalui link khusus atau kode yang kamu sediakan kamu kemudian bisa mendapatkan komisi. Saat ini sudah banyak perusahaan yang membuka peluang menjadi affiliate, misalnya Accesstrade (Marketplace Affiliate), Tokopedia, Bukalapak, Tiket.com, dan masih banyak lagi.

 

11. Usaha Event Organizer

Jika kamu senang mengatur acara, berkomunikasi dengan banyak orang, dan hebat dalam memperhatikan detail salah satu peluang usaha ibu rumah tangga tanpa modal yang dapat anda pilih adalah bisnis event organizer.

Bisnis event organizer dapat dimulai dengan tanpa modal dengan menggunakan DP serta pembayaran bertahap dari klien untuk jasa kamu sebagai biaya operasional.

Untuk memulai usaha yang satu ini kamu harus membangun portfolio dan track record. Hal tersebut dapat kamu peroleh dengan membantu keluarga atau teman dekat dalam menyelenggarakan acara mereka.

Setelah itu gunakan keberhasilan dalam menyelenggarakan acara tersebut sebagai contoh pelaksanaan acara yang telah kamu tangani kepada calon klien kamu saat memberikan proposal.

 

12. Usaha Merangkai Bunga

Rangkaian bunga yang menarik merupakan salah satu pelangkap berbagai acara seperti anniversary, wisuda, pernikahan, sampai acara ulang tahun untuk menjadi lebih spesial. Dengan memanfaatkan momen-momen tersebut kamu dapat memulai bisnis merangkai bunga dirumah dengan modal kecil.

Untuk memulai usaha yang satu ini kamu memerlukan kreativitas dan keahlian marketing. Kamu dapat membuat bunga buket yang bagus, dan memfotonya secara menarik untuk dibagikan di media sosial untuk dapat dipesan oleh pelanggan kamu.

 

13. Usaha Hadiah Unik

Jika kamu kreatif dan senang membuat benda-benda unik, tidak ada salahnya kamu memulai usaha hadiah unik. Banyak jenis hadiah unik yang dapat dijadikan produk untuk dijual, contohnya sepatu canvas, jam dinding kustom, ilustrasi potongan kertas, jaket lukis dan scrapbook.

Tidak hanya menjanjikan, bisnis yang satu ini memberikan kebahagiaan kepada kepada pelanggan anda dengan adanya hadiah yang unik untuk orang tersayang mereka.

 

14. Usaha Jasa Titip

Usaha jasa titip termasuk salah satu usaha yang sedang menjamur saat ini. Usaha ini cocok untuk kamu yang senang berbelanja dan berkomunikasi dengan pelanggan kamu.

Untuk memulai usaha yang satu ini kamu harus rajin berkunjung keberbagai toko untuk menemukan promosi, diskon atau barang yang sulit didapat di tempat lain. Kemudian kamu mempromosikan jasa untuk membeli barang tersebut melalui media sosial dengan imbalan biaya jasa titip.

15. Usaha Tas Handmade

Apakah kamu suka membuat suatu barang dengan tangan anda sendiri dan menyukai tas? Jika ya, usaha tas handmade dapat menjadi pilihan usaha ibu rumah tangga modal kecil untuk kamu.

Usaha tas handmade mempunyai prospek yang baik karena selalu terdapat permintaan pasar untuk tas yang unik dan menarik. Selain itu terdapat peluang yang baik untuk ekspor kepasar luar negeri. Untuk memulai usaha tas handmade kamu dapat mempelajarinya dari artikel berikut ini.

Baca Juga : 25 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

Sponsored
Artikulli paraprak20+ Ide Bisnis Passive Income Yang Menjanjikan
Artikulli tjetërRincian Modal Usaha Warung Kopi (Warkop Indomie) + Analisis
Firman adalah dosen manajemen di Fakultas Ekonomi & Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, internet entrepreneur,dan investor keuangan. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini